Dampak Positif Film Kartun Anak-anak

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang apa saja dampak dari film kartun anak-anak? Ternyata, film kartun anak-anak berdampak positif, lho! Selain menghibur, ada juga pendidikannya. Menarik, bukan?

 

Film kartun memang biasanya dibuat untuk anak-anak. Dalam film kartun, karakter-karakter terlihat menggemaskan sehingga cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Walaupun begitu, ada juga film kartun yang ditujukan untuk umur 7 (tujuh) tahun ke atas. Salah satu faktornya adalah karena alur yang ada pada film kartun itu mungkin akan sulit dipahami untuk anak-anak di bawah umur. Bahkan, banyak juga film kartun yang bisa dinikmati oleh orang-orang dewasa karena ceritanya yang relatable dengan kehidupan dan pesan-pesannya yang mendalam.

 

Maka dari itu, walaupun film yang ditonton berupa film animasi, kamu dan para orang tua juga perlu sambil mendampingi anak-anak atau adik-adikmu. Ini supaya apabila terasa ada bagian-bagian yang akan sulit dimengerti bagi anak, kamu bisa mengatur bagian-bagian yang bisa ditonton oleh anak sesuai dengan umurnya.

 

Baca Juga: MAXstream Rilis “Mengejar Surga”, Film Orisinal Tentang Perjuangan Seorang Anak untuk Menemukan Ayah Kandung yang Dirindukan

 

Film kartun memiliki dampak-dampak positif untuk perkembangan anak bila sambil didampingi oleh para orang tua. Berikut ini 4 (empat) dampak positif film kartun pada anak:

 

1. Perkembangan kognitif

Anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan kognitif bisa terbantu dengan menonton film kartun. Salah satu perkembangan kognitif yang bisa didapat adalah penalaran terhadap sesuatu. Dengan menonton film kartun, penalaran anak bisa diasah melalui permasalahan yang dihadapi karakter dalam film kartun, sehingga anak bisa sambil mencari solusi lain yang mungkin bisa dilakukan oleh karakter.

 

2. Perkembangan bahasa

Ketika menonton film kartun, anak-anak dilatih untuk mendengarkan percakapan antara karakter kartun. Untuk anak-anak yang masih pada umur belajar bicara, hal ini akan sangat membantu perkembangan bahasa anak. Anak bisa mendapatkan kosakata baru dari film kartun yang belum pernah ia dengar dalam kesehariannya. 

 

Tapi perlu diingat, pemilihan film kartun untuk ditonton anak sangat penting karena anak bisa mengikuti perilaku maupun perkataan dari karakter yang ada. Sehingga, kamu harus memilih film kartun yang karakternya berperilaku baik dan berkata-kata dengan baik serta sopan supaya anak-anak pun meniru perilaku dan kata-kata yang baik serta sopan.

 

3. Kreativitas

Manfaat film kartun untuk anak yang selanjutnya yaitu meningkatkan kreativitas pada anak. Dengan melihat interaksi karakter-karakter yang ada di film dan solusi apa yang mereka lakukan, anak bisa memunculkan ide sendiri sebagai solusi dari masalah yang dihadapi karakter film kartun. Ini hampir mirip dengan penalaran, bedanya yaitu pada bagian kreativitas pada anak yang lebih terasah.

 

Misalnya, pada film kartun Dora, karakter utama perempuan bernama Dora bertanya kepada penonton tentang apa yang dilihat oleh penonton. Anak-anak akan dengan sendirinya menjawab pertanyaan Dora sehingga kreativitas mereka bisa terasah.

 

4. Pendidikan

Terkadang, ada film kartun yang memasukkan unsur-unsur sejarah yang bisa kamu maupun anak pelajari. Tipe kartun seperti ini akan menjadi sarana pendidikan untuk anak belajar. Ia juga bisa belajar tentang tradisi dan budaya di suatu daerah atau negara melalui film kartun. Misalnya, ketika ia sedang menonton film kartun yang berasal dari Amerika, ia bisa belajar budaya Amerika. 

 

Pendidikan agama juga bisa diberikan dalam film kartun anak-anak. Contohnya yaitu film Nussa yang mengajarkan tentang Agama Islam kepada penonton sekaligus memberikan hiburan dari segi cerita. Anak juga bisa belajar pesan moral dari setiap film kartun yang ia tonton, seperti berbakti kepada orang tua, saling menyayangi dengan keluarga, dan lain sebagainya.

 

Untuk melakukan riset lebih dalam lagi di internet mengenai dampak-dampak positif film kartun pada anak, kamu bisa pakai paket Internet Sakti atau paket Combo Sakti dari Telkomsel. Untuk dapat menonton film-film kartun untuk anak, kamu bisa pakai paket Vidio, Disney+ Hotstar, dan VIU dari Telkomsel. Dengan langganan paket-paket MAXstream dari Telkomsel tersebut, kamu sudah bisa menikmati film-film yang ada disana. Banyak pilihan film kartun menarik yang bisa jadi pilihanmu dan keluarga untuk ditonton bersama. Gimana? Ternyata film kartun dampak positifnya banyak ya! Tapi tetap harus sambil didampingi yaaa nontonnya! 

 

Baca Juga: Pentingnya Peran Orangtua untuk Keamanan Internet Anak

 

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

Paket Telkomsel Video