BAGIKAN

CSR Kewarganegaraan Digital

Article
kewarganegaraan-digital

Untuk membangun karakter dan kualitas sumber daya manusia yang baik agar dapat memanfaatkan internet secara positif dan produktif seiring dengan penggelaran jaringan broadband sampai ke pelosok negari dalam rangka mendukung gaya hidup digital masyarakat di seluruh penjuru negeri, kami menggelar kampanye #InternetBAIK di berbagai wilayah Indonesia.

#InternetBAIK merupakan sosialisasi dan edukasi cyber wellness mengenai pemanfaatan internet secara bertanggung jawab, aman, kreatif, dan inspiratif (BAIK) untuk menghindari dampak-dampak negatif dari internet seperti penyebaran pornografi, SARA, terorisme, eksploitasi anak, kecanduan online game, judi, hate speech, dan cyberbullying. Inisiatif #InternetBAIK meliputi rangkaian aktivitas workshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak dan remaja sebagai digital native pengguna internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping.

Sejak pertama kali diadakan pada 2016, edukasi #InternetBAIK telah dilakukan di 27 kota, melibatkan lebih dari 80 sekolah, 6.795 pelajar, 5.897 orangtua, guru, dan komunitas, serta 1.613 duta #InternetBAIK. Membekali masyarakat di berbagai wilayah Indonesia mengenai penggunaan internet BAIK guna membangun ekosistem digital yang positif dan konstruktif, serta dapat memberikan nilai tambah untuk mendukung kewarganegaraan digital.

Selain itu, seiring dengan gencarnya pembangunan jaringan untuk mendukung gaya hidup digital yang lebih efisien dan produktif, kami turut menaruh perhatian pada perkembangan ekosistem startup digital di Indonesia, melalui The NextDev yang diharapkan mampu melengkapi ekosistem startup digital. Aplikasi digital yang dikembangkan menyajikan solusi dari berbagai masalah di perkotaan maupun pedesaan, sehingga dapat memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Digelar setiap tahunnya sejak 2015, The NextDev senantiasa konsisten dalam melakukan pengembangan startup teknologi di Indonesia, khususnya early stage startup, untuk memperkuat dampak sosial yang mereka hasilkan. Lebih dari 5.000 aplikasi telah dihasilkan program The NextDev yang diharapkan mampu mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia agar merata dan berkelanjutan.

Tidak hanya itu, program The NextDev juga telah mendapatkan berbagai penghargaan berskala nasional dan internasional. Beberapa di antaranya adalah People Choice Award Asia Pasific Investment Summit 2018, Best of The Best Future Makers 2018, dan Best 5 Kategori Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs dalam Ajang Mobile World Congress 2019 yang diadakan di Barcelona.