6 Fakta Tentang Internet Fiber Optic di Dunia, Kamu Harus Tahu

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Saat mendengar kata fiber optic, yang terlintas di benak kebanyakan dari kita adalah teknologi yang memungkinkan kecepatan internet meningkat dengan drastis. Namun selain itu, tahukah kamu kalau di balik jaringan fiber optik, terdapat beberapa fakta unik yang jarang diketahui orang?

 

Yuk simak fakta serunya

 

Fakta Unik Tentang Fiber Optic

Mulai dari helaiannya yang super tipis, terbuat dari material kaca, sampai punya durabilitas yang menakjubkan, inilah fakta-fakta menarik fiber optic.

 

1. Materi Fiber Optik Lebih Tipis dari Rambut

Materi fiber optik yang merupakan helaian kaca atau silika faktanya lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Ukuran spesifiknya sangat bervariasi, namun pada beberapa kabel fiber optik, untaian kaca, atau silikanya berdiameter sekitar 5 mikron.

 

Selain itu ada juga serat optik dengan untaian kaca dengan garis tengah 10 mikron. Jadi kesimpulannya, material transparan yang berada di dalam kabel ini berukuran sangat halus, bahkan lebih tipis dari sehelai rambut manusia.

 

2. Terbuat dari Lapisan Kaca

Kabel serat optik terbuat dari kaca atau silika, yang merupakan elemen paling melimpah kedua di planet ini. Bahan ini dapat ditemukan di kerak bumi, yang berarti nggak mungkin terjadi kekurangan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kabel serat optik dalam waktu dekat.

 

fiber optik juga mempunyai bentuk berlapis-lapis. Jadi jika ada untaian yang rusak, serabut untaian kaca di bagian lainnya masih memungkinkan untuk menghantarkan cahaya dari satu ujung ke ujung lainnya. 

 

Selanjutnya di sekitar untaian itu, ada lagi lapisan pelindung yang menjaga untaian serat dari berbagai gangguan. Lapisan terakhir ini memastikan bahwa setiap cahaya tetap berada di untaian serat sambil menambahkan tingkat perlindungan lain. 

 

3. Seratnya Bersifat Non-konduktif

Ternyata kabel fiber optik itu nggak konduktif, artinya nggak bisa menghantarkan listrik. Oleh karena itu, mereka nggak digunakan untuk mengirimkan listrik dari stop kontak atau sumber lain ke berbagai perangkat.

 

Kabel serat optik secara khusus digunakan untuk mengirimkan data dengan menempuh perjalanan jarak jauh melalui untaian-untaian kaca sebagai material pembentuknya. Karena serat optik hanya terbuat dari kaca atau silika, maka dia nggak bisa menjadi penghantar listrik atau bahan non-konduktif.

 

4. Super Kuat dan Kokoh

Jangan terkecoh dengan ukuran fiber optik yang tipis dan mengira serat-seratnya lemah. FYI, tiap-tiap helaian kaca atau silika yang berada pada bagian dalam kabel serat optik sangat kuat. 

 

Perangkat ini bahkan dapat ditarik dengan kuat, juga ditekuk secara ekstrem tanpa putus. Berkat beberapa lapisan pelindung pelindung tadi, risiko kerusakan pada jaringan fiber optik juga jadi semakin minimal.

 

Dari ulasan tadi kamu udah tahu jika kabel fiber optik terbuat dari untaian kaca tipis dan ukurannya biasanya sekitar sepersepuluh lebar rambut manusia. Siapa sangka helaian tipis ini ternyata sangat kuat bahkan hingga delapan kali tegangan tarik kawat tembaga konvensional. 

 

5. Tidak Terpengaruh Cuaca

Tahu nggak kenapa internet dengan fiber optik bakalan tetap kencang walaupun sedang cuaca buruk? Ternyata, alasannya adalah untaian serat optik yang halus ini mempunyai daya tahan yang luar biasa dan juga awet.

 

Pasalnya, bahan pembuat fiber optik adalah kaca atau silika halus yang nggak terpengaruh oleh cuaca dan perubahan suhu karena nggak terbuat dari logam. Sebaliknya kabel tembaga tradisional justru sangat terdampak dengan kondisi cuaca, lebih rapuh dan cenderung gampang putus.

 

Jangan lupa kalau fiber optik adalah penghantar cahaya, alih-alih listrik. 

 

Panjang Fiber Optic di Seluruh Dunia

FLAG atau Fibre-optic Link Around the Globe alias panjang kabel fiber optik di seluruh dunia ini meliputi 28.000 kilometer. Mayoritas adalah kabel komunikasi bawah laut yang menghubungkan Inggris, Jepang, India, dan berbagai tempat lagi di antara negara-negara tersebut.

 

Selain fakta di atas tahukah kamu bahwa alat fiber optik adalah salah satu cara teraman untuk mengirimkan data? Ini karena kabel fiber optik menggunakan pulsa cahaya untuk mentransfer data, tanpa memancarkan energi elektromagnetik. Dengan begitu, akan mempersulit peretas untuk membobol dan mengakses informasi pribadi atau rahasia. 

 

Mengapa serat optik lebih aman adalah bahwa setiap upaya untuk memasuki koneksi fiber optik umumnya akan mengakibatkan gangguan sinyal cahaya. Kondisi tersebut akan mudah terdeteksi serta resolusi yang lebih cepat.

 

Terakhir, fiber optik merupakan teknologi yang sangat hemat energi. Ini karena jumlah energi yang dibutuhkan untuk menggunakan kabel serat optik lebih sedikit daripada kabel tembaga tradisional. 

 

Jika kabel tembaga membutuhkan waktu sekitar 3,5 watt untuk mengirim cahaya sejauh 1 km, fiber optic hanya membutuhkan 1 watt untuk melakukan tugas yang sama.  

 

Penutup

Sebagai alternatif pilihan layanan internet rumah yang lebih praktis kamu bisa menggunakan Telkomsel Orbit. Walaupun menggunakan perangkat modem seperti pada umumnya namun di sini kamu nggak perlu berlangganan. Cukup beli paket datanya sesuai kebutuhan kamu hanya di Telkomsel.

 

Baca juga: Agar Terus Produktif di Rumah dengan Internet, 5 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan oleh Keluarga

 

Berbagai pilihan paket data