Telkomsel | 17 Juli 2017
17 shares

CSR Kewarganegaraan Digital

Telkomsel secara konsisten mendorong penggunaan teknologi secara positif.  Salah satunya adalah dengan turut berkontribusi mengembangkan sistem pendidikan dan pembelajaran bagi generasi muda agar mereka dapat mendalami lebih jauh mengenai kemanusiaan, kebudayaan, dan isu-isu sosial yang berkaitan dengan praktek etika dan perilaku yang aman di dunia digital.

Untuk membangun karakter dan kualitas sumber daya manusia agar dapat memanfaatkan internet secara positif dan produktif seiring dengan penggelaran jaringan broadband sampai ke pelosok negara untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia, Telkomsel mengadakan kampanye #internetBAIK di berbagai wilayah Indonesia.

#InternetBAIK merupakan sosialisasi dan edukasi cyber wellness mengenai pemanfaatan internet secara bertanggung jawab, aman, kreatif, dan inspiratif (BAIK) yang meliputi rangkaian aktivitas workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak dan remaja sebagai entry level pengguna internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping.

Membekali masyarakat dengan pengetahuan mengenai penggunaan internet yang BAIK, Telkomsel berupaya untuk membangun ekosistem digital yang positif dan konstruktif, serta dapat memberikan nilai tambah untuk mendukung kewarganegaraan digital.

Selain itu, seiring dengan gencarnya penggelaran jaringan untuk mendukung gaya hidup digital yang lebih efisien dan produktif, Telkomsel menaruh banyak perhatian pada perkembangan ekosistem digital di Indonesia salah satunya melalui The NextDev sebagai salah satu instrumen pelengkap ekosistem.

The NextDev mendorong kreativitas dan produktifitas komunitas developer muda Indonesia melalui sebuah kompetisi hackaton dengan fokus utama berupa aplikasi Smart City dan Smart Urban. Aplikasi digital yang dikembangkan harus menyajikan solusi dari berbagai masalah-masalah tertentu di perkotaan dan sekitarnya, sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Kolaborasi mutual sangat krusial untuk melahirkan aplikasi Smart City yang berkelanjutan. TheNextDev sebagai sebuah platform bagi developer muda,  selain memberikan pelatihan untuk mengasah kemampuan teknis maupun soft skill, mulai dari teknik melakukan coding, kemampuan pemasaran hingga kemampuan berkomunikasi, juga menjembatani mereka kepada pemangku kepentingan yang terkait, seperti pemerintah, akademisi, komunitas terkait, media, serta investor dan pihak swasta lainnya.

Telkomsel sebagai perwakilan industri mendedikasikan diri untuk menggiatkan para developer untuk memberikan kontribusi positif dalam memecahkan berbagai masalah yang ada di kota dengan menggunakan teknologi informasi.  Selain itu, melalui TheNextDev Telkomel juga berkomitmen untuk memberikan  dukungan dalam implementasi Smart City di Indonesia dengan mengintegrasikan teknologi dalam setiap aspek seperti tata kelola, kependudukan, kesehatan, pendidikan dan transportasi, dalam rangka meningkatkan mata pencaharian di perkotaan.