Tenor adalah Istilah dalam Pinjaman, Apa Pengertiannya? | Telkomsel

Tenor adalah Istilah dalam Pinjaman, Apa Pengertiannya?

Article

Bagi kamu yang pernah melakukan pinjaman atau kredit pastinya sudah nggak asing lagi dengan istilah tenor. Tenor adalah waktu dalam proses pinjaman tersebut. Apakah tenor yang panjang lebih menguntungkan ketimbang yang pendek, sebagian orang yang malas berhutang terlalu lama justru mencari tenor yang pendek.

 

Namun, secara umum tenor ini akan berbanding dengan jumlah cicilan yang akan kamu lakukan dalam pinjaman. Sehingga orang akhirnya lebih mencari waktu tenor yang lama dengan harapan jumlah cicilannya lebih renda. Apa dan bagaimana sebenarnya tenor itu?

 

Apa itu Tenor dalam Pinjaman Online?

Tenor pinjaman adalah jangka waktu atau lamanya waktu kamu melakukan cicilan pembayaran terhadap sejumlah kredit yang sudah cair. 

 

Tenor ini ada yang sifatnya panjang dan ada yang pendek. Semakin panjang tenor maka jumlah cicilan semakin kecil, sebaliknya semakin pendek tenor maka cicilannya akan semakin besar. 

 

Tenor panjang kisaran waktunya mulai dari 3 hingga 30 tahun lamanya, sedangkan tenor pendek mulai dari 1 bulan hingga maksimal 3 tahun.

 

Apa itu Tenor Bulanan?

Apa itu tenor bulanan? Tenor bulanan masuk dalam kategori tenor pendek. Waktunya lebih singkat, bisa dalam hitungan bulan. Jenis tenor ini biasanya cocok untuk pinjaman yang tidak terlalu besar, misalnya pinjaman BPKB, pinjaman online, atau kredit elektronik.

 

Tenor bulanan ini sebenarnya lebih menguntungkan karena jumlah bunga yang kamu bayarkan bisa lebih kecil ketimbang tenor panjang (tahunan).

 

Sebagai contoh misalnya kamu kredit online 10 juta dengan jumlah bunga 1 persen untuk tenor 3 bulan. Maka jumlah cicilan yang kamu bayar adalah:

 

Rp3.333.333 + bunga 1% = Rp3.333.333 + Rp100.000

Pembayaran dengan tenor 3 bulan akan menghabiskan bunga sebanyak Rp300.000. Lebih sedikit ketimbang tenor lebih dari 3 bulan.

 

Perbedaan Jenis Tenor Pinjaman dan Deposito

Secara umum jenis tenor juga terbagi dua yakni tenor pinjaman dan tenor deposito. Tenor pinjaman adalah waktu dari pihak kreditur kepada debitur untuk melakukan cicilan pembayaran pinjaman.

 

Sedangkan tenor deposito adalah jangka waktu dari pihak penyelenggara deposito seperti bank kepada pihak investor yang akan menanamkan dana depositonya. Semakin lama tenor deposito ini biasanya menjanjikan persentase keuntungan yang lebih menguntungkan.

 

Faktor yang Menentukan Tenor

Lamanya tenor setiap orang biasanya berbeda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya sehingga waktu tenor pun akhirnya berbeda. 

 

Memang beberapa lembaga kredit biasanya memberikan promo potongan tenor kepada peminjam. Potongan tenor adalah potongan masa pembayaran dari 12 bulan misalnya menjadi 10 bulan saja sebagai bonus dari pihak kreditur.

 

Namun, kamu juga perlu tahu ada beberapa faktor penting dalam pengajuan pinjaman untuk mendapatkan waktu tenor yang ideal:

 

  1. Jumlah Pinjaman

    Jumlah pinjaman yang besar tentunya akan lebih memberatkan jika memilih tenor pendek. Oleh karena itu, jika jumlah pinjamannya besar maka umumnya tenornya lebih panjang. Konsekuensinya jumlah bunga yang kamu setorkan pun makin banyak. 

     

    Sebaliknya jika jumlah pinjaman kecil, maka waktu tenornya bisa lebih pendek. Cicilan bisa lebih cepat kamu lakukan dengan jumlah bunga yang tidak begitu besar. 

     

  2. Usia Peminjam

    Semakin tua usia peminjam maka waktu tenor yang akan kamu terima juga semakin pendek. Pihak kreditur tak ingin rugi dengan kemungkinan usia yang sudah tua. 

     

    Sebaliknya, jika seorang peminjam usianya masih muda sesuai dengan ketentuan dari pihak kreditur, biasanya waktu tenornya bisa lebih panjang dengan cicilan yang lebih rendah. Perhatikan usia peminjam saat mengajukan kredit untuk mendapatkan waktu tenor yang ideal.

     

  3. Aset yang Digunakan Sebagai Jaminan

    Aset apa yang tersedia dan ada sebagai jaminan kredit juga akan mempengaruhi waktu tenor pinjaman. Sebagai banyak ketersediaan aset tentunya akan semakin mempermudah seseorang meminta pengajuan tenor panjang dalam proses peminjamannya. 

     

Tips Mengajukan Pinjaman Cepat Cair dan Tenor Panjang

Mengajukan pinjaman bisa kamu lakukan dengan mudah sekaligus mendapatkan waktu tenor ideal sesuai yang kamu inginkan. Bagaimana caranya, perhatikan beberapa tips berikut:

 

  • Efisienkan jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Semakin kecil jumlah pinjaman maka waktu cair dan tenornya bisa lebih fleksibel.

  • Carilah lembaga pinjaman yang memberikan bunga paling rendah sehingga walaupun kamu mengambil tenor panjang, jumlah bunganya masih bisa kamu tanggung dengan aman.

  • Jangan lupa memastikan lembaga keuangan terkait sudah terdaftar di OJK. Hal ini penting untuk keamanan dan kenyamanan proses pengajuan pinjaman yang kamu lakukan.

  • Pakai Telkomsel Klop untuk mencari informasi pinjaman dana paling menguntungkan dengan tenor yang pas.

 

Kamu mau melakukan pinjaman online pastinya butuh survei mana saja lembaga pinjaman bersahabat dan aman yang sesuai dengan kemampuan kamu.

 

Karena itulah kamu perlu pakai Telkomsel Klop, sebuah aggregator yang akan membantu kamu menemukan informasi produk pinjaman paling sesuai. Lebih mudah, cepat, dan membantu kamu menemukan produk pinjaman terbaik. 

 

Mau tau lebih banyak tentang Telkomsel Klop, klik di sini.

 

Telkomsel melalui membantu kamu bisa efektif dan produktif dalam merencanakan keuangan di masa depan. Pakai aplikasi dari rumah bisa membantu kamu melakukan saving sekaligus pengelolaan uang yang lebih efisien.

 

Baca juga: Cara Produktif dengan Internet di Rumah

 

Tenor adalah hal penting yang jadi pertimbangan kamu melakukan pengajuan kredit. Cek berbagai produk pinjaman dengan berbagai pilihan tenor di Telkomsel Klop. Lebih mudah dan akurat. 

scroll