Perbedaan SSD dan HDD, Bagus Beli yang Mana untuk Laptop? | Telkomsel

Perbedaan SSD dan HDD, Bagus Beli yang Mana untuk Laptop?

Article

Selama ini kamu pasti lebih akrab dengan laptop yang menggunakan HDD atau Hard Disk Drive. Namun, teknologi baru saat ini muncul yakni SSD yang lebih canggih dan memudahkan. Apa sebenarnya perbedaan SSD dan HDD ini?

 

Baik SSD maupun HDD merupakan bentuk penyimpanan data di laptop yang akan mempengaruhi kecepatan pemrosesan data tersebut. Kalau saat ini kamu melihat dua laptop dengan kinerja yang berbeda secara signifikan, bisa jadi keduanya menggunakan penyimpanan yang berbeda, SSD dan HDD.

 

Apa Perbedaan HDD dan SSD pada Laptop?

Apa bedanya SSD dan HDD? Tentunya teknologi yang berbeda jaman ini menawarkan berbagai perbedaan dalam berbagai aspek. Penjelasan selengkapnya bisa kamu simak berikut ini:

 

  1. Pengertian SSD dan HDD

    HDD (Hard Disk Drive) merupakan perangkat hardware dalam laptop atau komputer yang fungsinya sebagai penyimpan data. 

     

    Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat cakram hitam yang bergerak dalam proses penyimpanan data tersebut. Lalu apa itu SSD?

     

    SSD (Solid State Drive) merupakan teknologi terbaru dalam penyimpanan data, yakni menggunakan chip memory yang secara langsung tertanam di komputer. 

     

    Chip tersebut berfungsi sebagai piringan data seperti yang ada di HDD. Proses penyimpanan data secara digital di SSD berlangsung lebih cepat ketimbang HDD.

     

  2. Cara Kerja

    Perbedaan paling mendasar antara SSD dan HDD ini udah pasti soal cara kerja. HDD menggunakan piringan cakram dalam proses data, sedangkan SDD menggunakan chip.

     

    Prinsip HDD secara mekanik sedangkan SSD sudah digital. Pada HDD data terbaca melalui gerakan piringan yang berjeda, sedangkan SSD sistem transfernya secara digital melalui partikel chip sehingga tidak membutuhkan jeda. 

     

  3. Kecepatan Proses Data

    Perbedaan kecepatan SSD dan HDD juga cukup signifikan. Dalam hal proses data, sudah pasti SSD lebih cepat ketimbang HDD. Tidak ada jeda dalam proses secara digital sehingga penggunaan SSD ini bisa 25 sampai 100 kali lebih cepat ketimbang HDD.

     

    Proses data yang lebih cepat ini tentu saja akan berpengaruh pada saat kamu membuka program, menyimpan data, membuka data atau program secara multitasking, booting, dan lainnya. Pakai SSD pastinya lebih cepat dan lancar.

     

  4. Konsumsi Energi

    Proses penyimpanan yang terjadi secara mekanik pada HDD menyebabkan konsumsi energinya lebih tinggi ketimbang SSD yang bekerja secara digital.

     

    Gerakan cakram piringan pada HDD membuat laptop jenis ini cenderung akan lebih boros baterai ketimbang yang SSD. Jika sudah begitu kamu semakin tertarik bukan dengan laptop SSD yang lebih hemat baterai?

     

  5. Kapasitas

    Nah, ternyata nggak semua aspek SDM lebih unggul ketimbang HDD. Dalam hal kapasitas ternyata SSD masih di bawah HDD.

     

    Kapasitas SSD umumnya hanya kisaran 128 hingga 256 GB saja. Namun, kamu bisa upgrade kapasitas tersebut. Misalnya memori bawaannya kecil, kamu bisa melakukan upgrade dengan tambahan biaya khusus.

     

    Sedangkan untuk HDD, kapasitasnya bisa lebih besar, yakni bisa mencapai antara 500 GB hingga 2,1 TB. Cukup besar untuk menyimpan banyak memori.

     

  6. Batas Usia

    Perbedaan SSD dan HDD pada laptop yang selanjutnya adalah soal batas usia. SSD memiliki batas usia yang cenderung lebih lama ketimbang HDD. Kisarannya sekitar 10 tahun. Hal ini karena pada SDD memiliki sistem yang dapat memperbaharui kualitas pada setiap kali pemrosesan data.

     

    Berbeda dengan HDD yang usia rata-ratanya hanya 3 sampai 5 tahun saja. Namun, secara pasti kapan kerusakan dua perangkat tersebut terjadi juga tidak bisa kamu prediksi pasti. Bagaimana pemakaian dan perawatan perangkat juga turut mempengaruhi usia pemakaian. 

     

Lebih Baik SSD atau HDD?

Berdasarkan perbedaan di atas kamu tentu sudah bisa menilai mana yang lebih bagus antara SSD dan HDD. Namun, kamu juga perlu perhatikan apa yang jadi kebutuhan. Kalau soal memori sudah pasti HDD lebih unggul.

 

Namun, jika kamu menumpukan pada proses pemakaian yang cepat dan awet, pilihan laptop SSD tentunya jadi yang terbaik untuk kamu miliki. 

 

Apakah SSD dan HDD Bisa Digabung di Laptop?

Apakah pemasangan SSD dan HDD bisa kamu lakukan pada satu laptop? Jawabannya bisa, tetapi kamu harus mengorbankan DVD Room. 

 

Perangkat SSD akan terpasang di Disk C, sedangkan untuk HDD menggunakan local disk dari laptop terkait. 

 

Nah, kira-kira kamu tertarik pakai laptop SSD? Keunggulan pemrosesan dan keawetan usia pastinya jadi alasan banyak orang ingin memiliki laptop ini.

 

Kamu pengen punya laptop SSD tapi terkendala biaya? Jangan khawatir, kamu bisa pakai paylater dari LinkAja. Beli dulu bayar nanti. Sangat cocok untuk kamu yang punya kepentingan mendesak dengan perangkat laptop baik untuk kerja maupun kuliah.

 

Selengkapnya tentang LinkAja bisa kamu cek di sini.

 

Sudah saatnya kamu mencoba perangkat teknologi terbaru di laptop, sebab saat ini perkembangan teknologi digital semakin masif.

 

Baca juga: Pemanfaatan Big Data dan AI untuk Pengalaman Pelanggan

 

Perbedaan SSD dan HDD yang sangat signifikan pastinya bikin kamu tertarik mencoba teknologi terbaru SSD. Yuk pesan laptop SSD sekarang, lebih mudah pakai pay later LinkAja.

 
scroll
Komentar 0
Tulis Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Belum ada komentar
Jadilah orang pertama yang komentar disini!
mock
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
DewiLarasati
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Balasan Lainnya (1)
Sembunyikan Balasan

Laporan Anda berhasil dikirim