Telkomsel | 15 April 2020
2 shares

Bersih dan Aman Saat Masuk Rumah
untuk Hindari Virus Corona

Bersih dan Aman Saat Masuk Rumah untuk Hindari Virus Corona

Pemerintah RI tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah sebagai upaya penanganan virus Corona agar tidak semakin meluas. Selama pemberlakukan kebijakan ini masyarakat diminta untuk tidak beraktivitas di luar rumah, kecuali untuk kebutuhan mendesak, seperti:

  • Membeli kebutuhan makanan
  • Mengambil uang tunai di ATM terdekat
  • Membeli bahan bakar minyak
  • Berobat ke rumah sakit
  • Pekerjaan yang menuntut kehadiran fisik dan tidak dapat digantikan

Meski keperluan tersebut bersifat mendesak, tidak ada alasan bagi kita untuk mengabaikan keselamatan bersama! Lindungi diri dengan menggunakan masker, membawa hand sanitizer serta menjaga jarak saat berada di luar rumah adalah wajib hukumnya. Setibanya di rumah, lakukan tips aman berikut ini agar kita tidak membawa virus Corona ke dalam rumah:

  1. Sebelum memasuki rumah, buka alas kaki dan tinggalkan di depan pintu. Usahakan untuk melepas sepatu atau sandal dalam posisi berdiri agar virus, bakteri, dan kuman yang menempel di pakaian tidak berpindah ke kursi.
     
  2. Buang semua benda yang tidak diperlukan, baik itu struk belanja, plastik pembungkus makanan, kuitansi, atau kertas lainnya. Jika kamu menggunakan masker sekali pakai, lepaskan dan buang masker ke dalam tempat sampah dengan memperhatikan etika yang direkomendasikan WHO.
     
  3. Kemudian, semprotkan cairan disinfektan ke seluruh permukaan barang yang kamu bawa, seperti tas, dompet, kunci, sepatu, bahkan gadget. Karena bisa saja benda tersebut terpapar virus Corona tanpa kamu sadari.
     
  4. Saat sudah berada di dalam rumah, jangan langsung menyapa anggota keluarga, menyentuh benda-benda, atau bahkan rebahan di atas kasur. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci tangan. Bersihkan tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik.
     
  5. Lepaskan pakaian yang kamu kenakan untuk keluar rumah dan letakkan di tempat terpisah. Jika memungkinkan segera cuci pakaian menggunakan mesin cuci atau rendam ke dalam bak berisi air dan sabun deterjen.
     
  6. Kemudian bersegeralah untuk mandi dan membersihkan seluruh bagian tubuh. Setelah mandi pastikan kamu telah menggunakan pakaian bersih .
     
  7. Setelah memastikan kebersihan diri dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu aman untuk menyapa dan menghabiskan waktu dengan anggota keluarga di rumah.

Lawan pandemi dengan patuh menjalankan imbauan physical distancing. Jangan pernah bosan untuk terus mengingatkan keluarga, teman, atau kerabatmu bahwasanya rumah adalah tempat paling aman yang dapat melindungi kita di tengah pandemi.


Related Blogs