Daftar Negara yang Diperkirakan Bakal Lolos Resesi 2023

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Kabar perekonomian yang memburuk, atau dikenal dengan istilah resesi, beritanya hampir tersebar di sepanjang tahun 2022 ini. Namun meski begitu, ternyata ada beberapa negara yang kabarnya akan lolos dari bencana ekonomi tersebut.

 

Bagaimana kabarnya dengan Indonesia di tengah ancaman bencana ekonomi ini? Akankah terkena dampaknya atau malah lolos? Yuk, temukan jawabannya di sini!

 

Negara yang Kemungkinan Bisa Mengatasi Resesi

Ada 7 dari beberapa negara yang menurut para ahli tidak akan terkena dampak resesi 2023 yang akan kami bahas di sini. Berikut sejumlah negara yang kabarnya akan lolos dari bencana ekonomi tersebut.

 

Baca Juga: Telco Big Data Buka Lebih Banyak Peluang Bisnis Kian Berkembang

 

1. Vietnam

Menurut Asian Development Bank (ADB), Vietnam adalah salah satu negara yang akan tumbuh di tahun 2023 mendatang. Perkiraan pertumbuhannya mencapai 6,7 persen. Di akhir tahun 2022 ini saja, pertumbuhan ekonomi Vietnam sudah tergolong baik.

 

Produk pertanian negara tersebut di tahun 2022 juga mengalami peningkatan. Akan tetapi, biaya input negara masih menghambat pemulihan sektor pertanian.

 

Lebih lanjut lagi ADB menjelaskan bahwa Vietnam mengalami perlambatan manufaktur. Akan tetapi, pada sektor investasi, negara yang satu ini masih tergolong kuat.

 

2. Singapura

Tahun 2022 menjadi awal kebangkitan ekonomi Singapura setelah terkena dampak COVID-19. Menurut sumber yang kredibel, sejauh ini negara tersebut telah berhasil tumbuh 3,8 persen dari awal tahun 2022.

 

Dampak inflasi membuat Singapura menjadi negara yang lambat mengalami pertumbuhan ekonomi. Akan tetapi, banyak pakar atau ahli ekonomi yang menilai bahwa Singapura akan lolos dari jurang bencana ekonomi tersebut.

 

3. Malaysia

Negara resesi adalah negara yang akan mengalami keruntuhan ekonomi. Namun bagi Malaysia, rasanya hal tersebut tidak akan berdampak buruk jika kita melihat data perkembangan ekonomi di negara tersebut.

 

Menurut data dari trading economics, Malaysia adalah salah satu negara yang berhasil menumbuhkan ekonominya hingga 8,9 persen. Angka tersebut diperoleh pada kuartal II di tahun 2022.

 

Pertumbuhannya mengalami peningkatan 5 persen jika kita bandingkan dengan kuartal yang pertama.

 

4. Filipina

Banyak pakar dan ahli yang menilai bahwa Filipina kemungkinan besar tidak akan terdampak oleh resesi di tahun 2023 mendatang. Pasalnya, negara ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih jika kita bandingkan dengan negara yang kami bahas sebelumnya.

 

Ada sejumlah data yang menjadi acuan kenapa Filipina tidak akan mengalami bencana ekonomi. Adapun sumber data-datanya mulai dari Asian Development Outlook 2022, Country Director ADB, dan lainnya.

 

Semua sumber tersebut sepakat kalau negara yang satu ini tidak akan ‘terperosok’ ke dalam jurang resesi. Namun risiko masih tetap ada, yaitu risiko akibat dampak faktor eksternal dari ketegangan geopolitik yang bisa memengaruhi pertumbuhan ekonomi global.

 

5. Kamboja

ABD memperkirakan pertumbuhan ekonomi yang positif di Kamboja. Bahkan, menurut ABD pertumbuhannya hingga 5,3 persen di tahun 2022 ini. Namun di sisi lain, akan menurun pada tahun 2023 mendatang.

 

Meskipun ABD meramalkan akan melemahnya pertumbuhan ekonomi di tahun depan, namun Kamboja menjadi salah satu negara yang kemungkinan besar akan lolos dari guncangan ekonomi di tahun 2023 mendatang.

 

Hal tersebut karena output industri Kamboja akan tumbuh sekitar 9,1 persen pada tahun 2023 nanti.

 

6. Thailand

Negara berikutnya ini sudah berhasil bangkit kembali di tahun 2022 setelah mengalami guncangan ekonomi akibat COVID-19. Kebangkitan ekonominya tercatat naik hingga 2,5 persen di kuartal II.

 

Kepala Dewan Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional  (NESDC), Danucha Pichayanan mengatakan bahwa tren pemulihan ekonomi di Thailand akan berlanjut sampai akhir tahun 2022.

 

Perkembangan ekonomi yang positif di negara ini menjadi pondasi kuat untuk bisa bertahan di tengah guncangan ekonomi yang akan terjadi tahun 2023 mendatang.

 

7. Indonesia

Resesi Indonesia menjadi berita yang ‘menghantui’ masyarakat tanah air sepanjang tahun 2022. Tapi sebenarnya negara kita ini masuk ke dalam negara yang diprediksi lolos dari bencana ekonomi tersebut.

 

Menurut Presiden Jokowi (Joko Widodo), perekonomian negara kita berhasil tumbuh kuat. Bahkan di tengah risiko global yang mengancam saat ini, Indonesia cukup tangguh untuk bertahan.

 

Menurut data pada kuartal I & II, ekonomi berhasil tumbuh di atas 5 persen. Untuk kuartal I pertumbuhannya sekitar 5,01 persen dan kuartal II sekitar  5,44 persen.

 

Di kuartal III Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan kembali. Bahkan pertumbuhannya bisa melampaui kinerja positif yang terjadi di awal tahun.

 

Data yang kami sebutkan berdasarkan statement Presiden Jokowi dalam sebuah acara yang bertajuk UOB Economic Outlook.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan ini sedikitnya kamu kini tahu bahwa tidak semua negara akan terdampak oleh bencana ekonomi di tahun 2023. Bahkan juga banyak yang memprediksi bahwa negara kita bisa lolos dari bencana tersebut.

 

Yuk, cegah resesi dengan mempersiapkan pekerjaan sampingan! Temukan informasi seputar bisnis dan pekerjaan hanya di aplikasi Kuncie. Informasi lebih lengkap bisa kamu cek langsung di www.telkomsel.com.kuncie.