Urutan Chipset HP dengan Performa Terbaik untuk Main Game | Telkomsel

Urutan Chipset HP dengan Performa Terbaik untuk Main Game

Article

Smartphone Android maupun iPhone, kini tidak hanya sebatas alat komunikasi saja. Seiring dengan kemajuan teknologi chipset HP yang semakin canggih, perangkat tersebut juga sudah sangat mumpuni untuk memainkan sejumlah game berat.

 

Chipset atau yang kita kenal juga dengan sebutan System on a Chip (SoC) merupakan otak dari perangkat HP. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin tangguh perangkat yang kamu gunakan untuk berbagai keperluan, termasuk gaming.

 

Apa Fungsi Chipset pada HP?

Chipset adalah komponen yang sangat penting pada smartphone. Di dalamnya terdapat DSP, NSP, ISP, modem, GPU, memory hingga CPU. Artinya, isi dari SoC ini satu paket yang juga berisi controller untuk video, audio dan display layar.

 

Fungsi SoC pada HP Android maupun iPhone sama. Fungsinya yaitu untuk mengatur berbagai tugas komputasi. Selain itu, SoC juga bertugas untuk menghubungkan semua hardware yang ada di dalam smartphone.

 

SoC tersebut pada umumnya bisa mengatur pemrosesan data, kamera, modem, grafis dan berbagai hal yang dibutuhkan oleh HP.

 

 

 

 

Chipset Apa yang Bagus?

Sejauh ini sedikit banyaknya kamu sudah tahu apa itu chipset. Kini saatnya kamu mengetahui juga jenis-jenis SoC yang bagus, khususnya untuk kamu yang suka bermain game melalui smartphone.

 

Saat ini ada banyak chipset HP terbaik, entah itu untuk entry level, mid range hingga untuk segmentasi flagship yang high end. Berikut adalah beberapa jenis SoC yang bagus untuk kamu yang suka bermain game di HP.  

 

Baca Juga: Marak Penipuan Online Catut Nama Telkomsel, Ini Tips Mencegahnya!

 

  1. Apple A15 Bionic

    Urutan chipset terbaik pertama yang akan kami bahas yaitu milik perangkat Apple, yaitu iPhone dan iPad. Apple mengklaim melakukan peningkatan performa pada SoC besutannya ini, terutama dalam efisiensi daya.

     

    Apple A15 Bionic memiliki 6 inti sehingga performanya lebih baik. Kombinasi CPU tersebut bisa memberikan kinerja hingga 50% lebih cepat dibandingkan kompetitor di kelasnya.

     

    Apple A15 Bionic tersemat pada beberapa perangkat seperti iPhone 13 dan Mini, iPhone 13 Pro dan Pro Max, serta iPad mini Gen 6.

     

  2. Qualcomm Snapdragon 888 Plus

    Selanjutnya ada SoC keluaran dari brand ternama yang mungkin sudah tidak asing di telingamu. Qualcomm Snapdragon 888 5G tergolong populer, terutama pada HP Android 5G saat ini. Produk tersebut bahkan sudah memiliki teknologi Artificial Intelligence, lho.

     

    SoC tersebut tergolong mumpuni untuk gaming, fotografi, dan juga untuk berbagai keperluan lain. Bahkan kemampuanya bisa memberikan performa tiga kali lebih cepat.

     

    Teknologi AI pada SoC ini memiliki kapasitas komputasi lebih besar hingga mencapai 2 kali lipat. Bahkan menjadi platform 5G yang paling maju saat ini.

     

  3. Exynos 2200

    SoC berikutnya ini merupakan unggulan dari pabrikan HP ternama, yaitu Samsung. Exynos 2200 sudah mendukung Samsung Xclipse graphic processing unit (GPU) yang bagus karena berbasis AMD RDNA 2.

     

    Sekilas saja dari keunggulan GPU di atas, sudah bisa kami pastikan bahwa SoC ini mumpuni untuk kamu yang suka gaming. Bahkan core CPU miliknya sudah berbasi Arm paling mutakhir.

     

  4. Mediatek Dimensity 9000

    Mediatek merupakan pabrikan chip asal Taiwan. Banyak produk dari brand tersebut yang sudah mengisi sejumlah smartphone modern dan ternama saat ini.

     

    Salah satu produk terbarunya, yaitu Mediatek Dimensity 9000, digadang-gadang bisa saingi A15 Bionic milik Apple, lho. Pasalnya chip ini sudah memakai prosesor desainer Armv 9 model terbaru.

     

    Sekilas dari teknologi prosesornya, kami bisa mengatakan bahwa chip ini memiliki kinerja yang kencang untuk kebutuhan game saat ini. Terlebih SoC ini terbukti mendapatkan nilai 1.309 poin untuk kategori single core dan 4.546 poin untuk multi core.

     

  5. Google Tensor 

    Kabar tentang peluncuran handphone flagship dari Google sudah lama tersiar. Rencananya, HP besutan Google tersebut akan menggunakan sebuah chip mutakhir bernama Google Tensor.

     

    Google Tensor merupakan sebuah chip custom milik perusahaan tersebut. SoC ini tersemat pada HP Pixel 6 dan 6 Pro.

     

    Google Tensor adalah chip yang bagus untuk gaming. Selain itu juga memiliki teknologi foto yang bisa memotret gambar bergerak dengan hasil yang tajam.

     

  6. Hisilicon Kirin 9000

    Chip yang akan kami bahas terakhir ini umumnya digunakan pada smartphone kelas high end. Artinya, ketangguhannya sudah tidak perlu kamu ragukan kembali.

     

    Chip besutan dari pabrikan asal Tiongkok, yaitu Huawei ini, pertama kali rilis pada bulan Oktober tahun 2020. Chip tersebut terdiri dari 8 inti CPU. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa chip ini lebih bagus dari A13 Bionic dan Snapdragon 865.

     

    Hisilicon Kirin 9000 berhasil mendapatkan nilai 3.704 pada tes Geekbench (multi-core). Sedangkan untuk single core, memiliki nilai 1020.

     

Ingin membeli HP yang memiliki chipset bagus untuk gaming? Kini kamu bisa mendapatkannya dengan paket bundling Telkomsel agar untung lebih banyak!

 

BundlingMAX Packages

scroll