Semua Alat Olahraga Ini Berbentuk Bola, Apa Bedanya?

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Ada banyak alat-alat olahraga yang berbentuk bola, tapi kita tahu bahwa bola-bola ini digunakan di berbagai jenis olahraga yang berbeda walaupun semuanya merupakan permainan bola besar. Dengan ukuran yang hampir mirip yaitu bola-bola besar, mereka ini ternyata mempunyai ukuran dan ciri yang bermacam-macam, lho

 

Sebelum itu, jenis-jenis bola yang ada di olahraga secara umum memang ada bermacam-macam. Dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Bola dengan ukuran kecil dapat kita lihat pada permainan tenis, golf, tenis meja, dan lainnya. Sedangkan, bola dengan ukuran besar biasa kita lihat pada sepak bola, bola voli, bola basket, futsal, dan sebagainya.

 

Telkomsel sudah merangkum berbagai perbedaan bola besar yang dimainkan sebagai alat olahraga di 4 (empat) olahraga yang berbeda. Berikut ini perbedaan jenis bola yang dimainkan pada sepak bola, bola voli, bola basket, dan futsal:

 

1. Sepak bola

Permainan bola besar sepak bola adalah olahraga yang terkenal di seluruh dunia. Menurut website Katadata yang melansir data dari WorldAtlas di tahun 2020, sepak bola memiliki jumlah penggemar hingga mencapai 4 miliar orang dan menjadi olahraga yang paling terkenal di seluruh dunia. 

 

Bola dalam permainan sepak bola memiliki ukuran rata-rata 68 hingga 71 cm. Berat dari bola dalam sepak bola itu sendiri yaitu sebesar 390-430 gram. Sedangkan, berat bola dalam permainan sepak bola yang sesuai standar FIFA yaitu 410 hingga 450 gram. Sedangkan, tekanan udara pada sebuah bola sepak sesuai ketentuan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) harus mencapai 1 satuan atmosfer (atm) atau sekitar 14,7 psi.

 

Baca Juga: Tonton Sepakbola dengan VideoMAX Kapan Saja di Mana Saja

 

2. Bola voli

Menurut regulasi resmi dari Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), bola voli memiliki diameter 65 cm hingga 67 cm. Berat bola voli mencapai 260 hingga 280 gram dengan tekanan udara dalam bola voli harus mencapai 0,30 hingga 0,325 kilogram per sentimeter persegi atau sekitar 4,26 sampai 4,61 psi. Perbedaan ukuran bola voli dan bola untuk sepak bola tidak terlalu jauh, tapi berat bola voli dan sepak bola sangat jauh berbeda. Inilah yang membedakan bola voli dan sepak bola. Selain itu, corak pada bola voli dibuat memiliki kombinasi warna terang.

 

3. Bola basket

Basket adalah permainan bola besar dengan cara menggiring bola hingga sampai ke dekat daerah lawan baru kemudian mencetak gol ke keranjang punya lawan untuk mendapatkan skor. Bola yang mudah untuk dipantulkan dibutuhkan pada jenis olahraga ini. 

 

Menurut Federasi Bola Basket Dunia (FIBA) yang dilansir di sebuah artikel Kompas, berat bola basket untuk pria dewasa adalah 580 hingga 620 gram dengan kelilingnya 75 hingga 77 cm. Ada pula ukuran-ukuran yang disesuaikan dengan kategori pengguna: pria dewasa, wanita dewasa, mini basketball, dan mini basketball yang lebih ringan. 

 

Bahan bola basket biasanya terbuat dari 3 jenis bahan dasar, yaitu kulit asli, kulit sintetis, dan karet. Bola basket berbahan karet biasanya digunakan di luar ruangan (outdoor), sedangkan bola basket berbahan kulit asli digunakan untuk pertandingan resmi dalam ruangan (indoor).

 

4. Futsal

Olahraga yang satu ini saking miripnya dengan sepak bola hingga membuat banyak orang tidak menyadari perbedaannya. Sebelum kita mengetahui perbedaan bola yang dipakai di 2 (dua) olahraga tersebut, apa perbedaan futsal dan sepak bola itu sendiri? 

 

Menurut sportstars, futsal dan sepak bola memiliki perbedaan pada ukuran lapangan, jumlah pemain, waktu permainan, peraturan off-side, dan pergantian pemain. Untuk satu tim sepak bola, dibutuhkan 11 orang, sedangkan tim futsal terdiri dari 5 orang. Ukuran lapangan futsal juga hampir 3x lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola.

 

Ukuran bola yang dimainkan pada sepak bola dan futsal juga berbeda. Menurut buku Mengenal Olahraga Futsal terbitan 2012 karya Maryati yang dikutip pada artikel Kompas, diameter bola futsal berukuran 62 hingga 64 cm, lebih kecil dibanding bola sepak yang berukuran 68 hingga 71 cm. Terlihat perbedaannya, kan? 

 

Baca Juga: Paket MAXstream SuperSoccer TV Hadirkan Live Streaming Liga Terbaik Dunia

 

Nah, apakah sekarang kamu sudah bisa membedakan antara satu bola dengan bola lainnya dalam permainan bola besar? Untuk pemula, mungkin masih sulit untuk membedakannya, tapi perbedaannya akan lebih mudah terlihat setelah kamu sering menggunakan bola-bola tersebut atau menontonnya dalam pertandingan olahraga.

 

Jika kamu penggemar permainan sepak bola atau olahraga lainnya, Telkomsel menyediakan paket bundling premium MOLA TV! Jadi, kamu bisa menonton pertandingan olahraga favoritmu di MOLA TV! Gunakan juga paket VIDIO dari Telkomsel untuk menonton pertandingan-pertandingan olahraga Indonesia pada ASEAN Para Games 2022. Untuk internet, pakai paket MAXstream dari Telkomsel supaya nontonnya bebas dan puas!

Paket Telkomsel Video