Lebih Untuk Mana, Investasi Saham Online atau Bunga Deposito?

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Banyaknya instrumen investasi terkadang membuat para calon investor bingung untuk mempertimbangkan yang mana. Sebut saja investasi saham dan deposito yang saat ini menjadi pilihan banyak orang belakangan ini.

 

Untuk kamu yang bingung menentukan saham atau deposito, kami di sini coba merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan dua instrumen tersebut. Silahkan cek informasi ini hingga selesai agar bisa menjatuhkan pilihan pada investasi yang tepat.

 

Investasi Saham VS Deposito

Sebelum mendaftar di aplikasi investasi saham, pertama-tama kenali terlebih dahulu seluk-beluk instrumen tersebut. Karena baik saham maupun deposito, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

 

Pelajari apa yang menjadi kekurangannya lalu pahami kelebihannya, dengan begitu kamu bisa menentukan instrumen mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah perbandingan keduanya.

 

Baca Juga: Telco Big Data Buka Lebih Banyak Peluang Bisnis Kian Berkembang

 

1. Keuntungan dan Kekurangan Investasi Saham

Pertama-tama, kami akan coba memaparkan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan saham. Penilaian ini akan membantu kamu membangun pengetahuan sebagai cara investasi saham pemula agar tidak kesulitan saat menjalankannya.

 

Keuntungan

Pertama-tama, kami akan coba bahas dari keuntungannya terlebih dahulu. Ada beberapa keuntungan dari investasi saham. Namun di sini kami hanya mengulas dua poin keuntungan yang menjadi alasan kenapa harus memilihnya.

 

  • Dividen

Keuntungan pertama, yaitu dividen yang artinya sistem pembagiannya sesuai dengan keuntungan perusahaan. Sederhananya, pendapatan keuntungan yang kamu peroleh dari saham tergantung dari keuntungan perusahaan.

 

Jika perusahaan tempat kamu menanamkan modal mengalami keuntungan yang tinggi, maka kamu juga bisa mendapatkan keuntungan tinggi juga.

 

  • Capital Gain

Pemegang saham suatu perusahaan bisa menentukan harga jual sahamnya. Bahkan seorang pemegang saham bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya.

 

Kerugian

Biar berimbang, kami juga akan menjelaskan dua kekurangan dari saham. Berikut adalah kekurangan-kekurangannya.

 

  • Capital Loss

Istilah capital loss merupakan kebalikan dari capital gain. Istilah ini mengacu pada kerugian dari perusahaan yang berdampak pada profit yang kamu peroleh.

 

Ketika mengalami capital loss, maka secara otomatis investor juga akan mengalami kerugian. Sederhananya, jika perusahaan untung maka kamu juga untung, jika perusahaan rugi, maka kamu juga akan mengalami kerugian.

 

  • Suspend

Investasi saham online maupun offline juga berisiko terkena suspensi atau suspend. Istilah ini mengacu pada penghentian sementara perdagangan saham.

 

Suspensi umumnya melalui intervensi dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Tujuannya sendiri yaitu untuk mendorong perdagangan efek terselenggara secara efisien dan teratur. Namun di sisi lain juga merugikan bagi investor.

 

2. Keuntungan dan Kekurangan Deposito

Setelah mengenal keuntungan dan juga risiko dari saham, berikut kami juga sudah merangkum untuk deposito. Sama seperti sebelumnya, ada dua kelebihan dan dua kekurangan fundamental yang juga kami bahas di sini.

 

Keuntungan

Pertama-tama, mari kita kenali terlebih dahulu keuntungannya. Ada dua keuntungan yang coba kami paparkan di sini, berikut adalah ulasannya.

 

  • Keamanan Terjamin

Deposito merupakan produk dari lembaga keuangan atau perbankan yang kredibel. Hampir semua bank ternama menawarkan produk ini. Itulah yang menjadi kelebihannya sebagai instrumen yang aman dan terjamin.

 

Kamu hanya tinggal memilih deposito dari lembaga keuangan yang kredibel dan juga sudah dipantau oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

  • Risiko Rendah

Instrumen yang satu ini masuk ke dalam kategori penanaman modal dengan tingkat risiko yang rendah. Cocok untuk para pemula yang baru terjun di dunia penanaman modal. Bahkan, menurut beberapa pakar , deposito nyaris tanpa risiko.

 

Meskipun memiliki tingkat risiko yang rendah, namun kamu tetap harus memperhatikan aspek lainnya. Salah satunya yaitu memilih lembaga keuangan yang kredibel saat berencana berinvestasi.

 

Kekurangan

Sama seperti saham, pada dasarnya deposito juga punya beberapa kekurangan. Berikut sudah kami rangkum juga apa saja kekurangannya.

 

  • Keuntungan Rendah

Sesuai dengan karakter penanaman modal dengan tingkat risiko rendah lainnya, deposito juga punya keuntungan yang sama rendahnya. 

 

Kekurangan ini sesuai dengan karakter penanaman modal. Intinya, jika risikonya rendah, keuntungannya pun rendah. Namun jika risikonya tinggi, maka keuntungannya pun bisa tinggi juga.

 

  • Terpengaruh Inflasi

Kekurangan lain dari instrumen penanaman modal ini yaitu ikut terkena inflasi dan juga biaya pajak. Artinya, ketika mengalami inflasi, maka nilai uang yang kamu investasikan pada deposito ini akan mengalami penurunan.

 

Selain itu, deposito juga termasuk ke dalam pendapatan yang kena pajak penghasilan juga. Artinya, kamu harus membayar pajak setiap tahunnya yang besarannya hingga 20% dari bunga.

 

Kesimpulan

Dengan mengenal kekurangan dan kelebihannya, maka kamu bisa mempertimbangkan mana yang cocok untuk keuangan kamu. Karena baik saham maupun deposito, keduanya punya kelebihan dan juga kekurangan.

 

Itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan investasi saham dan deposito. Jika kamu ingin berinvestasi, kini kamu bisa langsung berinvestasi melalui aplikasi LinkAja yang kredibel dan tepercaya. Intip informasinya di www.telkomsel.com/explore/linkaja.