Hidup Sehat Bareng Fita, Aplikasi Kesehatan dari Telkomsel | Telkomsel
BAGIKAN

Hidup Sehat Bareng Fita, Aplikasi Kesehatan dari Telkomsel

Article
Hidup Sehat Bareng Fita, Aplikasi Kesehatan dari Telkomsel

“Badan kok rasanya lemas mulu, kenapa ya?” Nah, kalau kamu ngerasain gejala kayak gitu, mungkin kamu kurang olahraga tuh.

 

Udah akhir tahun 2021, masa iya sih kamu mau terus-terusan hidup nggak sehat? Ada banyak cara kok buat kamu menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari rutin berolahraga, konsumsi makanan yang bergizi, hingga tidur teratur. Intinya, sehat itu nggak mahal kok.

 

Kalau kamu tertarik untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat, cobain deh aplikasi terbaru dari Telkomsel, yakni Fita. Apa sih itu Fita? Apa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ya!

 

Apa itu Fita?

 

Fita adalah aplikasi mobile yang memberikan pengguna berbagai macam program gaya hidup sehat, konten-konten lokal yang relevan, dan juga ada banyak fitur yang bisa memotivasi kamu buat mencapai goal hidup lebih sehat. Aplikasi ini juga berhasil meraih Google Play Awards 2021 untuk kategori Best Hidden Gems.

 

Menurut CEO Fita Reynazran Royono, Fita hadir untuk membuat masyarakat Indonesia jadi lebih sehat lagi. Karena sebagian besar dari jumlah populasi penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta memiliki permasalahan kesehatan!

 

FYI, nih! Lebih dari 90 juta penduduk Indonesia punya masalah berat badan. Wah.. wah.. wah.. Reynazran mengatakan kalau masalah ini terus berlanjut, maka diproyeksikan ada sekitar 11 juta penduduk Indonesia yang menderita penyakit diabetes pada tahun 2030.

 

Baca Juga: Telkomsel Luncurkan Fita, Aplikasi Untuk Mendorong Masyarakat Hidup Sehat dengan Membangun Kebiasaan Baik

 

Kurangnya faktor penunjang

 

Kamu tahu nggak sih, kalau dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti China, India, dan Amerika Serikat, penggunaan ragam aplikasi kesehatan di Indonesia cukup berbanding terbalik. Di ketiga negara tersebut, masyarakat lebih banyak menggunakan aplikasi kesehatan yang sifatnya preventif atau pencegahan. Jumlah pengguna aplikasi telemedicine tercatat hanya mencapai 30%.

Sedangkan di Indonesia justru kebalikannya nih. Jumlah pengguna aplikasi telemedicine lebih banyak dari pengguna aplikasi preventif. Hal ini bisa diartikan kalau masyarakat Indonesia lebih banyak melakukan tindakan pengobatan daripada pencegahan. Tapi, itu bukan berarti masyarakat Indonesia nggak mau hidup sehat ya!

 

Reynazran memaparkan bahwa ada lebih dari 70 juta penduduk Indonesia yang ingin mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Namun sayang, faktor penunjang gaya hidup sehat yang tersedia masih kurang memadai, di antaranya:

  • Belum adanya konten yang localized
  • Kurangnya pemahaman atau bimbingan gaya hidup sehat
  • Perlunya motivasi terus menerus untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat

 

Fitur-fitur unggulan Fita

 

Berangkat dari permasalahan tersebut, akhirnya diciptakanlah aplikasi Fita. Kira-kira apa saja fitur yang ditawarkan aplikasi ini?

 

        Localized content

Selama ini aplikasi preventif atau bimbingan menuju gaya hidup sehat kebanyakan datang dari luar negeri. Kontennya pun akan berbeda dan kurang relevan sama keseharian masyarakat Indonesia. Nah, celah ini lah yang dimanfaatkan oleh Fita untuk menghadirkan konten-konten bermuatan lokal yang mudah dimengerti oleh masyarakat Indonesia.

 

Misalnya, konten dalam bentuk artikel yang sudah disesuaikan dengan konteks masyarakat Indonesia. Tidak hanya artikel tentang tips kesehatan, ada juga artikel inspirasi dari artis dan selebriti Indonesia yang sukses menerapkan pola hidup sehat. Menarik banget kan?

 

●       Personalized program

Yang namanya gaya hidup sehat harus dimulai sedini mungkin, mulai dari menghitung daily steps, menghitung asupan kalori, hingga mengikuti berbagai macam program yang disesuaikan dengan target yang ingin kamu capai. Sampai saat ini ada dua macam program yang ada di aplikasi Fita, yaitu program fitness dan penurunan berat badan.

 

Eits, bukan sekadar program biasa lho! Program di Fita terstruktur dan dirancang oleh sejumlah ahli atau pakar kesehatan dan juga professional coach yang sudah terakreditasi. Kamu tinggal terapin deh tugas-tugas apa saja yang diberikan setiap harinya untuk mencapai goal.

 

Baca Juga: Deretan Startup HealthTech yang Bikin Akses Layanan Kesehatan Jadi Lebih Terjangkau

 

●       Pencatatan jumlah kalori

Salah satu keunggulan dari aplikasi gaya hidup sehat adalah kemampuan untuk menghitung kalori dari setiap asupan makanan. Begitu juga di Fita, di mana kamu bisa menghitung kalori dari makanan atau minuman yang akan dan sudah kamu konsumsi di hari ini. Fita pun mengemas cara perhitungannya dengan mudah dan sederhana.

 

Cukup masukkan makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi, nantinya akan muncul perhitungan kalori per makanan atau minuman. Bahkan, kamu bisa lho secara spesifik memasukkan jenis makanan yang kamu makan, seperti ketoprak, ayam kecap, cap cay, es kopi susu, dan lainnya. Lengkap banget deh pokoknya. Jadinya kamu nggak perlu mengira-ngira lagi jumlah kalori dari makanan yang kamu konsumsi.

 

●       Healthy recipe and exercise plan

We are what we eat. Bener nggak? Tubuh kita akan membentuk atau merespons sesuai apa yang kita makan. Tapi tenang, di Fita kamu bisa menemukan berbagai macam resep makanan sehat yang bisa diterapkan di rumah. Bahkan ada video video tutorial memasaknya segala lho. Jangan takut bakal nggak enak, karena makanan sehat nggak selamanya nggak enak kok.

 

Di samping menjaga asupan makananmu, Fita juga memberikan berbagai macam exercise yang dirancang oleh pakar kesehatan. Semuanya sudah diatur sesuai dengan kebutuhan harianmu. Misalnya arahan untuk olahraga selama 30 menit, jalan sebanyak 2.000 langkah, sampai anjuran untuk minum 8 gelas air putih setiap hari. Masih kurang? Kamu juga bisa mengikuti program 21 Days Transformation yang dirancang oleh binaragawan Ade Rai.

 

Nah, itu dia tadi beberapa penjelasan mengenai aplikasi Fita dan kegunaannya. Selain yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa fitur unggulan, seperti misalnya konsultasi dan semua hal terkait workout hingga bebas akses ke semua artikel kesehatan. Menarik kan?

 

Daripada penasaran langsung aja download aplikasi Fita di Google Play Store dan App Store.