Telkomsel | 11 November 2020
1 shares

5 Tips Agar #SamaSamaAman dan #TerusAman di Internet

5 Tips Agar #SamaSamaAman dan #TerusAman di Internet

Apa yang kamu harapkan saat beraktivitas seperti bekerja, belajar, atau menikmati layanan entertainment menggunakan internet? Atau saat menggunakan aplikasi seperti TikTok? Tentu saja, faktor keamanan dan kenyamanan pengguna menjadi sebuah keharusan, terlebih di era yang semuanya terkoneksi dengan digital.

Di sisi lain, berbagai macam kasus serangan siber yang terjadi di Indonesia serta penelitian yang dilakukan oleh CfDS (Center for Digital Society), pusat studi yang didirikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, mengungkapkan bahwa tingkat kompetensi pengguna teknologi di Indonesia masih berada pada tingkat dasar (basic) dan menengah (intermediate).

Untuk itu, literasi digital menjadi langkah penting untuk memberdayakan masyarakat digital di Indonesia agar terhindar dari serangan siber serta risiko keamanan di internet. Lantas, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar aman dan nyaman saat sedang menggunakan internet? Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Pilih platform yang menunjukkan komitmen menjaga keamanan digital pengguna

Pastikan kamu sudah memilih platform yang punya komitmen untuk melindungi pengguna dari ancaman siber. Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu dapat mengecek ketersediaan pusat layanan keamanan (Safety Center) yang ada pada platform. Melalui Safety Center, kamu akan mendapatkan panduan dan informasi yang diperlukan tentang langkah yang digunakan oleh platform tersebut untuk memastikan keamanan pengguna.

2. Cek data apa saja yang diminta platform

Pada umumnya, setelah mengunduh platform dan pertama kali membuka aplikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan data pribadi. Misalnya nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi. Bersikap cermat saat mengisi data pribadi adalah pilihan yang bijak. Waspada terhadap risiko penyalahgunaan data, apabila platform meminta beberapa data yang tidak wajar atau terlalu rahasia, seperti meminta nomor PIN kartu kredit dan informasi privasi lainnya.

3. Cari tahu apakah platform punya Panduan Komunitas (Community Guidelines)

Panduan Komunitas atau Community Guideline digunakan untuk menjaga komunitas selalu positif dan kreatif, terhindari dari individu/organisasi berbahaya, scam/penipuan digital, peretasan data pribadi, dan lainnya. Selain itu, dengan adanya Panduan Komunitas, kamu punya pedoman tentang konten apa saja yang boleh dan tidak boleh diunggah ke dalam aplikasi atau platform sehingga pastikan bahwa platform yang kamu gunakan sudah punya Panduan Komunitas. Kebijakan yang ada di dalam Panduan Komunitas akan selalu diperbarui sesuai kondisi yang terjadi di masing-masing negara.

4. Pastikan platform berkomitmen menyediakan transparansi bagi keamanan bersama

Kamu dapat memastikan bahwa platform yang digunakan melindungi pengguna dari ancaman siber dan berupaya untuk terlibat dalam membangun komunitas yang sehat dan terlindung. Cirinya yaitu platform secara proaktif menghadirkan transparansi dalam menjaga keamanan penggunanya.

5. Pastikan kepemilikan kendali ada di tangan pengguna

Keamanan digital sepenuhnya dikendalikan oleh penggunanya. Untuk itu, kamu dapat selektif dalam menggunakan platform karena punya hak atas akun pengguna. Platform yang aman akan memberi kebebasan pengguna untuk memiliki kontrol dalam mengatur akun pribadinya, memilih preferensi konten, maupun jejaring sosial pribadi dalam penggunaan layanan tersebut. Yang dimaksud kebebasan pengguna dalam mengatur akun antara lain, mengatur siapa saja yang bisa melihat konten dan berkomentar, menyaring kata kunci yang sensitif, dan melaporkan konten lain yang dianggap berbahaya.

5 Tips Agar #SamaSamaAman dan #TerusAman di Internet

Telkomsel dan TikTok menjadi contoh perusahaan dan aplikasi yang menunjukkan komitmen dalam menjaga keamanan berinteraksi penggunanya di internet. Telkomsel, misalnya, menghadirkan fitur Magic Link yang merupakan tautan khusus yang tidak berfungsi jika diteruskan (di-forward). Fitur ini berguna untuk menghindarkan pelanggan dari penipuan bermodus one-time password (OTP), sehingga pelanggan dapat login aplikasi MyTelkomsel dengan lebih aman. Sementara itu, TikTok memiliki Safety Center serta Panduan Komunitas yang kerap disosialisasikan dalam setiap kegiatannya, dengan tujuan pengguna lebih bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan platform agar tetap aman dan nyaman bagi semua pengguna.

Dengan membaca 5 tips berperilaku aman saat menggunakan internet di atas, secara tidak langsung kamu turut mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan serta lingkungan digital yang sehat. Yuk, terapkan dari sekarang! #SamaSamaAman #TerusAman


Related Blogs