Manfaat Olahraga Tenis yang Sedang Banyak Digemari

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Instagram Story kamu isinya lagi tenis semua gak, nih? Yup, olahraga yang satu ini kayaknya memang lagi diminati sama banyak orang, terlebih lagi buat seru-seruan berolahraga bareng teman-teman. Selain menyenangkan, manfaat olahraga tenis juga ternyata banyak banget buat tubuh kamu, lho. 

 

Instagram Story kamu isinya lagi tenis semua gak, nih? Yup, olahraga yang satu ini kayaknya memang lagi diminati sama banyak orang, terlebih lagi buat seru-seruan berolahraga bareng teman-teman. Selain menyenangkan, manfaat olahraga tenis juga ternyata banyak banget buat tubuh kamu, lho. 

 

Olahraga tenis biasanya dilakukan oleh dua orang dengan memukul bola tenis menggunakan raket hingga melewati net. Setiap pemain diharuskan berlari dalam mengejar bola dan kemudian memukulnya kepada lawan. Ternyata, hal ini bermanfaat baik untuk mendukung kesehatan kardiovaskular sehingga jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang. Gerakan mengayun, berlari, dan memukul bola akan meningkatkan detak jantung dan secara otomatis akan membuat aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh juga meningkat. Jika dilakukan dengan rutin, hal ini dapat membuat sistem kardiovaskular bekerja dengan optimal.

 

Tak hanya itu, berikut beberapa manfaat olahraga tenis lainnya yang bisa kamu dapatkan;

 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Tenis merupakan salah satu kegiatan olahraga yang amat baik jika dilakukan oleh seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Ratusan kalori per jam dapat terbakar saat melakukan olahraga tenis tergantung dari intensitas permainan. Kamu juga bisa mengkombinasikan olahraga tenis dengan pola makan sehat sehingga hasilnya akan semakin efektif. 

 

  1. Memperkuat Otot
    Pada saat melakukan olahraga tenis, ada beragam gerakan yang mungkin tak disadari telah kamu lakukan. Gerakan-gerakan itu seperti mengayun, berlari, memukul, jongkok, meraih, dan gerakan lainnya. Gerakan-gerakan ini bisa melatih kelincahan tubuh sekaligus memperkuat otot. Selain itu, bermain tenis juga dapat melumasi sendi, meningkatkan kinerja tubuh, memperkuat otot serta tendon, dan mengurangi resiko cedera. Manfaat olahraga bagi tubuh memang hebat banget ya, guys!

 

  1. Mencegah Osteoporosis
    Pernahkah kamu berpikir kalau olahraga bisa meningkatkan resiko patah tulang? Hal ini merupakan salah besar ya, guys! Olahraga yang dilakukan dengan baik dan benar justru bisa membantu mencegah osteoporosis pada tulang. Berdasarkan laporan yang dijabarkan oleh National Institutes of Health, banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoporosis seperti senam angkat beban hingga tenis. Gerakan mengangkat raket dan mengayun saat ingin memukul bola membuat pertumbuhan tulang menjadi lebih kuat.

 

  1. Meningkatkan Keseimbangan
    Ada dua gerakan pukulan dalam olahraga tenis, yakni forehand dan backhand. Forehand biasa dilakukan dengan mengayunkan raket ke depan sedangkan backhand dilakukan dengan pukulan dari arah belakang. Nah, kedua gerakan ini sama-sama baik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh kamu. Ketika melakukan backhand, tubuh akan menyesuaikan agar tak jatuh saat mencondongkan tubuh, sedangkan gerakan mengayunkan raket saat forehand, akan membuat lengan dan kedua kaki berkoordinasi untuk menjaga keseimbangan. 

 

Baca juga: Deretan Startup HealthTech yang Bikin Akses Layanan Kesehatan Jadi Lebih Terjangkau

 

  1. Meningkatkan Vitamin D Dalam Tubuh
    Di masa seperti sekarang, vitamin D penting banget untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan juga melawan berbagai macam penyakit. Bermain tenis di lapangan terbuka akan membuat lebih banyak paparan sinar matahari yang kamu terima, sedangkan sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik bagi tubuh. Tapi ingat, semua akan menjadi baik jika kamu terima dengan secukupnya, ya. 

 

  1. Healing Sambil Seru-seruan Bareng Teman!
    Manfaat olahraga tenis yang gak kalah baik adalah healing sambil seru-seruan bareng teman. Bermain tenis juga bisa kamu jadikan ajang buat seru-seruan bareng teman atau bahkan bertemu dengan teman baru. Ketika kamu mengikuti klub latihan tenis tertentu, kesempatan bertemu dengan teman-teman baru pun menjadi semakin meningkat. Seru banget, kan? Sekalian healing deh, setelah sibuk beraktivitas selama seharian atau sepekan penuh. 


Selain tenis, masih banyak juga olahraga-olahraga seru lainnya yang bisa kamu coba. Nah, buat kamu yang mau cari tahu latihan olahraga seru lainnya langsung dari pakar atau ahli, ada Fita yang siap membantu kamu. Fita adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu menjalani hidup dengan lebih sehat. Mulai dari resep sehat, program diet, hingga video tutorial bersama pada ahli, semuanya ada di sini. Yuk, mulai hidup sehat kamu bareng Fita sekarang!

Beli paketnya