Ragam Upaya Telkomsel Melalui ilmupedia untuk Turut Mencerdaskan Bangsa | Telkomsel

Ragam Upaya Telkomsel Melalui ilmupedia untuk Turut Mencerdaskan Bangsa

Article
Akses Ilmupedia Berani Jawab

Sudah hampir tiga tahun, Telkomsel hadir melalui inisiatif ilmupedia untuk mengakselerasi kualitas pendidikan di Indonesia lewat pemanfaatan teknologi. Sejak saat itu, ilmupedia terus berkontribusi penuh dalam mendukung kemudahan proses pembelajaran online, khususnya bagi para pelajar.

 

Sejak kemunculannya pada November 2019, ilmupedia telah menghadirkan serangkaian program dan produk digital yang berkaitan dengan pembelajaran. Sebut saja, Paket ilmupedia, ilmupedia Berani Jawab, Merdeka Belajar Jarak Jauh, serta ilmupedia Tryout Akbar. Semua program tersebut tentu saja dilaksanakan dengan mengedepankan kolaborasi dengan berbagai pihak.

 

Lalu, apa sih yang melatar belakangi kemunculan ilmupedia? Apa saja inisiatif ilmupedia dalam mengakselerasi kemampuan talenta muda dan memperkuat ekosistem digital di Indonesia? Let's check the information below!

 

Hadir untuk Memajukan Generasi Muda

 

Telkomsel yakin bahwa generasi muda adalah generasi yang bakal menjadi salah satu roda penggerak penting untuk kemajuan dan pemerataan ekosistem digital di Indonesia. Oleh karenanya, sebagai bentuk penegasan komitmennya sebagai digital telco company yang senantiasa mengakselerasikan negeri melalui pemanfaatan teknologi tepat guna, Telkomsel berinisiatif meluncurkan Paket ilmupedia.

 

Paket yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Guru Nasional, 25 November 2019, ini merupakan paket data yang bisa dipakai pelanggan Telkomsel Prabayar untuk mengakses aplikasi belajar online. Di awal peluncurannya pelanggan bisa merasakan kenyamanan akses  aplikasi edutech, seperti Ruang Guru dan Cakap. Tentunya dengan dukungan jaringan prima dari Telkomsel.

 

Baca Juga: Pentingnya Peran Orangtua untuk Keamanan Internet Anak

 

Seiring berjalannya waktu, Telkomsel terus memperluas manfaat dari paket ini dengan menggandeng sejumlah startup atau aplikasi edutech lainnya, seperti Quipper, Zenius, AyoBlajar, Bahaso, Duolingo, Kelas Pintar, Pahamify dan masih banyak lainnya.

 

Nggak hanya berkolaborasi dengan startup edutech lho, ilmupedia juga menggandeng sejumlah kampus atau universitas ternama di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia, ITB, IPB, Telkom University, dan yang lainnya dengan total lebih dari 200 kampus. Begitu juga dengan jenjang SMA/SMK, di mana ilmupedia juga telah menggandeng lebih dari 200 sekolah di seluruh Indonesia. Menarik banget, kan?

 

Menghadirkan paket data pilihan untuk kenyamanan jaran online masih belum cukup untuk ikut mencerdaskan bangsa. Karenanya, pada paruh pertama 2020 lalu, ilmupedia mulai menjalankan serangkaian program yang diharapkan membawa kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Apa saja? Simak deretan programnya di bawah ini!

 

ilmupedia Berani Jawab

ilmupedia Berani Jawab adalah rangkaian kompetisi cerdas cermat tingkat nasional yang diselenggarakan untuk siswa/i tingkat SMA dan sederajat di Indonesia. Sebuah komitmen kami untuk mempersiapkan generasi muda agar memiliki semangat kompetisi yang mendukung proses belajar untuk masa depan.

 

Lewat kompetisi ini, para pelajar akan dipertemukan dan diuji pengetahuannya secara berkelompok. Cara dan pendekatan belajar menyenangkan inilah yang diharapkan bisa menambah semangat para pelajar untuk dapat belajar dengan cara baru dan terus  berprestasi.

 

Sejak pertama kali diadakan, kuis ilmupedia Berani Jawab telah berhasil menarik belasan ribu siswa di Indonesia dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Mengusung tagline 'Bersama Cerdaskan Generasi Muda Bangsa!', kompetisi ini  telah diselenggarakan sebanyak 3 season dan masih akan terus berlanjut.

 

Baca Juga: Telkomsel dan Sekolah.mu Umumkan Pemenang Program “ilmupedia Berani Jawab Season 3”

 

Merdeka Belajar Jarak Jauh

Di awal tahun 2020, saat status pandemi COVID-19 mulai diberlakukan, Telkomsel meluncurkan paket dan program Merdeka Belajar Jauh Jauh (MBJJ) untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan proses pembelajaran online di era pemberlakukan kebiasaan baru. Ada banyak inisiatif produk yang telah hadir guna memberi nilai tambah bagi pelanggan. Mulai dari pilihan paket Kuota Belajar 10GB, kartu perdana MBJJ bertanda khusus, hingga dukungan terhadap program Bantuan Kuota Data Internet yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

 

Bantuan kuota data internet tersebut diperuntukan bagi pelajar, mahasiswa, guru, dan juga dosen. Bantuan kuota tersebut dibagi menjadi dua, yakni Kuota Umum dan Kuota Belajar. Kuota Umum adalah kuota data yang bisa dipakai untuk mengakses semua web dan aplikasi. Sedangkan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya khusus dipakai untuk mengakses web dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar.

 

ilmupedia Tryout Akbar

Dukungan Telkomsel terhadap pelajar SMA dan sederajat nggak berhenti sampai di situ. Guna membantu para pelajar untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Telkomsel bersama dengan startup edutech, Pahamify, menyelenggarakan program ilmupedia Tryout Akbar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).  Telkomsel ingin membuka peluang bagi pelajar SMA sederajat untuk mempersiapkan diri masuk ke kampus yang diidamkan.

 

Sejak digelar pertama kali pada 20 Maret 2021 di aplikasi Pahamify, program ini berjalan sukses dan mendapat sambutan yang luar biasa dari para pelajar. Terbukti dari jumlah peserta yang mencapai lebih dari 30.000 siswa/i dan alumni SMA sederajat dari berbagai wilayah di Indonesia. Berangkat dari kesuksesan tersebut, program ini terus berlanjut di tahun 2022 dengan jumlah peserta yang terus meningkat dibanding sebelumnya.

 

Sekolah Murid Merdeka

Nggak hanya berfokus pada jenjang pendidikan SMA sederajat, Telkomsel juga mendukung kesuksesan program belajar bagi anak usia dini. Lewat program terbaru Paud Gratis Sekolah Murid Merdeka x ilmupedia, Telkomsel ingin memperkenalkan bagaimana pemanfaatan teknologi bisa membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan. Buat kamu yang belum tahu, Sekolah Murid Merdeka sendiri merupakan sekolah dengan metode pembelajaran online blended learning yang telah terintegrasi teknologi digital.

 

Kelas PAUD online ini bisa dinikmati pelanggan setia Telkomsel tanpa dipungut biaya. Ada berbagai macam keuntungan yang bisa dirasakan, di antaranya beasiswa Rp 400.000 untuk murid PAUD yang mendaftar, gratis pembelajaran kontekstual, pembelajaran dengan tema yang seru, dan lainnya. Tertarik mengikuti? Langsung aja klik link berikut untuk informasi dan pendaftaran ya.

 

Ragam program yang disebutkan di atas menjadi salah satu penegasan komitmen Telkomsel sebagai digital telco company yang senantiasa mengakselerasikan negeri melalui pemanfaatan teknologi tepat guna di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Ke depan, Telkomsel akan terus melanjutkan komitmennya untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas tinggi yang senantiasa berkontribusi menjadi roda penggerak bangsa.