Jangan Abai, Ini Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Sama pentingnya dengan melakukan olahraga itu sendiri, pemanasan sebelum melakukan olahraga pun nggak boleh kamu lewatkan. Bahkan katanya, salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah menghindari kamu jadi cedera.

 

Yup, dengan melakukan pemanasan maka otot kamu akan beradaptasi dulu terhadap gerakan-gerakan olahraga yang akan dilakukan nantinya. Manfaat pemanasan sebelum olahraga lainnya adalah menurunkan resiko cedera saat berolahraga. 

 

Sayangnya, masih banyak banget nih, orang-orang yang suka skip melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Mereka mengira kalau pemanasan ini hanya buang-buang waktu aja hingga tak memberikan dampak apapun. Wah, jangan sampai kamu salah satunya, ya!

 

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang pemanasan, kita cari tahu terlebih dahulu yuk, tentang macam-macam gerakan pemanasan yang bisa kamu coba.

 

Macam-macam Gerakan Pemanasan

Pemanasan yang baik dan benar biasanya dilakukan selama 5 menit sebelum memulai olahraga. Ada baiknya juga nih, gerakan pemanasan yang kamu lakukan berurutan dari ujung kepala hingga ujung kaki. 

 

Nah, berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa kamu coba dalam melakukan pemanasan sebelum berolahraga, nih;
 

  • Gerakan Memutar Kepala
    Pada saat melakukan gerakan ini, kaki dan bahumu harus sejajar, ya. Setelah itu, putarlah kepala kamu sebanyak 20 kali ke kanan dan 20 kali ke kiri.

  • Gerakan Tangan
    Setelah kepala, selanjutnya kamu bisa memberi pemasan sedikit buat tangan juga, nih. Rentangkanlah tangan dan putar lengan kiri dan kanan bagian atas masing-masing selama 30 kali.

  • Gerakan Memutar Pinggang
    Bukan cuma kepala dan tangan aja, nih, tapi putar juga pinggang kamu searah maupun berlawanan arah jarum jam sebanyak 10 kali, ya

  • Half Squat
    Buat memperkuat otot paha dan betis, kamu bisa melakukan gerakan pemanasan yang satu ini, nih. Kamu tinggal menurunkan lutut kanan dan kiri hingga membentuk sudut 90 derajat dan bertahan dalam posisi itu selama 3-5 menit. 

  • Melompat di Tempat
    Seperti namanya, yang perlu kamu lakukan adalah melompat-lompat di tempat. Gerakan pemanasan ini juga bisa kamu variasikan dengan membuka kaki ke samping kanan dan kiri saat sedang melompat. 
     

Itulah lima gerakan sederhana yang bisa kamu ikuti saat ingin melakukan pemanasan. Setelah mengetahui berbagai gerakannya, gimana kalau sekarang kita kupas tuntas manfaat pemanasan sebelum berolahraga, yuk!

 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Zumba untuk Kebugaran Tubuh

 

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Seperti yang udah disinggung di atas, pemanasan sebelum olahraga memang memiliki manfaat mengurangi cedera hingga bikin otot nggak kaget sebelum berolahraga. Tapi, masih ada lho, manfaat lainnya dari pemanasan sebelum berolahraga.

 

Biar nggak makin penasaran, langsung aja kita bahas, yuk. 
 

  • Meningkatkan fleksibilitas
    Dengan melakukan pemanasan, maka tubuh kamu akan lebih siap buat mengikuti berbagai gerakan olahraga yang ada. Otot kamu seakan-akan dipersiapkan buat lebih fleksibel melakukan berbagai gerakan, nih. 

  • Meningkatkan Energi
    Manfaat melakukan pemanasan yang ini adalah membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Nah, hal ini membantu energi dalam tubuh kamu meningkat sehingga olahraga pun menjadi lebih bertenaga. 

  • Melancarkan Peredaran Tubuh
    Dengan melakukan pemanasan, peredaran tubuh menjadi lebih lancar. Selain itu, penyebaran nutrisi dalam tubuh juga jadi lebih merata sehingga otot ternutrisi dan membuat proses pasca cedera menjadi lebih cepat.

 

Bukan cuma itu, peredaran darah juga menjadi lebih lancar sehingga risiko terkena penyakit jantung, stroke, hingga hipertensi dapat ditekan. 
 

Wah, ternyata penting banget ya, buat melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Eits, dalam melakukan setiap gerakan pemanasan juga nggak boleh sembarangan, lho. ‘
 

Kamu harus benar-benar mencari tutorial melakukannya secara baik dan benar. Salah-salah, nanti ototmu malah cedera lagi! Untungnya, sekarang udah banyak banget nih, akses buat mendapatkan tutorial pemanasan yang baik dan benar. 
 

Yup, kamu nggak perlu pusing lagi. Tinggal browsing di YouTube dan bakal keluar deh berbagai cara melakukan pemanasan yang baik dan benar. Biar makin asyik, kamu bisa puas browsing-an bareng Kuota Ketengan YouTube dari Telkomsel mulai dari 5 ribu aja, lho. 

 

Kok bisa ya, hemat gitu? Iya dong, karena kamu hanya perlu membeli paket kuota yang sesuai dengan kebutuhan kamu aja. Bukan cuma YouTube, buat kamu yang suka TikTokan dan Whatsapp-an, ada juga lho, kuota ketengan buat aplikasi-aplikasi ini. 


Let’s go, guys! Cari tahu sekarang biar kamu nggak salah dalam melakukan berbagai gerakan pemanasan saat akan berolahraga.

Ketengan Utama Packages