7 Film Untuk Mengenal Apa itu Hacker, Terbaik Sepanjang Masa

7 Film Untuk Mengenal Apa itu Hacker, Terbaik Sepanjang Masa

 

Berita tentang Bjorka, hacker yang mengklaim udah mengumbar lebih dari 1 miliar data registrasi simcard masyarakat Indonesia, hingga kini masih hangat terdengar. Jadi sebenarnya apa itu hacker?

 

Singkatnya, hacker adalah seseorang yang ahli dalam pemrograman dan mampu membobol sistem keamanan pada jaringan komputer. Ini misalnya jaringan komputer suatu perusahaan, instansi, organisasi, dll. 

 

Tujuan hacker bisa bermacam-macam, sehingga Anda yang disebut hacker baik dan hacker jahat. Walaupun meresahkan tapi nggak sedikit orang yang kagum dengan kecerdasan hacker, bahkan sampai memproduksi film tentang aktivitas sibernya itu.

 

Berikut rekomendasi film terbaiknya.  

 

Rekomendasi Film Tentang Hacker Terbaik

Agar kamu mendapat gambaran tentang profesi tersebut, berarti kamu wajib menonton film-film ini. 

 

1. Algorithm (2014)

Film ini mengisahkan tentang toko utamanya, Edward Snowden dan Will yang membocorkan dokumen rahasia demi membuktikan tindak spionase NSA. Will sendiri adalah seorang hacker yang berhasil membobol masuk ke jaringan komputer rahasia pemerintah.

 

Setelah berhasil meretas sistem tersebut, Will selanjutnya mengunduh seluruh program top secret yang baru dikembangkan.

 

2. The Matrix (1999)

Di sini Neo atau yang bernama asli Thomas Anderson (Keanu Reeves) dikisahkan memasuki dunia baru Matrix yang nggak nyata. Pada masa itu manusia pun sebenarnya nggak hidup dalam realitas nyata melainkan simulasi.

 

Dunia baru ini adalah buatan robot untuk memanipulasi pikiran manusia, sementara robot jahat itu memeras sumber energi umat manusia.

 

Neo yang mengetahui fakta tersebut akhirnya bergabung dengan kelompok pemberontak, yaitu manusia-manusia lain yang berhasil bebas dari Matrix. Aktivitas hacking yang patut di-highlight pada film ini adalah teknik phising yang luar biasa canggih. 

 

3. The Italian Job (2003)

Film ini sebenarnya nggak melulu mengangkat tentang hacker, namun dapat memberi gambaran bagaimana cara kerja peretasan.

 

Tokoh utama pada film ini adalah Lyle, seorang hacker yang mampu membobol sistem kontrol lalu lintas kota. Dengan begitu dia dapat mengendalikan seluruh lalu lintas di kota dan “membersihkan” jalan agar teman-teman komplotan pencurinya bisa kabur dengan  mobil.

 

Aktivitas Lyle ini memberi bayangan tentang hacker topi hitam. Black hat hacker adalah orang yang membobol suatu sistem dengan motif untuk mendapatkan keuntungan secara ilegal.

 

4. Blackhat (2015)

Film yang dibintangi Chris Hemsworth ini mengisahkan tentang karakter Nicholas Hathaway, seorang hacker black hat yang jadi narapidana.

 

Film ini dimulai dengan peristiwa serangan siber ke Chicago Mercantile Trade Exchange. Karena nggak ada seorang ahli pun yang sanggup menghentikannya, FBI akhirnya membawa Nicholas Hathaway untuk menanggulangi serangan digital tersebut.

 

5. CitizenFour (2014)

Film yang mendapatkan skor 96% dari Rotten Tomatoes ini sangat layak untuk kamu tonton, terutama yang tertarik dengan dunia retas-meretas. Tokoh utama pada film ini adalah Edward Snowden yang melakukan jumpa pers untuk mengungkapkan tentang program rahasia pemerintah demi memperingatkan masyarakat. 

 

Sebelumnya dia menemukan fakta mengenai pengawasan massal oleh pemerintah Amerika Serikat. Bagaimana dia dapat mengakses informasi tersebut, karena sebelumnya Snowden bekerja sebagai infrastructure analyst di National Threat Operations Center.

 

Di sanalah dia menemukan aktivitas pengumpulan data yang mencurigakan oleh pemerintah Amerika dan memutuskan membongkarnya.

 

6. Who am I (2014)

Film ini berawal dengan adegan Benjamin Engel di ruang interogasi kantor polisi untuk memberi informasi mengenai kelompok hacker Rusia terkenal yang bernama FR13NDS. Sebagai imbalannya dia menuntut perlindungan saksi. 

 

Kemudian, Benjamin mulai bercerita tentang kisah hidupnya yang hanya seorang anak yatim piatu dan bekerja sebagai pengantar pizza demi memenuhi kebutuhan hidup. Dia adalah orang yang nggak pernah menonjol, menarik perhatian siapapun, dan cenderung diabaikan.

 

Hingga akhirnya Benjamin terjun dalam dunia hacking dan membentuk gang peretas yang disebut CLAY (Clowns Laughing At You). Kelompok ini juga menggunakan rumah Benjamin sebagai basis operasi.

 

7. WarGames 

Latar belakang kisah ini adalah Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang tengah bergolak pada waktu itu.

 

Cerita berawal dari NORAD (North American Aerospace Defense Command) yang mendesain superkomputer bernama WOPR (War Operation Plan Response). Fungsinya adalah untuk menghilangkan resiko human error.

 

Sementara di tempat lain, seorang siswa cerdas bernama David (Matthew Broderick), adalah peretas amatir yang aktivitas hacking-nya hanya berkutat pada memanipulasi nilai teman-temannya pada sistem komputer sekolah.

 

Suatu saat David yang membobol sistem perusahaan pengembang game entah bagaimana tiba-tiba terhubung dengan WOPR. Secara nggak sadar David mulai memainkan simulasi Perang Dunia III dan ini memicu tuduhan kepada Soviet berencana akan menyerang Amerika.

 

Selain peretas black hat, yang banyak jadi tema film-film di atas, ada juga yang namanya white hat hacker. Apa itu white hat hacker, yaitu peretas yang bekerja secara legal untuk menemukan celah sistem keamanan yang beresiko dibobol.

 

White hat hacker Indonesia, atau dimana pun biasanya direkrut oleh perusahaan atau instansi untuk menguji tingkat keamanan sistem mereka. Dengan begitu perusahaan dapat mengantisipasi serangan siber dari pihak luar.

 

Penutup

Sekarang kamu udah dapat bayangan tentang apa itu hacker, kan? Untuk menonton film-film di atas kamu bisa langganan paket MAXStream Telkomsel dan dapatkan kuota streaming film melimpah. Yuk cek cara aktivasinya sekarang.

 

Baca juga: Rekomendasi Film - Menghabiskan Akhir Pekan di MaxStream

Paket spesial untuk Anda