Game NFT Adalah: Bagaimana Cara Cuan Crypto dari Permainan? | Telkomsel

Game NFT Adalah: Bagaimana Cara Cuan Crypto dari Permainan?

Article

NFT (Non-Fungible Token) adalah aset digital yang tercatat dalam blockchain dan kini turut merambah ke dunia gaming. FYI, game ternyata bisa jadi salah satu implementasi NFT untuk menghasilkan uang kripto. 

 

Nggak jauh berbeda dengan game tradisional, di sini para gamer bisa memuaskan hobinya sekaligus mendulang pendapatan. Penasaran? Simak ulasannya sampai tuntas.

 

Apa itu Game NFT?

Perbedaan antara game biasa dengan game NFT adalah pemain dapat mentransfer penghasilan mereka ke game lain atau menukarnya dengan pemain lain menggunakan cryptocurrency.

 

Ini disebut aktivitas "play-to-earn", dimana player dapat mengoleksi item-item yang berharga, koin, Diamond, atau aset-aset permainan lain yang selanjutnya bisa mereka tukar menjadi uang tunai.  

 

Kelebihan Game NFT Dibanding Permainan Lain

Ekonomi global meliputi game, blockchain, dan mata uang kripto kini semakin berkembang, dan ini adalah peluang besar untuk menghasilkan uang. Kini game NFT Metaverse juga menjadi cara baru untuk memasarkan layanan dan produk secara efektif. 

 

Nggak heran kalau aktivitas yang satu ini menarik semakin banyak investor. FYI, nilai sebuah permainan ditentukan oleh jumlah gamer yang secara teratur main suatu game NFT. Nah, ini detail keunggulan game NFT daripada permainan tradisional.

 

  • Bagi pemain, terutama yang udah jago, terlibat dalam game NFT juga membuka peluang untuk mendapat penghasilan tambahan.
  • Sementara bagi pengembang gamejuga berkesempatan meraup penghasilan dari App Store atau Play Store. Seperti yang kita tahu, developer memperoleh sekian persen dari biaya download. Artinya, semakin banyak orang yang mengunduh game tersebut, semakin tinggi pendapatan developer. Selain itu, aliran pendapatan bagi developer game juga berasal dari acara khusus, diskon, dan pembelian dalam aplikasi. 
  • Saat pemain menjual atau menukar NFT, pengembang juga dapat membebankan biaya transaksi. Ini juga merupakan keuntungannya untuk yang bersangkutan.

 

Cara Kerja Game NFT

Seperti yang kita tahu, kalau mau permainan lancar dan cepat naik level, kamu perlu top up untuk membeli aneka item keren in-game. Alhasil uang pemain jadi cepat terkuras, terutama untuk yang berambisi memenangkan permainan dalam waktu cepat. Gamer nggak bisa lagi mengambil kembali dana yang udah mereka gunakan untuk top up.

 

Hal ini nggak berlaku dalam game NFT. Di sini kamu berkesempatan mengonversi uang virtual yang tersimpan dalam game dengan uang sungguhan. Jadi ini sama halnya dengan berinvestasi, apalagi kamu bisa membuat simpanan terus bertambah dengan terus memainkan game.

 

Metodenya bermacam-macam tergantung game NFT yang kamu pilih untuk dimainkan.

 

Cara Menghasilkan Uang di Game NFT

Definisi Game NFT adalah aktivitas untuk mendapatkan uang kripto dengan bermain game atau disebut dengan play-to-earn. Untuk mendapatkan uang dengan bermain game, sangat bervariasi tergantung dari jenis permainan yang kamu pilih. 

 

Ini misalnya Axie Infinity, permainan NFT yang cukup banyak peminatnya dan bakal mengingatkan kamu dengan game Pokemon. Di sini kamu harus membeli hewan peliharaan virtual bernama Axies dan mengumpulkan Small Love Potion yang merupakan aset berharga.

 

Nantinya pet milikmu akan bertarung untuk mengalahkan binatang peliharaan milik pemain lain. Dari sinilah SLP akan terkumpul yang dapat kamu tukarkan dengan cryptocurrency, kemudian mata uang sungguhan.

 

Selanjutnya ada Soul Seeker Defense yang bisa kamu mainkan baik di PC maupun smartphone Android. Dengan tampilan ala animasi, permainan yang memilih genre Role Playing Game ini mengharuskan player untuk menghadapi monster-monster jahat dan ketuanya.

 

Selain bertempur, kamu juga bakal membangun benteng pertahanan untuk menangkis serangan musuh. Hadiah yang bisa kamu miliki kalau menang adalah item berharga in game dan koin cryptocurrency yang bisa kamu konversi jadi rupiah.

 

Bagi kamu yang hobi main game berkonsep MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game), Dark Eden adalah pilihan menarik. Di sini kamu harus menyelesaikan misi dan menghadapi vampir juga pembunuh.

 

Walaupun bukan termasuk game yang mudah untuk semua orang, tapi kalau menang kamu bakal dapat aset digital yang nominalnya besar. 

 

Contoh Game NFT Populer

Selain permainan-permainan di atas, ada dua game NFT terbaik yang recommended banget buat kamu.

 

1. Decentraland

Tugas pemain di sini adalah menjadi pemilik LAND yang nantinya dapat mereka sewakan untuk berbagai keperluan. Dari sinilah uang akan terkumpul. Selain itu, kamu juga bisa meraup uang sungguhan dengan melakukan mining dan menjadi kolektor aset NFT yang bisa kamu perjual-belikan.

 

2. CyriptoKitties

Untuk cat lovers, inilah game NFT seru yang bisa kamu coba. Di sini tugas pemain adalah memelihara kucing digital yang unik dan tidak sama antara pemain satu dengan lainnya. Selanjutnya hewan peliharaan kamu itu bisa dijual sebagai aset NFT.

 

Selain itu kamu juga bisa jadi breeder untuk membuat kitten baru yang langka, syaratnya kamu perlu membeli kucing jantan dan betina. 

 

Penutup

Jadi, game NFT adalah peluang baru untuk mendapatkan penghasilan dengan menukarkan uang kripto yang kamu dapatkan dengan main game menjadi rupiah. Lalu untuk transaksi di exchange kripto lokal kamu bisa mengandalkan LinkAja dari Telkomsel.

 

Aplikasi dompet digital ini adalah sistem pembayaran kekinian yang memberi kemudahan berbagai aktivitas finansial kamu, termasuk transaksi dengan cryptocurrency.

 

Baca juga: Cara Jual Voucher Game Online FF, ML, PUBG, Pasti Untung!

 

scroll