Makin Cepat Menuju Masa Depan dengan Telkomsel 5G | Telkomsel
BAGIKAN

Makin Cepat Menuju Masa Depan dengan Telkomsel 5G

Article
Makin Cepat Menuju Masa Depan dengan Telkomsel 5G

Hadinya Telkomsel 5G adalah game changer dalam kemajuan digital lifestyle masyarakat. Sejak diluncurkan pada Mei 2021, Telkomsel 5G terus dikembangkan secara bertahap dan terukur agar manfaatnya bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Kehadiran Telkomsel 5G akan membuka semua potensi dan memberi nilai lebih bagi kehidupan kita semua.

 

Potensi dan peluang seperti apa yang bisa dioptimalkan melalui Telkomsel 5G? Yuk, cari tahu melalui penjelasan dari Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit.

 

Q: Apa arti kehadiran 5G di Indonesia bagi Telkomsel?

 

Adiwinahyu B. Sigit:

Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia melihat 5G sebagai teknologi yang mampu memperkuat peran perusahaan sebagai the leading digital telco secara menyeluruh. Lebih dari itu, Telkomsel 5G juga akan membuka peluang baru bagi pelanggan kami di setiap kegiatan operasional mereka, khususnya pelanggan di segmen B2B seperti korporasi, UMKM, dan juga instansi pemerintah.

 

Q: Dari sisi pelanggan apa keuntungan menggunakan 5G?

 

Rachel Goh:

Dengan 5G, pelanggan bisa mendapatkan hyper-high speed dan hyper low latency. Secara teknis, kecepatan 5G bisa mencapai puluhan kali lipat dibandingkan 4G, bisa hingga ratusan mbps. But for your information, experience setiap pelanggan bisa berbeda, tergantung kualitas sinyal, kapabilitas device 5G yang digunakan, dan kepadatan pelanggan 5G di lokasi tersebut.

 

Adiwinahyu B. Sigit:

Nah, untuk pelanggan B2B, Telkomsel 5G bisa membuat produktivitas meningkat dan operasionalnya jauh lebih efektif dan efisien. Sehingga kami bisa membantu mengakselerasi transformasi digital bagi para pelanggan kami di segmen B2B. Telkomsel 5G akan membuat lebih banyak kemungkinan akan penerapan teknologi digital yang baru dan lebih maju. Inovasi teknologi ini akan memberikan dukungan maksimal agar operasional pelanggan B2B bisa lebih optimal.

 

Baca Juga: Peran Telkomsel 5G Buat Kemajuan Ekonomi dan Pengembangan Talenta Digital

 

Q: Dengan kecepatan super tinggi dari 5G, apa manfaat yang bisa pelanggan dapatkan?

 

Rachel Goh:

Dengan 5G aktivitas apa pun jadi semakin cepat. Pelanggan jadi bisa lebih hemat waktu. Coba bayangkan, kamu bisa download full HD movies hanya dalam hitungan 1-3 menit. That is super fast! Pelanggan juga bisa menggunakan 5G untuk mendukung kelancaran aktivitas digital lifestyle lainnya, seperti untuk belajar, bekerja, dan menikmati entertainment.

 

Q: Bagaimana 5G bisa membawa pengaruh nyata bagi negara?

 

Adiwinahyu B. Sigit:

Teknologi yang dihadirkan 5G akan membuat lebih banyak masyarakat bisa memperoleh akses digital. Tentunya ini akan menguntungkan bagi konsumen dan pengguna bisnis secara langsung. Efeknya juga akan lebih jauh lagi. 5G juga berkontribusi pada produktivitas dan pertumbuhan pendapatan yang berdampak positif pada perekonomian negara.

 

Selain itu, 5G dapat mendorong smart city dan smart village, yang dapat mempercepat transformasi gaya hidup masyarakat dan berkontribusi terhadap pembangunan negara. Pemanfaatan 5G di Indonesia akan membuat lebih banyak lagi kemungkinan pada penerapan teknologi digital yang lebih baru, yang akan membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat.

 

Q: Apa saja layanan Telkomsel 5G yang bisa pelanggan nikmati?

 

Rachel Goh:

Pada fase awal ini coverage dan layanan Telkomsel 5G masih terbatas, tapi kami ingin memastikan bahwa 5G itu accessible dan affordable bagi pelanggan. Oleh karena itu, kami menyediakan paket data spesial 5G dengan harga yang terjangkau. This is how we appreciate our loyal customer based on customer feedback. Pada fase ini, kami akan terus mengembangkan layanan untuk menghadirkan better experience, better product, dan better solution untuk lebih banyak pelanggan di Indonesia.

 

Baca Juga: Cek Fakta dari Mitos Seputar 5G yang Sering Kamu Dengar

 

Q: Lalu bagaimana pelanggan bisa segera merasakan Telkomsel 5G?

 

Rachel Goh:

Ada 4 syarat agar pelanggan bisa menggunakan Telkomsel 5G. The first one, kartu SIM pelanggan harus sudah mendukung layanan 4G LTE. Yang kedua, pelanggan harus berada di coverage Telkomsel 5G yang sejauh ini ada di sejumlah wilayah di 9 kota. Yang ketiga, device harus compatible dengan jaringan Telkomsel 5G dan fitur 5G pada device sudah diaktifkan. Last but not least, nomor pelanggan sudah diaktifkan untuk dapat menggunakan 5G.

 

Q: Bagaimana Telkomsel melanjutkan upaya memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia?

 

Adiwinahyu B. Sigit:

Telkomsel akan terus memperkuat upaya kolaboratif yang selama ini telah terjalin bersama para pemangku kepentingan, mulai dari perusahaan, UMKM, hingga pemerintah. Kami juga membuka pintu bagi para pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama mengupayakan pemanfaatan 5G secara maksimal di Indonesia. Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan the best wireless network experience bagi pelanggan. Kami akan memperluas coverage jaringan kami, serta mengembangkan produk dan layanan 5G sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Komitmen ini sesuai dengan visi kami sebagai the leading digital telco yang mengutamakan prinsip customer-centricity.

 

Rachel Goh:

Yes, this is just beginning of Indonesia and Telkomsel 5G journey. 5G adalah game changer yang berbeda dari generasi sebelumnya. Teknologi ini akan memberikan dorongan kemajuan digital ekonomi masyarakat Indonesia dalam persaingan global industry. Masih banyak opportunity yang akan dihadirkan Telkomsel 5G yang tentunya membuat kita bisa terus tumbuh dan terus bergerak maju.

 

Mari kita sambut dunia penuh peluang dengan Telkomsel 5G!