Berenang termasuk Olahraga Air dan Ini Manfaat Gerakannya

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Berenang termasuk olahraga air yang diminati oleh banyak orang. Biasanya, setelah berenang kamu akan merasakan sensasi segar dan kondisi hati yang menyenangkan. Itulah mengapa, selain untuk menjaga kesehatan, olahraga berenang sering dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai cara relaksasi setelah lelah beraktivitas. Bahkan, dilansir dari huffingtonpost.com berenang disebut-sebut sebagai salah satu olahraga terbaik bagi tubuh. 

 

Nah, banyak banget nih, manfaat baik bagi kesehatan tubuh yang bakal kamu dapatkan jika rajin melakukan olahraga berenang. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan seorang ahli terapi fisik Cleveland Clinic Rehabilitation and Sports Therapy, Basil Strasburg yang menyebutkan jika manfaat berenang untuk kesehatan jantung dan paru-paru tak perlu diragukan lagi. Setiap gerakan dan gaya dalam renang juga memiliki manfaatnya masing-masing bagi tubuh. Kita cari tahu yuk, macam-macam gaya berenang serta manfaatnya biar kamu bisa menentukan yang terbaik untukmu. 

 

  1. Gaya Bebas
    Benarkah berenang bisa menambah tinggi badan? Yup! Gaya bebas adalah salah satu gaya berenang yang bisa kamu coba jika ingin menambah tinggi badan. Selain itu, gaya renang yang bisa juga disebut front crawl ini juga bermanfaat untuk melatih massa otot dan memperkuat pernapasan. Gerakan gaya bebas dalam berenang yang mengharuskan tangan menarik ke depan, kaki mendorong ke belakang, dan badan lurus membuat tinggi badan bertambah secara alami.

    Saat melakukan gerakan gaya bebas dalam berenang, kamu harus menyeimbangkan tubuh untuk tetap bergerak lurus sambil memiringkan kepalamu ke atas untuk mengambil napas. Bila rutin melakukan gerakan ini, maka pernapasan kamu pun perlahan-lahan akan terlatih. 

 

  1. Gaya Punggung
    Meskipun cenderung sulit, tapi berenang dengan gaya punggung ternyata punya banyak manfaat buat tubuh, lho. Saat melakukan gaya punggung, punggungmu harus berada di atas permukaan air dan gerakan yang dilakukan membuat otot-otot di seluruh tubuhmu menjadi regang. Nah, dengan otot tubuh yang terlatih untuk meregang maka tubuh kamu bisa menjadi lebih lentur. 

    Dilansir dari website HelloSehat yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dokter juga merekomendasikan para penderita penyakit punggung untuk melakukan olahraga renang dengan gaya ini. Tapi, tetap harus dengan anjuran dokter profesional, ya.

 

  1. Gaya Dada
    Siapa nih, yang lagi berusaha buat menurunkan berat badan? Coba berenang dengan gaya dada, yuk! Gaya dada atau gaya katak merupakan gerakan berenang yang mengharuskan tangan dan kakimu bergerak bersamaan serta berulang. Gerakan yang berlang ini bisa membantu untuk membakar kalori hingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kamu juga bisa melakukan gerakan gaya dada dengan lambat jika ingin menikmati berenang sebagai aktivitas untuk menghilangkan stress.

 

  1. Gaya Kupu-kupu
    Gaya berenang selanjutnya yang juga punya manfaat baik bagi tubuh adalah gaya kupu-kupu. Berenang dengan gaya kupu-kupu lebih banyak mengandalkan gerakan lengan, maka dari itu dengan rutin melakukan gaya kupu-kupu akan membuat otot lengan menjadi lebih kuat. Bukan itu aja, guys! Berenang dengan gaya kupu-kupu juga disebut ampuh dalam menurunkan berat badan. Sepuluh menit melakukan olahraga renang dengan gaya ini diperkirakan mampu membakar 150 kalori. Wow! Jumlah kalori yang terbakar ini disebut lebih banyak jika dibandingkan dengan olahraga jogging, lho.

 

Nah, itu dia deretan manfaat olahraga berenang berdasarkan macam-macam gayanya. Nggak ada kata terlambat buat kamu yang baru mau memulai gaya hidup sehat, apa lagi sekarang udah banyak banget aplikasi yang bisa membantu mencapai tujuanmu seperti FITA. 

 

FITA adalah aplikasi mobile yang menyediakan berbagai program, konten, dan fitur  gaya hidup sehat. Dengan aplikasi ini, maka goal untuk mencapai kehidupan yang lebih sehat akan lebih terkontrol. Misalnya nih, adanya fitur pencatatan jumlah kalori dalam aplikasi FITA yang membuatmu bisa menghitung jumlah kalori dari konsumsi makanan harian. Selain itu, kamu juga bisa membuat rencana olahraga dan browsing resep sehat di aplikasi ini. Seru banget, kan? Yuk, cari tahu dan mulai hidup sehatmu bareng FITA di sini

 

Beli paketnya