Sejarah, Asal Muasal Permainan XOX & Perkembangannya saat Ini

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Dalam kondisi tertentu, kamu pasti pernah merasa bad mood atau bingung mau ngapain, kan? Salah satu pilihan paling manjur untuk me-refresh otak adalah bermain game, seperti permainan XOX.

 

FYI, ternyata game sudah populer sejak zaman dulu lho, karena dulu permainan ini memiliki sebutan lain yaitu Tic Tac Toe. Nggak heran, kalau ternyata banyak orang tuamu yang juga mengenalnya.

 

Sejarah Permainan XOX

Karena ini sebenarnya adalah permainan kuno, artinya sebagai generasi penerus kamu patut bersyukur bisa mewarisi permainan turun-temurun. Sejarah mencatat, konon asal permainan Tic Tac Toe adalah dari Kekaisaran Romawi.

 

Menurut perkiraan, game ini udah ada semenjak abad ke-1 sebelum Masehi dan masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Terni Lapili. Namun ada juga yang berpendapat, jika game ini berasal dari Mesir Kuno.

 

Kemudian sekitar tahun 1858, ada sebuah jurnal bertajuk “Notes and Queries” membahasnya dengan nama “Nought and Crosses”. Simpang siur berita tersebut membuat sejarah Tic Tac Toe terkesan nggak begitu jelas.

 

Namun, kondisi tersebut seolah nggak memengaruhi minat masyarakat untuk bermain XOX. Faktanya, permainan ini berhasil masuk dalam jajaran koleksi video game pada tahun 1952 oleh Sandy Dougleas.

 

Dua puluh tahun kemudian, tepatnya 1975 Tic Tac Toe resmi rilis sebagai game di perangkat komputer. Sampai sekarang, kamu masih bisa melihatnya di Boston lho, tepatnya pada Museum of Science.

 

Baca Juga: Beli Paket, Dapat Voucher GoPay Hingga 100ribu!

 

Asal-usul Nama Tic Tax Toe

Sejarahnya yang panjang membuat permainan ini punya banyak nama di berbagai belahan dunia. Selain Terni Lapili dan Naught & crosses, ada juga yang menyebutnya dengan Tit-Tat-Toe, Xsie Osies, Exy Ozys, sampai X’s & O’s.

 

Di Indonesia sendiri, mayoritas masyarakat mengenalnya dengan sebutan Catur Jawa. Lantas, bagaimana bisa XOX punya nama Tic Tac Toe yang masih aja terkenal sampai sekarang?

 

Usut punya usut, penamaan Tic Tac Toe sebenarnya berasal dari sebuah game berbeda yang kini udah nggak ada. Konon, game tersebut merupakan permainan lempar pensil ke arah papan tulis yang udah ada angkanya.

 

Angka yang menjadi tempat jatuhnya pensil, masuk ke penghitungan skor. Beberapa sejarawan percaya, jika nama permainan ini adalah Tit-Tat-Toe, karena sesuai dengan suara jatuhnya pensil.

 

Hanya saja untuk meningkatkan kepopuleran game, maka namanya diubah biar “berbau” Amerika dan jadilah Tic Tac Toe. Tujuan sebenarnya cukup mulia, yakni agar permainan tetap populer meski udah tertelan zaman.

 

Variasi Permainan XOX

Game XOX termasuk permainan asah otak dan strategi, sehingga banyak yang memainkannya. Dulu, orang-orang bermain menggunakan kertas dan membuat 9 grid atau 3 x 3 dengan pensil.

 

Namun seiring perkembangan teknologi, kamu juga bisa memainkannya melalui komputer maupun HP. Menariknya, saat ini game XOX juga udah punya berbagai variasi, seperti:

 

1. Misere Tic Tac Toe

Rekomendasi permainan XOX berdua yang pertama adalah Misere Tic Tac Toe. Persis seperti versi asli, tetapi di sini kamu harus bisa paksa lawan untuk membentuk barisan lebih dulu. Sebab, siapa yang kalah justru dialah sang pemenangnya.

 

2. Wild Tic Tac Toe

Jenis XOX yang satu ini juga nggak jauh beda dengan aslinya, hanya saja kamu bisa menjadi X maupun O. Jadi, siapa pun yang bisa membentuk barisan pertama kali berhak jadi pemenang.

 

3. Piramida Tic Tac Toe

Sesuai namanya, grid dalam permainan ini berbentuk piramida dengan susunan 5-3-1. Selebihnya nggak jauh beda, kamu tetap harus bisa membentuk barisan lebih dulu untuk bisa memenangkan permainan.

 

4. Gomoku

Nggak main-main, grid dalam permainan ini berjumlah 15x 5. Untuk menang, kamu harus mendapatkannya 5x berturut-turut. Kalau ada 6 di dalam barisan, maka nggak akan masuk hitungan.

 

Trik Main XOX

Dari keempat variasi di atas, mana yang menjadi favoritmu? Jangan buru-buru ambil keputusan, kalau kamu belum mencobanya. Tenang aja, di bawah ini adalah beberapa tips umum untuk menjadi the winner:

 

1. Mulai dengan Sudut

Kalau kamu mendapat giliran pertama, letakkanlah X di salah satu sudut, agar lawan membuat kesalahan. Dengan begitu, kamu bisa mengantongi 90% kemenangan sejak awal permainan.

 

2. Tetap Tenang Menunggu Momen

Seandainya lawanmu menaruh O di bagian tengah, jangan buru-buru panik. Tunggu dan bersabarlah sampai dia membuat kesalahan atau bisa kamu atasi melalui langkah kedua dengan cara:

 

  • Buat tanda X pada sudut yang berlawanan dengan langkah pertama, agar susunannya jadi XOX. Jika lawan menaruh O di sudut lain, kamu punya peluang menang sangat besar
  • Kamu juga bisa meletakkan X kedua di grid pinggir, tapi bukan sudut dan jangan sentuh yang pertama. Kalau lawan nggak tepat menaruh O, artinya kamu masih punya peluang untuk menang

 

3. Hati-Hati dengan X Ke-3 dan 4

Ketika melihat ada 2 X berurutan, lawan pasti akan berusaha untuk memblokirnya. Cara mengatasinya adalah dengan meletakkan X ke-3 di grid kosong yang berada sejajar dengan X 1 dan 2.

 

Apabila langkah tersebut benar, kamu akan memperoleh dua grid kosong untuk X. Di mana jika kamu menaruh X yang ke-5, maka kemenangan adalah jawabannya. Sebab, lawan udah nggak bakal mampu untuk memblokirnya lagi.

 

Lagi seru-serunya bertanding di permainan XOX, tapi jaringan internet malah lelet? Masalah seperti ini nggak akan terjadi lagi, karena Combo Sakti by Telkomsel punya jaringan stabil di seantero negeri. Ada banyak kuota internet yang bisa kamu pilih suka-suka, lho.

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda