Cara Mencari Ide Bisnis yang Sesuai dengan Kamu! | Telkomsel

Cara Mencari Ide Bisnis yang Sesuai dengan Kamu!

Article

Kalau kamu sedang cari ide bisnis yang sesuai dengan kamu, artikel ini cocok untuk kamu baca. Ide bisnis dapat dicari dengan berbagai cara. Kamu bisa banyak-banyak membaca informasi di internet untuk menemukan jenis bisnis yang kamu suka. 

 

Tapi, apakah cukup sampai di situ? Tentu tidak. Ada pertimbangan lain yang harus kamu lakukan untuk mencari ide bisnis yang sesuai dengan kamu. Berikut ini ada 7 (tujuh) cara cari ide bisnis yang menguntungkan dan sesuai dengan kamu:

 

  1. Riset

    Kamu perlu banyak riset pasar dan banyak baca mengenai jenis bisnis apa saja yang akan menguntungkan dari segi penjualan, pemasaran, produksi, dan lain-lain. Kamu bisa mulai dari media sosial dengan melihat jenis-jenis bisnis yang menarik untuk masyarakat maupun untuk dirimu sendiri. Bahkan, ada akun-akun yang menyediakan kiat-kiat bisnis tertentu yang bisa kamu pelajari sekaligus melihat peluang bisnis yang ada.

     

  2. Pilih hal yang kamu suka

    Ide bisnis yang kamu sukai pasti akan lebih menguntungkan untuk kamu. Kalau kamu tak suka, bisa jadi kamu akan kurang menikmati dalam berbisnis dan bisa jadi kurang atau bahkan tidak konsisten. Bila kamu tidak suka dengan yang kamu kerjakan, bisa jadi bisnis kamu tidak akan bertahan lama. Jadi, pilih bisnis sesuai dengan minat kamu ya!

     

  3. Cari tahu kebutuhan orang lain

    Kamu perlu melakukan riset pasar untuk tahu kebutuhan orang lain. Caranya bisa dengan mengecek hasil-hasil survey yang berkaitan dengan ide bisnis yang ingin kamu lakukan. Dengan begini, kamu akan tahu kebutuhan apa yang bisa dipenuhi dengan bisnismu.

    Kamu juga bisa mencari dari situs pencari website atau media sosial untuk mengetahui minat orang lain terhadap sesuatu. Contohnya apakah orang-orang sedang suka berkebun atau jalan-jalan, dan lain sebagainya.

     

  4. Belajar dari pengalaman orang lain

    Belajar dari pengalaman orang lain dibutuhkan untuk tahu proses trial and error yang dilakukan orang lain yang sudah berbisnis sebelum kamu. Ini sangat berguna untuk pemula dalam menentukan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis. Ini karena setidaknya solusi-solusi tersebut sudah pernah dicoba sehingga bisa menjadi referensi kamu dalam menentukan ide bisnis.

     

Baca Juga: Telkomsel Gelar Lokakarya Bisnis untuk Wujudkan Kesetaraan Kapabilitas Digital Pelaku UMKM Komunitas Disabilitas

  1. Berpikir secara out of the box

    Supaya bisnismu bisa berguna untuk orang lain, kamu harus berpikir secara unik atau out of the box. Dengan berpikiran unik, kamu bisa mencari ide bisnis yang belum atau masih jarang dilakukan oleh orang lain. Pertimbangkan kira-kira jenis bisnis apa yang akan menguntungkan bukan hanya untuk kamu, tapi juga untuk masyarakat. Kira-kira apa yang diperlukan oleh masyarakat saat ini hingga beberapa tahun ke depan? 

     

  2. Amati kompetitor

    Penting juga untuk kamu mengamati kompetitor yang berbisnis sesuai dengan ide bisnis yang kamu mau ambil. Cara-cara apa yang diambil untuk melakukan sesuatu bisa diamati dan menjadi referensi untuk kamu dalam berbisnis.

     

    Selain itu, kamu juga harus melihat apakah sudah banyak kompetitor di bidang yang sama atau tidak. Lalu, pikirkan apa kelebihan ide bisnismu dibandingkan dengan kompetitormu.

     

  3. Belajar dari pengalaman

    Pengalaman adalah guru terbaik dalam hal apapun. Apabila kamu pernah mengerjakan beberapa bagian kecil pun dari ide bisnismu, kamu bisa tahu apakah kamu akan cocok dengan ide tersebut atau tidak. 

     

    Selain itu, kamu bisa tahu dari pengalamanmu apakah kamu cocok di hitung-hitungan, fashion, atau lainnya. Sehingga, kamu bisa dengan lebih mudah memilih ide bisnis yang cocok untukmu.

     

Kalau kamu mau mulai bisnis tapi tidak tahu cara belajarnya darimana, Telkomsel menyediakan produk bernama 99% Usahaku yang merupakan digitalisasi UKM (Usaha Kecil dan Menengah) bagi kamu-kamu yang ingin bisnis digital. Kamu juga bisa belajar bisnis online dengan produk Telkomsel bernama Kuncie.

 

Baca Juga: Kuncie dan Fita Kini Bergabung dalam Portofolio Bisnis Vertikal Telkomsel Ekosistem Digital

 

Bila nanti kamu ingin mengiklankan bisnismu, ada produk Telkomsel juga bernama MyAds. Iklan kamu bisa dikirim ke seluruh pengguna Telkomsel. Sangat menguntungkan, ya? Kamu juga bisa pakai paket internet dari Telkomsel seperti Internet Sakti, Combo Sakti, MAXstream, dan sebagainya untuk belajar bisnis secara online dan menonton video-video referensi bisnis. Yuk, tunggu apa lagi? Cara cari ide bisnis udah. Sekarang tinggal cari ide bisnis yang cocok untuk kamu!

 

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

scroll