Cara Diet Alami Tapi Tetap Sehat dan Aman

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Sering diet tapi gagal di tengah jalan? Atau justru, nafsu makan justru jadi meningkat setelah menjalankan proses diet? Wah, bisa jadi cara diet kamu salah tuh, guys. Padahal diet yang benar seharusnya nggak menyiksa dan bisa dijadikan gaya hidup sehat, lho. Banyak banget faktor yang menyebabkan diet kamu gagal nih, salah satunya adalah tergiur dengan hasil yang instan. Nah, biar anti gaga gagal diet lagi, kita kupas tuntas soal cara diet alami yang aman dan cara agar diet konsisten yang bisa kamu coba!

 

  1. Jangan Melewatkan Sarapan
    Langkah pertama dalam menjalankan diet sehat alami adalah jangan melewatkan sarapan. Sering banget nih, seseorang yang sedang melakukan diet nggak mau sarapan karena berpikir semakin banyak asupan yang dikonsumsi maka akan semakin cepat hasilnya terlihat. Padahal, ini salah besar ya, guys! Sarapan itu penting banget buat kamu yang sedang melakukan diet sebagai energi melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan melewatkan sarapan, bisa-bisa kamu jadi tergiur buat ngemil yang nggak perlu, lho. 

 

  1. Konsumsi Banyak Serat
    Mengkonsumsi makanan yang banyak serat sangat disarankan nih, buat kamu yang lagi dalam proses diet. Selain memberikan gizi yang baik, makanan yang kaya serat ini juga bikin rasa kenyang lebih lama, lho. Nah, ada beberapa sumber makanan berserat yang bisa kamu jadikan pilihan nih, mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan. Selamat berkreasi, ya!

 

  1. Mengatur Pola Makan
    Kalau tadi kita udah bahas soal pentingnya mengkonsumsi makanan berserat, nah pastikan juga kamu mengatur pola makanmu secara baik dan benar, ya. Penting banget, buat nggak langsung mengurangi porsi makanmu secara drastis melainkan bertahap dan menerapkan proses makan secara perlahan. Proses makan secara perlahan ini akan memberikan sinyal ke otak seolah-olah kamu lebih cepat kenyang. 

    Selain makanan berserat, pastikan juga kamu mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan lemak sehat serta mengurangi gula dan makanan olahan, ya. 

 

Baca Juga: 5 Alat Olahraga dengan Harga di Bawah 100 Ribu

 

  1. Melakukan Olahraga Ringan Secara Rutin
    Berolahraga ringan secara rutin bisa membantu diet alami kamu berjalan lebih lancar, nih. Yup, dengan berolahraga pembakaran kalori akan berjalan dengan lebih maksimal, mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, memperlancar metabolisme sehingga mempercepat proses diet, mood jadi lebih baik, dan tidur pun menjadi berkualitas. 

    Sebenarnya, ada juga nih, yang melakukan cara diet tanpa olahraga, meski prosesnya akan lebih lambat dari mereka yang melakukan olahraga. Jadi, balik lagi ke diri kamu masing-masing, ya. Kenali lagi diri kamu dan pilihlah cara diet yang memang pas buat tubuh kamu. 

 

  1. Cukup Istirahat
    Selain sarapan, tidur jam juga harus kamu perhatikan banget nih, saat sedang menjalankan proses diet. Kalau kamu kurang tidur, bisa-bisa produksi hormon yang bikin kamu lapar malah meningkat dan kamu jadi ngemil di malam hari. Usahakan buat tidur selama 8 jam dan nggak begadang, ya. Berdasarkan beberapa penelitian sih, jam tidur paling baik udah dimulai dari jam 10 malam karena pada saat itu hormon melatonin terproduksi satu kali dalam sehari. Hayooo, buat yang mau diet, jangan begadang-begadang lagi, ya.

 

Itu dia guys, beberapa cara diet alami tapi tetap sehat dan aman yang bisa kamu coba. Sebenarnya, kunci dari keberhasilan diet seseorang adalah kekonsistenan. Coba deh, kamu konsisten menerapkan pola diet di atas, pasti lama kelamaan akan menjadi gaya hidup sehat yang menyenangkan untuk dijalani. Cara konsisten diet sebenarnya bisa kamu terapkan jika kamu ingat kembali tujuan kamu melakukan program diet alami ini, misalnya buat menjaga kesehatan atau membuat penampilan semakin memukau. Jadi, pastikan kamu memiliki tujuan yang kuat, ya!

 

Selain nggak konsisten, ada juga faktor lain penyebab diet kamu gagal, seperti makan terlalu sedikit, salah memilih jenis olahraga, mengkonsumsi makanan tinggi gula atau karbohidrat, masih iseng ngemil, kurang minum air, kurang tidur, hingga masih mengkonsumsi minuman bersoda atau berperisa. 

 

Baca Juga: Alat Olahraga Rumahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri


Memang sih, kadang-kadang kita suka kebingungan sendiri ya, apakah diet yang kita jalani ini udah benar atau belum? Atau apakah hasilnya udah ada atau belum? Eits, tenang, sekarang udah banyak banget aplikasi yang bisa membantu proses diet kamu, lho, salah satunya adalah FITA. Dengan menggunakan aplikasi FITA, kamu bisa mempersonalisasi program diet sesuai kebutuhan kamu, menghitung jumlah kalori dalam tubuh, hingga mengkreasikan berbagai resep diet sehat dan bergizi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai hidup sehatmu sekarang dengan men-download FITA di Google Play Store atau App Store sekarang!

Buy the package