Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM untuk Perkuat Perekonomian Bangsa | Telkomsel
BAGIKAN

Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM untuk Perkuat Perekonomian Bangsa

Article
Telkomsel terus berinisiatif menyelenggarakan program pemberdayaan bagi UMKM Indonesia

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor bisnis yang turut menjadi roda penggerak perekonomian di Indonesia saat ini. Tak bisa dipungkiri kalau banyak anak bangsa yang saat ini menggeluti bisnis UMKM tersebut di tengah pandemi. Buat kamu ketahui nih, merujuk data Kementerian Koperasi dan UKM pada 2021 lalu jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta lho! Bahkan, sektor bisnis ini punya kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8,57 triliun. 

 

Telkomsel pun menyadari potensi yang dimiliki bisnis UMKM di Indonesia itu nggak main-main. Banyak hal yang bisa digali lebih lanjut sehingga membuahkan hasil yang lebih maksimal bagi perekonomian negeri ini. 

 

Kemampuan UMKM untuk bertransformasi menjadi digital saat ini pun nggak kalah penting untuk dilakukan. IDC Report sempat menyinggung kalau hanya 40 persen UMKM yang memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis secara digital sebelum pandemi. Namun, persentase itu meningkat drastis usai dunia dihantam pandemi. Mereka memprediksi 70 persen UMKM akan memiliki toko daring atau bisnis digital pada akhir 2022 ini.

 

Di Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus, kami  punya cerita tentang beragam inisiatif yang sudah Telkomsel lakukan untuk mendorong pengembangan UMKM Indonesia. Kami ingin mengakselerasi semangat berwirausaha dan membantu bisnis-bisnis kecil dapat terus maju ke depannya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Baca juga: Digital Marketing: Cara Efektif Berjualan untuk UMKM

 

99% Usahaku

 

99 Usahaku UMKM

 

FYI, layanan 99% Usahaku kami peruntukan buat membantu pelaku UMKM beradaptasi dan mengembangkan bisnisnya lebih jauh lagi dengan memaksimalkan manfaat teknologi. Ada lima solusi yang dihadirkan, yaitu Inspirasiku, Pemasokku, Pemodalku, Solusiku,, dan Pasarku.

 

Melalui pilar Inspirasiku, kami berbagi pengetahuan dan pembelajaran bisnis digital kepada pelaku UMKM. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan mereka agar lebih siap bersaing dengan pasar global. Materi pembelajaran dikemas  sedemikian agar relevan dengan kebutuhan bisnis, antara lain workshop, seminar, konten artikel, online training hingga forum diskusi.

 

Ada juga pilar Pemasokku yang mempermudah UMKM dalam menemukan mitra supplier terpercaya di berbagai wilayah Indonesia.  Sampai saat ini, 13 mitra terpercaya telah terintegrasi dengan 99% Usahaku dan siap memenuhi kebutuhan stok produk atau bahan baku dalam jumlah besar. Kami juga menjembatani UMKM dengan akses produk keuangan lewat pilar Pemodalku. Pilar ini menjadi bagian dari upaya kami dalam mengakselerasi inklusi keuangan yang merata di Indonesia.

 

Selanjutnya ada pilar Pasarku yang membuka peluang pemasaran ke seluruh pelosok negeri. Pelaku UMKM bisa menjangkau lebih banyak konsumen berdasarkan sebaran wilayah yang ditargetkan. Dan terakhir adalah pilar Solusiku yang menawarkan berbagai solusi digital untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM.

 

Banyak dampak positif yang dirasakan pelaku UMKM selama inisiatif ini berjalan sepanjang 2022 ini. Tercatat 67 ribu UMKM yang telah mendaftarkan diri ikut program ini. Bukan cuma itu saja, kami telah mempertemukan 2.800 UMKM kepada supplier terbaiknya dan menyalurkan modal ke 997 pelaku bisnis UMKM. Atas sejumlah fitur itu, omzet rata-rata UMKM yang bergabung dengan 99% Usahaku bisa meningkat 42 persen dibandingkan sebelumnya. 
 

Kuncie

 

Nah, aplikasi Kuncie ini merupakan platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasan dan keahlian, termasuk juga belajar bisnis online serta mendapat mentoring pengembangan keterampilan kerja. Beragam cara telah disediakan di aplikasi Kuncie sehingga para pelaku usaha bisa terus teredukasi secara seru dan asyik.

 

Di aplikasi Kuncie, kamu bisa menemukan beragam layanan pembelajaran seperti kursus online, video, live webinar dan mentoring secara langsung oleh para profesional di bidangnya. Topiknya nggak hanya tentang bisnis lho, banyak hal-hal menarik yang bisa membantu kamu untuk explore keterampilan baru. 

 

Kamu pasti kenal kan dengan nama-nama besar seperti Raditya Dika, Arnold Poernomo atau Joko Anwar? Mereka salah satu contoh dari sekian banyak mentor yang bakal ngasih kamu tips dan trik membuka usaha di bidang kamu masing-masing sehingga jadi lebih maksimal. 

 

DigiPOS Aja!

 

Kini kamu juga bisa ikut ambil keuntungan dengan ikut memasarkan produk dan layanan Telkomsel ke para pelanggannya secara lebih praktis dan mudah. Cukup pakai aplikasi DigiPOS Aja! kamu udah bisa dapat untung segudang. 

 

Lewat aplikasi ini, transaksi yang biasa dilakukan di outlet bisa lebih nyaman dengan cara digital. Bukan cuma itu saja, beragam kemudahan untuk memberikan penawaran produk sesuai kebutuhan pelanggan juga bisa dilakukan mengingat metode transaksi yang dilakukan secara digital.

 

Oleh sebab itu, transaksi kini jadi lebih fleksibel dan mudah. Nah, kami juga menyiapkan hadiah menarik bagi kamu yang mengumpulkan bintang dari setiap transaksi untuk bisa ditukarkan nantinya. 

 

Kamu bisa mengakses laman resmi telkomsel.com/DigiPOSAJA untuk mengetahui cara lengkap bergabung dan mengakses layanan ini.

 

Baca juga: Telkomsel Gelar Lokakarya Bisnis untuk Wujudkan Kesetaraan Kapabilitas Digital Pelaku UMKM Komunitas Disabilitas

 

Digital Creative Entrepreneurs

 

CSR UMKM Indonesia

 

Digital Creative Entrepreneurs (DCE) adalah program yang kami susun untuk jadi solusi kamu mengembangkan jiwa entrepreneur kreatif-mu agar lebih maksimal. Kami merancang sistem inkubasi dan pelatihan bisnis digital sehingga dapat memberdayakan ekosistem infrastruktur e-commerce lokal.

 

Ketika memulai bisnis, pasti kamu bertanya-tanya gimana agar produk yang kamu miliki bisa menarik bagi konsumen? Nah, DCE bisa jadi salah satu solusi dari kami untuk kamu mendapat banyak ide dan pengetahuan untuk kembangkan bisnismu lebih lanjut. 

 

Upaya ini tak lepas dari bagian tanggung jawab sosial yang harus kami lakukan untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri. Pada 2021 lalu, program DCE telah sukses mengantar UMKM pilihan untuk berkembang bersama. Mereka terakselerasi lewat beragam program seperti Entrepreneurship Class, Talent Sourcing Initiatives hingga Workshop & Virtual Festival. 

 

Ragam program di atas merupakan rangkaian inisiatif kami untuk mendorong kemajuan UMKM di Indonesia. Telkomsel berkomitmen untuk turut memajukan sektor industri perekonomian lewat berbagai sektor bisnis, termasuk UMKM. Nah, serangkaian teknologi dan program itu bisa banget lho kamu manfaatkan untuk pengembangan bisnis kamu. Jadi jangan ragu untuk gali lebih dalam potensi bisnismu, sehingga ikut bantu ekonomi Indonesia agar pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat!