Telkomsel | 10 Agustus 2020
0 shares

Memerdekakan Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

Memerdekakan Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

Perjalanan sebuah bangsa memiliki keunikan tersendiri. Selalu ada peristiwa yang menyimpan potensi manfaat besar untuk membawa kemajuan bagi seluruh lapisan masyarakat di mana pun mereka berada. Ketika upaya penuh dikombinasikan dengan teknologi yang terus berevolusi, tercipta satu pilar yang menjadi penanda kemajuan bangsa. Hal itu yang terjadi di Indonesia saat Telkomsel lahir.

Dalam sebuah peradaban, selalu ada upaya besar untuk memperbaiki kualitas hidup. Begitu juga perihal telekomunikasi yang membutuhkan kualitas pengembangan jaringan yang luas. Perkembangan jaringan Telkomsel sendiri terus dilakukan dalam perjalanan 25 tahun hingga kini. Ya, berdiri sejak tahun 1995, Telkomsel menjadi penyedia jaringan berteknologi terdepan untuk melayani kebutuhan aktivitas digital masyarakat.

Kunci utama dari dampak nyata pembangunan telekomunikasi adalah kontribusi  yang  terus dilakukan setiap waktunya. Telkomsel sadar bahwa harus ada kontribusi yang maksimal dari sisi infrastruktur, jaringan, dan teknologi. Untuk itulah, Telkomsel mencoba berevolusi dan melihat secara luas untuk menyediakan akses komunikasi yang merata sehingga masyarakat bisa lebih produktif dan maju.

Membangun Negeri Melalui Infrastruktur

Dalam tiap titik perjalanan, Telkomsel terus berupaya memperluas cakupan, menambah kapasitas, dan meningkatkan kualitas jaringan. Komitmen penuh itu ditunjukkan ketika Telkomsel berhasil melayani 27 provinsi di seluruh Indonesia pada tahun 1997. Seiring berjalannya waktu, Telkomsel terus mengembangkan teknologi seluler sesuai perkembangan terkini secara global.

Baca Juga: Potensi Pemanfaatan Teknologi 5G untuk Transformasi Digitalisasi Industri di Indonesia

Dimulai dari layanan 2G yang mampu menghubungkan masyarakat lewat SMS dan telepon, 3G yang menawarkan layanan video call serta streaming video, hingga 4G yang mendorong penggunaan berbagai aplikasi di smartphone. Sekarang masyarakat bisa mengakses internet dengan cepat dan mudah, menggunakan beragam aplikasi yang menunjang produktivitas dan menikmati hiburan kapan pun dan di mana pun. Saat ini, Telkomsel sedang mengembangkan 4.9G untuk menuju 5G yang memampukan berbagai use case yang membuat proses bisnis melaju lebih kencang.

Tidak hanya dari sisi perkembangan teknologi jaringan saja, Telkomsel juga fokus  pembangunan infrastruktur. Tidak dapat dimungkiri, infrastruktur sangat penting dalam dunia telekomunikasi. Apalagi jika berbicara mengenai Indonesia. Sebagai negara kepulauan, memiliki daerah pegunungan yang cukup banyak, dan luas daerah yang besar, kondisi geografi Indonesia bisa dinilai menyulitkan perkembangan infrastruktur. Dengan kondisi ini, harus ada keberanian dalam menyediakan infrastruktur telekomunikasi yang mampu menjangkau seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Walaupun ada berbagai rintangan dari sisi geografis, Telkomsel percaya bahwa dengan pemerataan infrastruktur, maka masyarakat bisa lebih maju dan berdaya. Loyalitas Telkomsel ditunjukkan dengan menggelar lebih dari 228.000 base transceiver station (BTS), termasuk di antaranya 178.000 BTS broadband yang mampu menghadirkan layanan 3G dan 4G yang telah menjangkau 95% wilayah populasi masyarakat.

Ditambah lagi dengan pembangunan BTS universal service obligation (USO) yang menjadi bagian dari program pemerintah pusat untuk memberikan akses jaringan telekomunikasi ke wilayah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). Hingga akhir tahun 2020, diharapkan 1.083 BTS USO akan terkoneksi jaringan 4G LTE. Kontribusi infrastruktur Telkomsel dalam pembangunan BTS USO menandakan bahwa saat ini yang paling penting adalah kemajuan bangsa sehingga bisa merdeka sinyal serta menaikkan kualitas hidup masyarakat luas.

Menghilangkan Hambatan, Memerdekakan Masyarakat

Kesuksesan Telkomsel dalam menghubungkan setiap wilayah di seluruh Indonesia mampu menaikkan standar hidup masyarakat dengan pendekatan teknologi. Masyarakat bisa menyiapkan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kemudian, persaingan global yang ketat bisa dijawab masyarakat Indonesia yang sudah mampu bersaing berkat infrastruktur dan jaringan Telkomsel. Keterbukaan informasi juga dirasakan oleh masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air. Mereka bisa tahu informasi terbaru dan penting pada hari yang sama berkat koneksi jaringan yang cepat.

Baca Juga: Patriot Desa Digital Memberdayakan Ekonomi Masyarakat dengan Teknologi

Di luar itu, roda perekonomian juga bisa bergerak maju. Sektor-sektor industri yang dipandang kuno dan tidak bisa dikombinasikan dengan teknologi menjadi lebih besar lagi berkat hilangnya hambatan melalui jaringan telekomunikasi digital. Transaksi ekonomi menjadi serba digital sehingga semua orang bisa berjualan secara daring (online). Sekarang para petani bisa menjual hasil panen mereka dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) mampu menjual produk mereka hingga ke berbagai daerah.

Segala bentuk usaha optimal yang diberikan Telkomsel telah membentuk Indonesia yang lebih maju di berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan. Namun, sebagai perusahaan telekomunikasi digital, upaya Telkomsel tidak cukup sampai di sini saja. Telkomsel selalu meningkatkan dan memperbaharui  infrastruktur, teknologi, dan jaringan yang pada akhirnya mampu memperkuat dan memberdayakan masyarakat, untuk bersama-sama memajukan Indonesia.