Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik Dibandingkan Gas

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik Dibandingkan Gas

 

Beberapa waktu yang lalu pemerintah merencanakan akan mengonversi penggunaan kompor gas menjadi kompor listrik yang memicu pro dan kontra. Namun baru-baru ini kabarnya program kompor listrik telah dibatalkan. Jadi apa sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik?

 

Simak ulasan ini hingga akhir untuk mendapatkan gambaran cara kerja, kelebihan dan kekurangan kompor listrik ini.

 

Cara Kerja Kompor Listrik

FYI, kompor listrik pada dasarnya terdiri dari dua bagian, yaitu permukaan kompor yang berupa keramik atau kaca dan komponen pemanas. Untuk pemanas ini, bisa berada di dalam atau di luar permukaan kompor.

 

Kompor gas yang kita pakai selama ini sumber panasnya berasal dari api, sementara kompor listrik berasal dari aliran listrik. Dalam pemanas kompor listrik ada kawat listrik sebagai aliran arus bolak-balik. Jadi kamu akan melihat sinar oranye menyala ketika kompor udah panas.

 

Ini artinya energi panas telah menyebar melalui energi infra merah ke seluruh permukaan kompor. Kamu tinggal meletakkan aja panci di atasnya dan siap dipakai untuk memasak.

 

Kelebihan Kompor Listrik

Tertarik untuk beralih ke kompor listrik? Ketahui dulu beberapa keunggulannya berikut. 

 

  • Suhu yang Konsisten

Berbeda dengan kompor gas yang kita sulit mengetahui berapa suhu panasnya, suhu pada kompor listrik tetap konsisten. Ini akan memudahkan kamu bereksperimen dengan resep-resep masakan yang selama ini menuntut suhu tertentu. Jadi peluang keberhasilan eksperimen kamu tentu lebih besar.

 

  • Lebih Aman daripada Gas

Pakai kompor listrik bahayakah? Faktanya pakai kompor listrik relatif lebih aman daripada kompor dengan sumber panas dari api. Pasalnya, kompor listrik hanya memunculkan panas, namun tanpa api pada permukaan kompor sebagaimana kompor yang selama ini kita pakai.

 

Lagipula kompor listrik juga lebih gampang digunakan dan dibersihkan, cocok untuk kamu yang mager. Tinggal lap aja permukaannya dengan kain yang lembut, tanpa perlu mindahin komponen-komponen apa pun. 

 

Kalau pakai kompor listrik kamu juga turut berpartisipasi untuk meminimalkan polusi di rumah.

 

  • Mudah Digunakan

Kompor listrik pemasangannya juga lebih mudah, termasuk penggunaannya. Kamu tinggal menghubungkan kabel kompor listrik ke stop kontak untuk mendapat aliran listrik. Ini Nggak jauh beda dengan perangkat elektronik lainnya yang sering kita pakai sehari-hari.

 

  • Hemat Energi

Karena nggak pakai gas, kompor listrik juga lebih hemat energi dan nggak ada limbah sehingga lebih ramah lingkungan.

 

Kekurangan Kompor Listrik

Di samping berbagai kelebihan tersebut, kompor listrik induksi juga punya beberapa kekurangan. Jadi kamu perlu mempertimbangkan masak-masak jika berniat beralih ke perangkat tersebut.

 

  • Alat Masak Harus Datar

Kalau udah mengganti kompor gas ke kompor listrik, kamu nggak akan bisa pakai peralatan masak yang permukaannya nggak rata. Ini misalnya wajan. 

 

Pasalnya, kompor listrik memiliki alas yang datar, jadi alat-alat masaknya juga harus datar. Sebagai solusinya kamu bisa menambahkan adaptor wajan listrik untuk itu.

 

Selanjutnya, kompor listrik baru bisa berfungsi kalau kamu meletakkan peralatan masak dari besi atau baja tahan karat. Agar nggak salah beli, kamu bisa mengeceknya dulu menggunakan magnet.

 

Kalau magnet bisa menempel, berarti alat masak tersebut bisa kamu gunakan di kompor listrik.

 

  • Harganya Mahal

Harga unit kompor listrik juga lebih mahal daripada kompor gas. Selain itu sparepart yang berkaitan dengan keamanannya masih jarang ditemukan. Berbeda dengan komponen pengamanan kompor gas yang udah banyak tersedia dengan cara pemasangan yang juga lebih familiar.

 

Untuk pengusaha katering atau kuliner, harus membeli beberapa unit kompor agar produksi nggak terganggu. Pasalnya, kebanyakan unit kompor listrik di pasaran hanya mempunyai satu atau dua permukaan aja.

 

  • Tagihan Listrik Tinggi

FYI, untuk menghasilkan panas, kamu harus menunggu beberapa waktu sebelum kompor listrik bisa digunakan. Artinya durasi waktu untuk menghasilkan panas ini membuat listrik terbuang.

 

Anyway, biasanya kompor listrik memang memerlukan tenaga listrik yang terbilang tinggi karena peranannya cukup besar di sini. Penasaran kompor listrik berapa Watt konsumsi dayanya? Umumnya kompor listrik perlu hingga 2.200 watt yang tentunya bisa bikin tagihan listrik kamu makin besar.

 

Kompor listrik memang unggul dari segi desain yang menunjang dapur jadi makin estetik, praktis, dan keunggulan lainnya. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan poin-poin kelemahannya jika memang berniat beralih ke perangkat ini. Misalnya siap-siap tagihan listrik bakal lebih mahal dan harus membeli alat-alat masak yang cocok.

 

Penutup

Kalau tekad untuk pakai kompor listrik udah bulat, sekarang untuk cek tagihan listriknya sekaligus membayar kamu bisa pakai aplikasi LinkAja

 

Aplikasi e-wallet ini juga bisa untuk membeli pulsa, paket data, top up game favorit, pembayaran online, dan sebagainya dengan praktis dan mudah cukup pakai smartphone.

 

Mau donasi atau investasi, LinkAja juga menyediakan fiturnya untuk kamu. Jadi nggak perlu ragu lagi untuk segera download, kan?

 

Baca juga: 10 Tagihan yang Bisa Dibayar Pakai LinkAja