Hari Pohon Sedunia: Fakta Menarik Tentang Pohon dan Cara Merayakannya | Telkomsel

Hari Pohon Sedunia: Fakta Menarik Tentang Pohon dan Cara Merayakannya

Article
Hari Pohon Sedunia

Hari Pohon Sedunia: Fakta Menarik Tentang Pohon dan Cara Merayakannya

 

Hari Pohon Sedunia yang diperingati pada 21 November setiap tahunnya bertujuan untuk mengingatkan manusia akan pentingnya pohon bagi keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Lantas, apa jadinya bila kita hidup tanpa pohon?

 

Tanpa pohon, tidak akan ada buah-buahan segar yang bisa disantap, tidak ada lagi tempat yang sejuk untuk berteduh, tidak ada tempat tinggal untuk berbagai jenis hewan.

 

Jika tidak ada pohon, kita akan kesulitan menikmati air bersih seperti sekarang ini, lho. Mereka itu seperti penyaring alami, bikin air jadi lebih bermutu. Tanpa pohon, kita tidak punya pagar alami buat menahan tanah agar tidak longsor. Tanpa pohon, kita juga tidak bisa mendapat oksigen sesuai kebutuhan.

 

Tidak terbayang kan, kalau kita hidup tanpa pohon? Karena itu, kita perlu menanam lebih banyak pohon di sekitar kita. Hari Pohon Sedunia memiliki tujuan mengingatkan manusia untuk memerangi pemanasan global, mencegah bencana alam dan melindungi tempat hidup seluruh makhluk hidup di dunia.

 

Fakta-fakta Tentang Pohon

 

Berikut beberapa fakta menarik tentang pohon yang harus kamu ketahui:

 

  • Satu pohon yang berukuran sedang bisa menghasilkan oksigen yang dapat dipakai 4 orang untuk bernapas
  • Dengan menanam tiga pohon di sekitar gedung, pemakaian AC atau pendingin ruangan dapat dikurangi hingga 50%
  • Area pepohonan bisa membuat kita jadi lebih rileks dan mengurangi stres
  • Pohon berfungsi sebagai pengendali iklim dengan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen
  • Pohon berperan sebagai pelindung tanah, sistem perakarannya mencegah erosi dan menjaga kualitas tanah yang bermanfaat untuk sektor pertanian dan juga kelestarian lingkungan.

 

Cara Merayakan Hari Pohon

 

Tentunya di Hari Pohon Sedunia ini jadi momentum untuk kita semua mengambil peran demi melestarikan lingkungan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Pohon Sedunia. Beberapa di antaranya adalah:

 

  • Menanam Pohon: Ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon di lingkungan sekitar. Bisa dimulai dengan menanam pohon di taman, halaman rumah atau ikut bergabung dalam program penanaman pohon yang diadakan komunitas.
  • Edukasi Lingkungan: Sampaikan informasi penting tentang manfaat pohon dan kelesetarian lingkungan kepada teman, keluarga atau masyarakat lewat komunitas atau media sosial yang kamu miliki.
  • Berpartisipasi dalam Program Penanaman Pohon: Gabung dengan program penanaman pohon yang diadakan oleh organisasi lingkungan, pemerintah setempat atau bersama Telkomsel saat melakukan penanaman pohon bersama masyarakat ke daerah-daerah.
  • Mengurangi Penggunaan Kertas: Kamu bisa mengurangi penggunaan kertas dan produk kayu lainnya. Pilih bahan daur ulang atau digital untuk mengurangi tekanan terhadap hutan.
  • Piknik di Tempat Hijau: Rayakan Hari Pohon dengan piknik di area yang hijau dan penuh pepohonan. Jadikan momen ini untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam.
  • Ikutan program CSR Telkomsel Jaga Bumi untuk Carbon Offset, caranya dengan mengkonversikan Telkomsel Poin yang kamu miliki. Melalui program tersebut, Telkomsel mengajak para pelanggan mengambil peran untuk menjaga bumi dengan menukarkan Telkomsel Poin. Nantinya, Telkomsel Poin tersebut akan dikonversi menjadi pohon mangrove atau cemara laut. Caranya mudah:

 

Hari Pohon Sedunia

 

  1. Klik banner Telkomsel Jaga Bumi di aplikasi MyTelkomsel untuk dapat menghitung jejak karbon yang kamu hasilkan setiap hari.
  2. Tukarkan Telkomsel Poin kamu dengan detail berikut:
    • Tukar 50 Poin (setara dengan 0,1 pohon/2,93 kgCO2e)
    • Tukar 500 Poin (setara dengan 1 pohon/ 29,3 kgCO2e)
  3. Kamu juga bisa menukar Telkomsel Poin melalui SMS dengan format:
    • Ketik Jagabumi5 kirim ke 777 untuk menukarkan 50 Poin (setara dengan 0,1 pohon/2,93 kgCO2e)
    • Ketik Jagabumi50 kirim ke 777 untuk menukarkan 500 Poin (setara dengan 1 pohon/ 29,3 kgCO2e)
  4. Setelah menukarkan Poin, kamu akan menerima SMS notifikasi yang berisi link untuk mendapatkan laporan tentang kontribusi kamu.
  5. Kamu akan mendapatkan laporan secara berkala melalui email jika pohon telah ditanam.

 

Program Telkomsel Jaga Bumi tidak hanya sekadar inisiatif, tetapi juga membawa dampak positif yang signifikan dalam upaya pelestarian alam untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik dan memberi manfaat untuk sekitarnya.

 

Untuk carbon offset sendiri, Telkomsel bersama Jejakin sejak Desember 2022 telah menanam 15.060 pohon jenis mangrove dan cemara laut di sejumlah lokasi daerah di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Kendal, Cilacap, Demak, Denpasar hingga Karawang.

 

Tidak hanya sekadar melakukan penanaman pohon, Telkomsel juga mengambil peran untuk aktif memberi edukasi lingkungan kepada masyarakat, khususnya warga setempat yang bermukim di area penghijauan atau kawasan pesisir. Edukasi ini melibatkan komunitas atau kelompok peduli lingkungan serta aparatur desa.

 

Edukasi dimulai dengan memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya pelanggan Telkomsel mengenai penanaman pohon, perubahan iklim dan jejak karbon serta pentingnya melestarikan lingkungan.

 

Untuk memantau perkembangan dan dampak dari penanaman pohon, Telkomsel membuka berbagai kolaborasi serta menghadirkan pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas teknologi digital terdepan.

 

Dengan berinovasi dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan dan pemanfaatan teknologi terkini, Telkomsel juga berusaha mengurangi dampak ekologis operasionalnya.

 

Hari Pohon Sedunia

 

Selain menjadi penyedia layanan telekomunikasi unggulan, Telkomsel juga menjadi agen perubahan dalam menjaga lingkungan dengan mengajak pelanggan dan masyarakat untuk turut terlibat menjaga bumi. Telkomsel membuktikan bahwa keberlanjutan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama.

 

Hari Pohon Sedunia ini jadi momentum kita untuk merenung tentang manfaat luar biasa pohon dalam melindungi kehidupan sekitar kita. Mereka bukan hanya penjaga keasrian alam, tetapi juga pahlawan tak terlihat yang mampu melawan pemanasan global, banjir bahkan sebagai rumah bagi penghuni bumi.

 

Jadi, yuk kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan konversikan menjadi pohon untuk mengurangi jejak karbon. Dengan hal tersebut, kamu telah mendukung gerakan pelestarian lingkungan bersama Telkomsel!

 

Cari tahu lebih banyak tentang program Telkomsel Jaga Bumi di sini (hyperlink: https://www.telkomsel.com/about-us/csr/csr-peduli-lingkungan)