Cari Tahu Pengertian dan Komponen Logistik di Sini!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Sering dengar orang menyebutkan logistik tapi belum tahu itu artinya apa? Singkatnya, logistik adalah sebuah proses perencanaan, penyediaan, pengawasan, dan perpindahan produk barang atau jasa dari titik awal sampai ke pengguna. Logistik sendiri bertujuan untuk memastikan barang atau jasa tersedia dan tiba tepat waktu di lokasi yang dituju.

 

Peran Logistik

Logistik berperan penting di sebuah perusahaan. Beberapa peran logistik di sebuah perusahaan diantaranya sebagai berikut:
 

  1. Memberikan poin plus
    Pembeli akan puas dan menjadi pelanggan jika kualitas produk atau jasa yang ditawarkan sangat baik. Untuk menambah kepuasan pelanggan dalam membeli produk atau menggunakan jasa tersebut, kamu perlu memperhatikan logistiknya. 

    Logistik akan menambah kepercayaan pelanggan bahwa produk atau jasa tersebut selalu tersedia dan dapat diterima dalam waktu yang tepat. 
     

  2. Berorientasi kepada pemasaran
    Peran logistik cukup penting pada pemasaran perusahaan karena bisa menambahkan rasa puas pelanggan kepada perusahaan. Kepuasan pelanggan bisa memberikan keuntungan atau profit untuk perusahaan.

    Dengan begini, perusahaan bisa menggunakan kelebihan pada logistik ini untuk memasarkan produk atau jasa dari perusahaan supaya semakin banyak orang yang tertarik.
     

  3. Perpindahan yang efisien
    Proses perpindahan produk atau jasa kepada pembeli dengan tepat bisa memberikan efisiensi biaya kepada perusahaan. Dengan proses suplai yang baik, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perpindahan juga bisa sesuai perencanaan awal. 

    Jika prosesnya baik dan tanpa hambatan, perusahaan bisa memberikan harga yang lebih ramah di kantong pembeli juga. Dengan begini, semua pihak merasa puas.

 

Baca Juga: 7 Fitur Penting Agar Kendaraan Operasional Bisnis Lebih Aman dan Efisien

 

Komponen Penting Logistik

Lalu, apa saja ya komponen penting yang harus ada di sistem logistik sebuah perusahaan? Ada 5 (lima) komponen penting logistik yang wajib kamu ketahui:

 

  1. Lokasi
    Lokasi fasilitas harus dipilih dengan cermat supaya perencanaan perpindahan produk atau bahan baku dapat dibuat secara terstruktur. Dengan teraturnya perencanaan awal tersebut, perusahaan juga bisa lebih efisien dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

    Jaringan lokasi fasilitas ini mencakup gudang penyimpanan, pabrik pembuatan, dan toko untuk menjual produk-produk tersebut.
     
  2. Penyimpanan
    Tempat dan proses penyimpanan yang tepat diperlukan untuk menyediakan produk atau bahan yang dibutuhkan perusahaan. Proses ini termasuk pengepakan, perpindahan, dan pengemasan.

    Perusahaan harus menyesuaikan kriteria penyimpanan dengan jenis produk yang ditawarkan. Contohnya, perusahaan yang menjual makanan harus memiliki tempat penyimpanan makanan yang bersih supaya kualitas makanan yang dijual juga terjaga.
     
  3. Pengadaan
    Perusahaan harus mengelola dan mengatur proses pengadaan persediaan dengan baik. Pengadaan persediaan harus dilakukan tepat waktu dan tidak terlambat supaya proses lainnya pun tidak terhambat. 

    Proses yang harus diperhatikan dalam manajemen pengadaan persediaan yaitu mengatur pengadaan persediaan, mengelola proses penyimpanan, sampai akhirnya memanfaatkan persediaan tersebut.
     
  4. Transportasi
    Sebuah sistem logistik harus memperhatikan transportasi untuk proses perpindahan produk. Dengan sistem transportasi yang baik, produk yang dikirimkan akan berkualitas baik dan waktu penerimaan produk juga tepat waktu. 

    Faktor-faktor yang harus diperhatikan karena bisa berpengaruh pada kualitas pelayanan transportasi yaitu waktu yang dibutuhkan, biaya yang dikeluarkan, dan konsistensi pengiriman yang dilakukan.

    Ada 3 (tiga) alternatif pendukung kemampuan alat transportasi suatu perusahaan, yaitu:
  • Membeli maupun menyewa armada peralatan swasta
  • Melakukan kontrak jasa pengangkutan yang diatur dengan spesialis transport
  • Menggunakan jasa perusahaan transportasi yang punya izin untuk jasa pengangkutan. Perhatikan biaya yang dibutuhkan
     
  1. Komunikasi
    Komunikasi yang tepat dan lancar perlu diperhatikan pada keseluruhan kegiatan yang berhubungan dengan logistik. Komponen ini akan memengaruhi banyak hal dalam pekerjaan logistik, terutama laju logistik.

    Laju logistik punya pengaruh ke persediaan barang di perusahaan termasuk proses perpindahan barang itu. Komunikasi yang baik akan memperlancar proses logistik, begitu pula sebaliknya. Masalah buruk bisa terjadi bila informasi yang ada tidak dikomunikasikan secara tepat.

 

Nah, sekarang kamu makin ngerti kan tentang logistik, perannya, dan komponen yang ada pada sistem logistik? Logistik memang berperan sangat penting ya di bisnis manapun!

 

Kalau kamu tertarik mempelajari sistem dan strategi bisnis lebih dalam atau membangun bisnismu sendiri, kamu bisa belajar dengan Kuncie! Ada berbagai rencana pembelajaran dan tips untuk kamu yang sedang belajar bisnis! Yuk, belajar berbagai istilah bisnis lainnya!

 

Baca Juga: Hadirkan Fitur Pemodalku dan Solusiku di Platform 99% Usahaku, Telkomsel Mudahkan Pelaku UMKM Akses Modal Usaha dan Solusi Bisnis