Telkomsel | 19 Maret 2020
2 shares

Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

 

Meningkatnya jumlah pasien yang positif terjangkit virus Corona (COVID-19) di Indonesia dari hari ke hari memang patut kita waspadai. Namun fenomena ini tidak perlu membuat kita panik, terutama apabila kita mengetahui bagaimana cara menjaga diri agar terhindar dari virus tersebut. Yuk, kita pahami dan terapkan beberapa tips kesehatan versi WHO berikut yang paling utama dan penting saat ini untuk menghindarkan diri dari virus Corona.

Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

Cuci tangan dengan cara yang benar sesering mungkin

Jangan pernah bosan kalau ada yang mengingatkan kita untuk selalu mencuci tangan setiap saat. Cuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer yang mengandung alkohol akan membunuh virus di tangan. Sudah banyak anjuran agar kita mencuci tangan, namun tidak banyak yang mengedukasi bagaimana cara melakukannya dengan benar. Berikut cara mencuci tangan yang benar menurut WHO:

1. Basahi tangan dengan air

2. Tuang sabun pada telapak tangan secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan

3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya

4. Gosok punggung tangan dan sela jari

5. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan

6. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar

7. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun

8. Gosok tangan yang bersabun dengan air mengalir

9. Keringkan tangan dengan lap sekali pakai

Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

Hindari menyentuh wajah

Sebisa mungkin kita menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan. Seperti yang kita ketahui, tangan yang menyentuh permukaan benda apa pun yang sering dipegang orang banyak, seperti gagang pintu, saklar listrik, pegangan tangga, tombol lift, dan sebagainya, berpotensi membawa virus. Apabila terkontaminasi, tangan bisa menghantarkan virus ke mata, hidung, dan mulut kita. Dari situ, virus bisa memasuki tubuh dan membuat kita sakit.

Nah, tentunya tidak mudah membuat kita menghindari menyentuh wajah, karena hal ini sering terjadi secara spontan dan di luar kesadaran. Walaupun mungkin terdengar sulit, sebaiknya kita mempraktikkan beberapa tips yang dapat membantu kita menghindari menyentuh wajah dengan tangan berikut:

  1. Selalu ingat seberapa sering kita menyentuh wajah sepanjang hari
  2. Cari tahu apa yang memancing kita menyentuh wajah
  3. Cari kebiasaan lain untuk dilakukan ketika kita mau menyentuh wajah
  4. Selalu ingat bahwa tidak menyentuh wajah adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri kita sendiri
Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

Terapkan social distancing

Sejak pandemi COVID-19 merebak, kita sering mendengar istilah social distancing. Secara awam, social distancing adalah menjaga jarak minimal satu meter antara kita dan orang yang sedang batuk atau bersin. Metode ini sangat dianjurkan, karena ketika seseorang batuk atau bersin, orang tersebut menyemburkan butir-butir tetesan cairan dari hidung atau mulut yang berpotensi mengandung virus. Ketika jarak kita terlalu dekat dengan butiran cairan tersebut, sangat besar kemungkinan kita menghirupnya. Tentunya hal ini sangat berbahaya apabila orang yang batuk atau bersin tersebut ternyata terjangkit virus Corona. Berikut beberapa anjuran mengenai cara mempraktikkan social distancing:

  1. Hindari mengunjungi tempat keramaian publik dan berdesak-desakan
  2. Hindari makan di tempat umum, seperti restoran, kafe, dan lainnya
  3. Batasi jarak dengan orang lanjut usia
  4. Jika terpaksa harus menitipkan anak, pilih tempat penitipan anak yang tidak terlalu ramai
  5. Untuk sementara waktu, lebih baik anak bermain di rumah tanpa teman
  6. Batasi jumlah kunjungan orang lain ke rumah
  7. Hindari melakukan perjalanan wisata
  8. Atur ulang jadwal kunjungan ke dokter
  9. Kunjungi toko makanan bukan pada jam sibuk
Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

Apabila sakit, praktikkan prosedur standar kesehatan yang tepat

Ketika sakit, kita perlu lebih waspada, karena umumnya kekebalan tubuh kita sedang rendah. Pastikan kita dan orang-orang di sekitar kita mengikuti prosedur kebersihan pernapasan yang baik (good respiratory hygiene). Maksudnya, menutup mulut dan hidung kita dengan siku bagian dalam atau tisu ketika sedang batuk atau bersin. Lalu segera cuci siku bagian dalam tersebut hingga bersih atau buang tisu tersebut secepatnya. Kita perlu melakukan hal ini karena butiran cairan hasil dari batuk atau bersin tersebut menyebarkan virus. Dengan mengikuti prosedur standar tersebut, kita sudah melindungi orang-orang di sekitar kita dari virus, seperti flu dan Corona.

Pastikan kita selalu berada di rumah ketika kita sedang tidak enak badan. Kalau terpaksa harus keluar rumah, pakailah masker. Jika kita sedang demam, batuk, atau sulit bernapas, segera cari pertolongan medis lewat panggilan telepon secepatnya, lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat. Pihak berwenang tersebut umumnya memiliki informasi paling up-to-date terkait kondisi di sekitar kita. Menghubungi mereka secepatnya memungkinkan rumah sakit atau dokter langsung mengarahkan kita ke lokasi fasilitas kesehatan setempat. Langkah ini juga akan melindungi kita dan mencegah tersebarnya beragam virus dan penyakit infeksi.

Selalu update informasi dan ikuti saran yang diberikan rumah sakit, dokter, otoritas kesehatan setempat, atau perusahaan tempat kita bekerja mengenai cara untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus Corona. Merekalah pihak-pihak yang paling memahami kondisi dan berwenang untuk memberikan saran mengenai apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri kita sendiri dan orang-orang lain di sekitar kita.

Untuk informasi lengkap mengenai penanganan virus Corona oleh pemerintah, kita bisa menghubungi hotline contact center di 119 ext 9 atau berinteraksi di kanal informasi dan komunikasi resmi Kementerian Kesehatan berikut:

Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap jaga kesehatan ya, teman-teman.


Related Blogs