Mengenal Gaya Hidup Hemat Ala Frugal Living

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Guys, kamu pernah dengar gak sih, gaya hidup frugal living? Gaya hidup yang satu ini ternyata mulai banyak digemari, lho. Frugal living sendiri berasal dari dua kata, frugal artinya hemat dan living artinya kehidupan. Dari dua kata ini sebenarnya udah bisa kita tarik kesimpulan nih, kalau frugal living adalah gaya hidup hemat dimana seseorang mencoba agar lebih sadar dalam setiap keputusan pembelian atau pengeluaran yang mereka lakukan. Biasanya nih, seseorang yang menerapkan gaya hidup frugal living akan selalu menyusun prioritas pembelian mereka. 

 

Nah, kamu juga bisa lho, mencoba gaya hidup yang satu ini. Penasaran? Ini nih beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. 

 

  1. Catat Selalu Pengeluaran Kamu
    Langkah pertama yang bisa kamu ambil buat memulai frugal living adalah dengan selalu mencatat pengeluaran kamu. Dengan mencatat ini, kamu jadi lebih tahu nih, berapa besar pengeluaran kamu hingga kemana saja uang tersebut digunakan. Bikin juga tabel buat membandingkan pengeluaran dan pemasukan, ya. 

 

  1. Selektif Dalam Membeli
    Hayooo, siapa yang suka lapar mata dan akhirnya membeli barang-barang yang nggak dibutuhkan? Nah, mulai sekarang kamu bisa nih, lebih selektif lagi dalam melakukan pembelian. Sebelum membeli kamu bisa pertimbangkan terlebih dahulu apakah barang itu kamu butuhkan atau hanya sekadar keinginan sesaat. Mengingat frugal living artinya hidup hemat, jadi kamu juga harus menyeleksi ketat pengeluaran yang kamu lakukan, nih. Yuk, tahan yuk, kalau itu cuma keinginan sesaat. 

 

  1. Masak Sendiri
    Tahukah kamu? Memasak sendiri ternyata bisa bikin kamu menghemat biaya pengeluaran hingga 50% lebih dibandingkan jajan atau beli dari luar. Asyiknya lagi, kamu bisa berkreasi dengan berbagai resep makanan kalau masak sendiri, lho. Buat yang suka jajan, boleh nih, sekali-kali dicoba. 

 

Baca Juga: 7 Kebiasaan untuk Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

 

  1. Menabung dan Berinvestasi
    Gajian langsung buat jajan? Eits, tahan dulu! Coba deh, mulai sekarang sisihkan gaji kamu buat menabung atau berinvestasi minimal 30%. Selain buat mengerem pengeluaran kamu, menabung dan berinvestasi ini juga penting buat rencana finansial kamu di masa depan. 

 

  1. Sortir Barang yang Sudah Tak Terpakai
    Pasti deh, kamu punya barang yang masih layak pakai tapi udah jarang digunakan. Nah, daripada menuh-menuhin ruangan, mending kamu pilih dan jual aja, guys. Selain dapat uang tambahan, barang-barang ini juga akan lebih bermanfaat bagi orang-orang yang memang membutuhkannya. 

 

  1. Cermat Memilih Moda Transportasi
    Kamu bisa lho, nggak harus setiap hari naik mobil atau taksi yang nyaman. Yup, mengingat harga bahan bakar yang juga sudah meningkat, coba deh, naik transportasi umum yang lebih ramah buat kantong seperti kereta dan bus. Naik kendaraan umum juga udah asik banget sekarang, asal kamu tetap memperhatikan protokol kesehatan, ya. 

 

  1. Beli Produk Elektronik Hemat Energi
    Produk elektronik hemat energi memang cenderung lebih mahal dibandingkan produk yang menggunakan energi standar, tapi, ini bagus banget buat investasi jangka panjang kamu, nih. Memang kamu harus merogoh kocek lumayan banyak di awal tapi, ke depannya kamu bakal jadi lebih hemat bayar listrik, lho. Wah, tertarik buat mencoba, nggak, nih? 

 

Nah, jadi lebih paham, kan, tentang apa itu frugal living. Sebenarnya kunci dalam menjalankan frugal living ini adalah konsisten hingga akhirnya terbangun menjadi sebuah kebiasaan. Oh ya, satu hal yang juga nggak bisa kamu lewatkan buat menunjang kegiatan sehari-hari adalah internet. Tapi nih, kalau mengikuti konsep frugal living, kamu harus cermat dalam memilih internet terbaik dengan harga terhemat. Memang ada? Ada dong! Untungnya, kamu bisa pakai modem orbit dari Telkomsel. Bayangin, ada pilihan paket data yang mulai dari 20ribu-an aja! Yuk, cari tahu sekarang. 

 

Various data package options