Fakta Menarik G20 Indonesia yang Bikin Bangga! | Telkomsel

Fakta Menarik G20 Indonesia yang Bikin Bangga!

Article

Kamu pasti udah tahu dong, kalau tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah buat penyelenggaraan KTT G20 di bulan November mendatang. Yup, hal ini bakal menjadi sesuatu yang besar banget buat Indonesia, mengingat The Group of Twenty atau G20 ini merupakan forum kerjasama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa. Beberapa negara yang terlibat di dalamnya antara lain, Arab Saudi, Amerika Serikat,  Afrika Selatan, Australia, Argentina, Brasil, Indonesia, Inggris, India, Italia, Jerman, Jepang, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Turki, dan Tiongkok.

 

Forum G20 ini biasanya akan berfokus pada isu-isu global, terutama terkait ekonomi seperti stabilitas keuangan, perdagangan, dan berbagai kebijakan. Bergilir dari satu negara ke negara lain, tahun ini Indonesia mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan G20. Selain bikin bangga, ada sejumlah fakta menarik terkait pelaksanaan KTT G20 di Indonesia ini, lho. Penasaran? Yuk, kita simak bareng-bareng. 

 

  1. Tema Presidensi G20 Indonesia

    Fakta menarik yang pertama adalah tema presidensi G20 di Indonesia. Melihat bahwa pandemi COVID-19 membawa dampak yang begitu besar bagi dunia hingga penurunan ekonomi, Indonesia pun mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” buat G20 di Indonesia ini. Bukan sembarang tema, terselip harapan kalau seluruh negara di dunia bisa saling tolong-menolong buat memulihkan kehidupan bersama. Keren banget, ya!

     

  2. Makna Logo G20 Indonesia

    Hayooo, kamu perhatiin nggak nih, kalau terdapat siluet Gunungan dengan motif Batik Kawung di logo G20 Indonesia? Ternyata, logo ini punya makna yang luar biasa, lho. Dilansir dari website resmi Kementerian Parekraf, logo Siluet Gunungan berarti semangat dan optimisme menuju pemulihan yang inklusif. Nah, kalau motif Batik kawung sendiri bermakna menjadi pribadi berguna bagi sesama. Selain itu, ada juga warna merah-putih yang melambangkan bendera negara Indonesia dan pemilihan warna biru pada tulisan menggambarkan Indonesia sebagai negara maritim. 

     

    Eits, masih ada lagi, nih. Kalau diperhatikan, ada tanaman rambat di logo G20 Indonesia yang ternyata berarti penghubungan dan bagian dari solusi buat pemulihan global di seluruh dunia. Sedangkan siluet Gunung Agung dan Gunung Abang, Bali dengan gradasi warna merah-biru di belakang logo ini berarti harapan atas hari-hari baru dengan perubahan yang positif. Wow, benar-benar detail banget ya, guys!

     

Baca juga: Makin Cepat Menuju Masa Depan dengan Telkomsel 5G

 

  1. Lokasi KTT G20 di Bali

    Nggak sembarangan, pemilihan Pulau Bali tepatnya Nusa Dua sebagai lokasi utama pelaksanaan KTT G20 juga melalui berbagai pertimbangan, lho. Pulau Bali dinilai memiliki infrastruktur yang memadai buat para peserta dan delegasi G20 yang akan datang. Poin plus lainnya, Bali juga merupakan pusat wisata dan budaya sehingga diharapkan pariwisata Indonesia bisa terangkat setelah perhelatan G20 Bali ini. 

     

  2. “Leave No One Behind”

    Presiden Joko Widodo udah mengumumkan nih, kalo di G20 Indonesia ini akan diterapkan prinsip inklusivitas “Leave No One Behind”. Prinsip ini berarti nggak bakal ada pihak yang ditinggalkan selama perhelatan G20 Indonesia  baik negara berkembang, negara kecil maupun kelompok rentan.

     

  3. Ada 9 Negara dan 10 Organisasi Internasional yang Ikut Berpartisipasi

    DI KTT G20 Indonesia ini ada 9 negara yang diundang untuk berpartisipasi, lho. Sembilan negara tersebut adalah Ketua Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Belanda, Spanyol, Ketua the African Union Development Agency-NEPAD (AU-NEPAD), Ketua Uni Afrika, Singapura, Persatuan Emirat Arab, Ketua The Caribbean Community (CARICOM), dan Ketua Pacific Island Forum (PIF). Sedangkan 10 organisasi internasional yang akan ikut berpartisipasi adalah International Labour Organization (ILO), Asian Development Bank (ADB), Islamic Development Bank (IsDB), Financial Stability Board (FSB), Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), International Monetary Fund (IMF), World Bank,  World Trade Organization (WTO), World Health Organization (WHO), dan United Nations (UN).


Wah, seru banget ya, rangkaian G20 di Indonesia ini. Kamu juga bisa terus update hasil dari G20 nanti bareng paket combo SAKTI dari Telkomsel, lho. Mulai dari ikutan nonton online sampai browsing berbagai informasi terkininya. Yuk, aktifkan sekarang!

Find a package that suits you

scroll