Cara Menabung di Rumah yang Benar agar Cepat Terkumpul Banyak

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Menabung memang pekerjaan sederhana yang bisa kamu lakukan di mana aja termasuk di rumah. Namun, ternyata nggak banyak orang yang berhasil menabung sampai terkumpul banyak. Seperti apa sih, cara menabung yang efektif supaya uang bisa terkumpul dan bisa kamu pergunakan sesuai target?

 

Menabung di rumah seringkali akhirnya terpakai sendiri. Uang yang sudah kamu kumpulkan sedikit demi sedikit terpakai. Akhirnya tabungan pun habis untuk hal-hal yang kadang di luar perencanaan. Nah, kamu perlu tahu bagaimana caranya supaya kamu bisa menabung secara efektif dari rumah.

 

Bagaimana Cara agar Bisa Menabung?

Buat kamu yang sering gagal dalam menabung, berikut ini ada beberapa tips gimana cara menabung di rumah yang efektif dan terbukti bisa tercapai target.

 

1. Buat Tabungan Terpisah

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan rekening tabungan. Ya, sekarang bikin rekening cukup mudah. Dari satu aplikasi mobile banking, bisa kamu buat beberapa rekening online. 

 

Nah, kamu bisa buat rekening khusus untuk tabungan yang perlu kamu isi secara rutin. Cara ini perlu kamu lakukan supaya keuangan kamu tidak tercampur dengan penggunaan uang harian. Kamu pun bisa lebih semangat menabung karena dananya terkumpul jelas dan terpisah.

 

2. Mulai dari Nominal Kecil

Kalau memang kebutuhan pengeluaran kamu masih banyak, kamu bisa tetap menabung dengan nominal kecil. Syaratnya hanya rutin dan disiplin. Jadi soal nominal kecil pun, tak jadi masalah. Kalau kamu disipilin, maka uang akan terkumpul secara pelan tapi pasti.

 

Keuntungan lainnya dengan menabung nominal kecil ini tentu saja lebih ringan. Dengan menyisihkan uang kecil, ini tidak akan memberatkan keuangan. Nantinya kamu akan merasa sangat senang dan terbantu karena merasa tiba-tiba punya uang dari dana yang secara tidak sadar kamu kumpulkan. 

 

Kamu bisa mengalokasikan sebesar 10 sampai 15% dari penghasilan bulanan kamu untuk tabungan. Angka ini cukup standar dan tidak memberatkan. 

 

3. Gunakan Sistem Tanggal

Cara menabung yang benar perlu kamu coba dengan sistem tanggal. Ini mirip kalau kamu ikut arisan yang biasanya ada tanggalnya setiap bulan. 

 

Kenapa harus pakai tanggal? Inilah cara untuk melatih kedisiplinan, ketepatan waktu, dan bagaimana supaya kamu teringat dengan target menabung yang sudah kamu jadwalkan. Buatlah tanggal besar di ruangan kamarmu untuk mengingatkanmu kapan waktu setoran tabungan tiba.

 

Bisa juga kamu buat alarm di HP untuk mengingatkan tanggal setoran tabungan tersebut. Kamu perlu transfer di tanggal yang sudah kamu tetapkan ke rekening tabungan. 

 

4. Kurangi Pengeluaran Bulanan

Salah satu penyebab kenapa kamu nggak bisa rutin menabung atau bahkan nggak menabung sama sekali dari penghasilan adalah karena jumlah pengeluaran bulanan yang belum terkelola dengan baik.

 

Akibatnya pengeluaran lebih besar untuk hal-hal yang sifatnya tidak tertarget. Maka caranya, kamu perlu memetakan pengeluaran tersebut untuk memastikan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya keinginan.

 

Konsekuensi menabung adalah membatasi jumlah pengeluaran yang tidak penting. Kamu bisa membuat target untuk capaian menabung kamu sehingga dalam kurun waktu tertentu kamu bisa mengelola pengeluaran secara tepat dan terarah.

 

Misalnya kamu sedang menabung untuk biaya kuliah S3. Maka targetkan waktu dan jumlahnya, sehingga dalam rentang waktu tertentu akan bisa kamu evaluasi dari pembatasan pengeluaran yang kamu lakukan.

 

5. Tetapkan Tujuan

Tujuan itu penting supaya kamu bisa mengarahkan energi fokus untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, sebelum menabung kamu perlu buat target dan tujuan menabung tersebut.

 

Menabung mau buat apa? Bangun rumah, biaya pendidikan, mengembangkan aset, beli kendaraan, atau yang lainnya?

 

Nah, setelah ada tujuan, tetapkan waktu capaian, peluang-peluang dana yang bisa kamu alokasikan untuk tujuan menabung tersebut. Nggak harus dari gaji. Misalnya kamu punya penghasilan tambahan yang bisa kamu alokasikan untuk tabungan.

 

6. Menabung dengan Cara Investasi

Cara menabung dengan cepat bisa kamu lakukan dengan berinvestasi. Baik investasi jangka pendek atau jangka panjang akan sangat membantu proses menabung yang kamu lakukan.

 

Ada yang tetap memisahkan antara tabungan dan investasi, walaupun investasi juga bisa bernilai tabungan. Kalau keuangan kamu sudah cukup stabil setiap bulannya, maka kamu bisa mencoba dua cara tersebut. Membuat tabungan sekaligus berinvestasi di tempat lain.

 

Mencoba investasi emas, saham, properti atau yang lainnya bisa jadi aset tabungan jangka panjang yang lebih produktif.

 

Penutup

Buat kamu yang ingin menyimpan tabungan di beberapa rekening, pastinya butuh cara tepat bagaimana mengelola banyak rekening dari satu layanan.

 

Nah, untuk membantu hal tersebut, kamu bisa pakai aplikasi Telkomsel Redi. Cocok banget untuk kamu yang ingin mengelola rekening tabungan lebih dari satu. Cukup dari satu aplikasi, kamu bisa memantau dan mengelola rekening bank yang kamu miliki.

 

Selengkapnya tentang Telkomsel Redi ini bisa kamu cek di sini.

 

Telkomsel hadir dengan berbagai layanan yang mendukung pengembangan inklusi finansial di Indonesia. Mendorong perencanaan keuangan melalui usaha bisnis masyarakat di setiap level.

 

Baca juga: Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM

 

Buat perencanaan keuangan kamu dari sekarang. Mulai dengan menabung. Praktikkan cara menabung yang benar agar target finansial kamu tercapai. Telkomsel Redi siap membantu kamu lebih cermat dan smart mengelola keuangan.