10 Manfaat Pasar Modal Bagi Investor dan Pemerintah | Telkomsel

10 Manfaat Pasar Modal Bagi Investor dan Pemerintah

Article

Secara garis besar, pasar modal merupakan wadah yang disediakan oleh pihak berwenang untuk menghimpun berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang dapat menguntungkan investor, emiten yang bekerja sama, dan pemerintah.

 

Pada dasarnya, pasar modal dibentuk untuk menjalankan fungsi sebagai sarana pemerataan pendapatan, sarana penambah modal usaha, sarana penciptaan tenaga kerja, dan sarana peningkatan pendapatan negara.

 

Selain fungsi, apakah kamu juga penasaran dengan manfaat pasar modal? Kalau iya, kamu datang ke artikel yang tepat! Soalnya, melalui artikel yang dirangkum ke dalam poin berikut, Telkomsel akan menjelaskannya untuk kamu~

 

  1. Pengertian Pasar Modal

  2. Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

  3. Manfaat Pasar Modal Bagi Pemerintah

 

Fyi, kalau kamu punya berbagai rekening bank yang diperuntukkan bagi beragam kepentingan, salah satunya untuk menyimpan dana yang hendak ditanamkan di pasar modal, kamu bisa memanfaatkan Telkomsel Redi biar nggak kebingungan.

 

Soalnya, aplikasi satu itu nggak cuman memudahkan kamu dalam melakukan transfer antarbank tetapi juga mengingatkan kamu untuk melunasi tagihan, menyediakan fitur QR code, dan masih banyak lagi~ Jangan lupa download, ya!

 

Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk, langsung simak artikel berikut ini!

 

Baca Juga: Apa Itu Obligasi: Karakteristik, Jenis & Bedanya dengan Saham

 

Pengertian Pasar Modal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasar modal dapat diartikan sebagai ‘seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang’.

 

Selain itu, pasar tersebut juga dimaknai sebagai ‘pusat keuangan, bank, dan firma yang meminjamkan uang secara besar-besaran’ serta ‘pasar atau bursa modal yang memperjualbelikan surat berharga yang berjangka waktu lebih dari satu tahun’.

 

Secara garis besar, di dalam pasar ini, ada lima pelaku yang menggerakkan jalannya roda aktivitas. Kelima pelaku yang dimaksud adalah emiten, investor, penjamin emisi (underwriter), agen perantara, dan pialang (broker).

 

Sementara itu, struktur pasar ini diisi oleh berbagai lembaga yang melakukan fungsi pengawasan dan pengaturan, seperti Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM), Self-Regulatory Organizations (SRO), perusahaan efek, dan lainnya.

 

Adapun instrumen keuangan yang tersedia di pasar modal meliputi saham, reksadana, surat utang (obligasi), surat berharga EFT, dan surat derivatif. Kamu bisa mencampur kelima instrumen tersebut demi mendapatkan keuntungan maksimal.

 

Usai menyimak pengertian yang menjadi wadah bagi pencari dan si empunya modal, mari berpindah ke materi selanjutnya, yaitu manfaat pasar modal bagi investor!

 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Pialang, Fungsi dan Cara Kerjanya

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

Berikut lima manfaat pasar modal bagi investor.

 

  1. Menjadi Sumber Keuntungan

    Manfaat pertama yang didapatkan oleh investor alias empunya modal ketika menanamkan dana melalui berbagai instrumen keuangan yang tersedia adalah memperoleh sumber keuntungan baru.

     

    Sebab, berbeda dengan tabungan yang jumlahnya tetap dan hanya bisa mengandalkan bunga yang persentasenya tidak terlalu tinggi, dana di pasar modal pasti mengalami peningkatan asal dikelola dengan baik.

     

  2. Menjadi Sumber Pendapatan Pasif

    Di masa sekarang, selain bekerja untuk mendapatkan gaji bulanan atau membuka usaha demi memperoleh keuntungan selama periode tertentu, kamu juga disarankan untuk mencari sumber pendapatan pasif.

     

    Sesuai namanya, pendapatan pasif adalah penghasilan yang kamu peroleh tanpa perlu bekerja secara terus-menerus. Dengan kata lain, kamu hanya perlu menanamkan modal sekali dan uang akan datang dengan “sendirinya”. 

     

    Selain menyewakan properti dalam bentuk apartemen, kontrakan, atau kos-kosan, pendapatan pasif juga bisa diperoleh dengan menanamkan dana di berbagai instrumen keuangan yang tersedia di pasar modal.

     

    Di momen-momen tertentu, biasanya emiten yang memperoleh laba dalam jumlah besar akan membagikan dividen sesuai besaran saham yang ditanamkan oleh investor. Kalau begitu, bisa untung banget, kan, Guys?

     

  3. Menjadi Dana Darurat

    Tak hanya menyediakan dana darurat dari pendapatan utama yang disisihkan setiap bulan, modal yang ditanamkan di instrumen keuangan pun bisa dimanfaatkan sebagai dana darurat.

     

  4. Menjadi Simpanan untuk Masa Depan

    Saat sudah pensiun, kamu tidak bisa lagi menerima pemasukan rutin. Nah, demi menyiapkan biaya hidup sekaligus simpanan untuk masa tersebut, kamu bisa mulai menanam modal di berbagai instrumen keuangan. 

     

  5. Menjadi Jaminan di Bank

    Ketika ingin mengajukan pinjaman ke bank, selain sertifikat rumah, jika pihak bank memastikan semuanya aman dan sesuai syarat, ternyata kamu juga dapat memanfaatkan dana yang ditanamkan di pasar modal, lho!

     

    Tak hanya investor, pasar satu ini juga membawa manfaat bagi pemerintah. Penasaran dengan penjelasannya? Yuk, langsung simak!

     

Manfaat Pasar Modal Bagi Pemerintah

Berikut manfaat pasar modal bagi pemerintah.

  1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

    Dengan adanya aktivitas berupa penanaman modal yang dilakukan oleh investor, potensi terciptanya lapangan pekerjaan baru juga mengalami peningkatan.

     

    Soalnya, dengan dana yang dihimpun dari masyarakat alias pemilik modal, emiten mampu memperluas ekspansi bisnis dan memperbaiki kualitas perusahaan yang tentunya memerlukan lebih banyak tenaga kerja.

     

    Pada akhirnya, terciptanya lapangan pekerjaan membawa dampak positif bagi pemerintahan suatu negara karena masalah yang ada, seperti pengangguran dan kemiskinan, bisa berkurang secara perlahan.

     

  2. Mendorong Perekonomian Negara

    Salah satu kunci keberlangsungan negara adalah terus bergeraknya roda perekonomian. Dengan adanya aktivitas penanaman modal yang aktif di pasar yang disediakan, perekonomian negara tentunya bisa ikut terdorong.

     

  3. Mengurangi Beban Fiskal

    Pendanaan yang diperoleh pemerintah dari pasar modal juga dapat mengurangi beban fiskal, lho! Selain itu, dana yang diperoleh pun mampu memangkas beban anggaran dan mempertangguh kebijakan fiskal.

     

  4. Meningkatkan Tata Kelola Perusahaan

    Setiap perusahaan yang terlibat dalam pasar satu ini dapat didorong oleh pemerintah untuk mempunyai tata kelola, transparansi, dan akuntabilitas yang lebih baik. 

     

    Pemerintah juga boleh menguatkan pasar modal yang pada akhirnya berujung pada semakin berkualitasnya emiten nasional dan semakin bagusnya performa keuangan negara.

     

  5. Menarik Minat Investor Asing

    Perusahaan atau emiten yang mampu menunjukkan performa gemilang dalam hal pertumbuhan dan keuangan tentunya akan memengaruhi perekonomian negara secara keseluruhan.

     

    Jika perekonomian suatu negara menunjukkan kemajuan dan skor yang ciamik, tentunya investor asing tidak akan ragu untuk ikut menanamkan modal di negara tersebut.

     

Baca Juga: Mengenal Pasar Uang: Arti, Fungsi, dan Instrumennya

 

Itu dia berbagai informasi seputar manfaat pasar modal yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sebagai informasi tambahan, apabila somehow kamu ingin membuka bisnis dengan dana yang sudah kamu simpan di pasar modal, untuk memudahkan komunikasi antarpegawai, kamu dapat mengandalkan Telkomsel Enterprise.

 

Soalnya, karyawan yang tempat kerjanya mengaktifkan paket ini berhak mendapatkan kuota internet, SMS, telepon, dan bebas berkomunikasi minim hambatan dengan jumlah pengguna tanpa batas.

 

scroll
Komentar 0
Tulis Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Belum ada komentar
Jadilah orang pertama yang komentar disini!
mock
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
DewiLarasati
14 Feb 2024 12:03
mantulllzz keren bgt artikel beber2 sangat membantu!
Laporkan
0
Balas Komentar
Min. 10 Karakter
0 / 2000
Balasan Lainnya (1)
Sembunyikan Balasan

Laporan Anda berhasil dikirim