Berbagai Manfaat Zumba untuk Kebugaran Tubuh

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Tahukah kamu kalau ada berbagai manfaat zumba bagi kesehatan tubuh? Saking banyaknya manfaat zumba, olahraga ini menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup populer, terutama bagi para perempuan.

 

Kenalan dulu sama zumba, yuk! Baca pembahasan berikut ini!

 

Pengertian Olahraga Zumba

Zumba adalah jenis senam aerobik yang memadukan beberapa gerakan tarian, seperti salsa, flamenco, dan berbagai tarian modern.

 

Lagu-lagu yang digunakan pada olahraga ini pun biasanya merupakan gabungan berbagai lagu, misalnya lagu pop modern. 

 

Pemilihan lagu pop modern dilakukan supaya bisa meningkatkan mood ketika berolahraga dan mengimprovisasi gerakan zumba sambil mengikuti tempo lagu tersebut.

 

Jadi, apa sih manfaat-manfaat senam zumba ini? Kamu bisa temukan jawabannya di bawah!

 

Manfaat Zumba

Berbagai manfaat zumba yaitu:

 

  1. Menjaga kesehatan tubuh
    Pastinya, kesehatan tubuh kamu akan terjaga karena banyak gerakan saat melakukan zumba. 
     
  2. Menjaga dan menurunkan berat badan
    Untuk kamu yang ingin menjaga ataupun menurunkan berat badan, kamu bisa melakukan olahraga zumba karena bisa membakar kalori sebanyak 9,5 kkal per menit berdasarkan Journal of Sport Science & Medicine tahun 2012.
     
  3. Menjaga kesehatan jantung
    Sebagai olahraga kardio, zumba juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena menggunakan 79% dari denyut jantung maksimal berdasarkan studi yang sama seperti poin sebelumnya.
     
  4. Meringankan stress
    Aktivitas fisik dari zumba ini akan membantu meningkatkan aktivitas senyawa kimia yang ada di otak, yaitu endorfin. Senyawa ini bisa memicu rasa senang dan euforia sehingga mengurangi stress.
     
  5. Meningkatkan koordinasi tubuh
    Ketika melakukan zumba, kamu harus bergerak menyesuaikan tempo musik dengan koordinasi tubuh yang baik supaya hasilnya efektif.

 

Nah, kamu bisa melatih dan meningkatkan koordinasi otakmu dengan tangan dan kaki jika rutin melakukan zumba.

 

Selain itu, zumba juga bisa membentuk tubuh kamu, lho! Zumba bisa mempengaruhi pembentukan otot-otot kamu serta menguatkan sendi, jadi tubuh kamu akan lebih ideal.

 

Lalu, apa ya perbedaan zumba dengan senam? 

 

Baca Juga: Manfaat Olahraga Barre yang Jarang Diketahui

 

Perbedaan Zumba dengan Senam

Gerakan senam lebih menggabungkan otot-otot perut, sendi, lengan, dan kaki berdasarkan tipe gerakannya. Sedangkan, gerakan zumba lebih fokus pada bagian otot bokong, tubuh, dan kaki.

 

Selain itu, ada beberapa perbedaan lainnya antara olahraga zumba dengan senam, yaitu:

 

  1. Jumlah kalori yang dibakar
    Jumlah kalori yang dibakar yaitu 498 kalori untuk senam dan 360–532 kalori untuk zumba pada durasi yang sama.
     
  2. Musik yang digunakan
    Untuk senam aerobik, musik yang digunakan biasanya bertempo konstan agak cepat, sedangkan zumba pakai musik yang berubah-ubah tergantung variasi gerakannya.
     
  3. Jenis gerakan yang digunakan
    Senam aerobik biasanya lebih menggunakan gerakan atletik yang berulang untuk membakar kalori dalam jumlah yang besar, sementara zumba lebih sering fokus di gerakan pinggul.
     

Nah, kamu sekarang tahu kan perbedaan kedua olahraga tersebut? Lanjut baca pembahasan mengenai waktu yang dianjurkan untuk olahraga zumba berikut ini, ya!

 

Waktu yang Dianjurkan untuk Olahraga Zumba

Sebagai sebuah olahraga aerobik, kamu sebaiknya melakukan jenis olahraga zumba ini minimal 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. 

 

Jika kamu mau durasi yang lebih singkat, kamu bisa berolahraga zumba selama 75 menit per minggu tapi dengan intensitas yang lebih berat. 

 

Eits, walaupun kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga ini minimal 150 menit per minggu, kamu sebaiknya tidak langsung melakukannya secara terus menerus tapi dibagi-bagi setiap harinya.

 

Misalnya, kamu ingin berolahraga selama 150 menit per minggu, maka kamu bisa membagi durasi olahragamu menjadi 30 menit per hari, sehingga kamu membutuhkan 5 hari untuk mencapai total durasi tersebut. 

 

Kalau kamu ingin tahu kapan waktu yang bagus untuk zumba, olahraga pada umumnya sendiri, bukan hanya zumba, baik dilakukan antara pukul 05.00 hingga 08.00 pagi.

 

Setelah melakukan zumba, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal, ya! Simak poin selanjutnya!

 

Kamu Harus Lakukan Hal-Hal Ini Setelah Zumba

Setelah zumba maupun gerakan olahraga lainnya, kamu harus melakukan beberapa hal, yaitu:

  1. Melakukan pendinginan atau peregangan otot
  2. Minum air putih
  3. Mandi dan ganti baju
  4. Makan makanan yang bergizi
     

Nah, kamu sudah baca tentang apa itu zumba, manfaat zumba, perbedaan zumba dengan senam, waktu yang dianjurkan untuk zumba, hingga hal-hal yang harus kamu lakukan setelah zumba.

 

Untuk melacak berbagai aktivitas kesehatanmu, kamu bisa gunakan FITA dari Telkomsel. Kamu juga bisa aktifkan Paket Sehat dari Telkomsel untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keadaan kesehatanmu.

 

Yuk, coba olahraga zumba dan rasakan berbagai manfaatnya jika dilakukan secara rutin!

 

Baca Juga: 5 Alat Olahraga dengan Harga di Bawah 100 Ribu

 

Buy the package