Telkomsel | 28 Agustus 2020
0 shares

Membangun Inovasi Digital untuk Memajukan Gaya Hidup Masyarakat

Membangun Inovasi Digital untuk Memajukan Gaya Hidup Masyarakat

Republik Indonesia telah memasuki usia 75 tahun. Sebagai bangsa besar dengan sumber daya melimpah, pertumbuhan pesat diharapkan terjadi di berbagai sektor industri oleh setiap lapisan masyarakat. Apalagi dengan datangnya revolusi industri 4.0 dan persaingan global yang berfokus kepada penggunaan teknologi. Telkomsel sendiri sadar perlu melakukan transformasi digital. Untuk itu, perkembangan inovasi digital telah dijalankan oleh Telkomsel sesuai dengan gaya hidup masyarakat.

Sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan, Telkomsel berupaya penuh untuk mendukung aktivitas masyarakat Indonesia sejak tahun 1995. Dimulai dari komunikasi via telepon, SMS, hingga sekarang menyentuh era internet. Pelanggan sudah bisa menjalin komunikasi sekaligus mendapatkan hiburan hanya dengan smartphone yang ada di genggaman.

Layanan Digital untuk Memenuhi Gaya Hidup Digital Masyarakat

Dalam memenuhi gaya hidup digital masyarakat Indonesia, Telkomsel telah menciptakan berbagai inovasi produk digital yang diolah dengan gaya berbeda dan menarik, seperti MAXstream (layanan streaming film & serial), Langit Musik (layanan streaming lagu), dan Dunia Games (layanan mobile games). Contoh layanan lainnya antara lain Voice over LTE (VoLTE) yang merupakan layanan suara berbasis 4G LTE dan Telkomsel Orbit (internet rumah 4G LTE).

Masing-masing dari inovasi produk tersebut menjawab kebutuhan pelanggan. Sekarang kamu bisa nonton film dan serial yang up to date di MAXstream. Kalau ingin tahu lagu-lagu hits masa kini, maka jawabannya adalah Langit Musik. Buat kamu yang suka main gim, beragam pilihan mobile games di Dunia Games tersedia untuk bisa kamu nikmati. VoLTE memungkinkan kamu untuk melakukan dan menerima panggilan telepon di jaringan 4G. Koneksi internet yang cepat dan memadai, khususnya saat kamu sedang WFH (Work From Home), juga bisa didapatkan melalui Telkomsel Orbit.

Selain layanan-layanan tersebut, Telkomsel melihat perlunya menciptakan akses layanan keuangan yang merata di seluruh Indonesia untuk mewujudkan less-cash society. Untuk itulah, Telkomsel menghadirkan LinkAja yang bisa memudahkan pelanggan dalam bertransaksi secara nontunai. Di samping itu, layanan mobile banking yang terintegrasi melalui aplikasi juga disediakan untuk mendukung masyarakat untuk bisa bertransaksi secara mudah, kapan pun dan di mana pun.

Semua layanan yang mampu mendukung gaya hidup digital tersebut tidak serta merta hadir dengan sendirinya. Telkomsel terlebih dahulu mencoba melihat tren mengenai layanan apa yang sedang dibutuhkan masyarakat. Namun sebenarnya eksplorasi yang dilakukan Telkomsel tidak berhenti sampai di sini saja. Dengan semangat terus bergerak maju, Telkomsel juga mendorong industri digital agar lebih maju melalui berbagai terobosan.

Baca Juga: Memerdekakan Masyarakat Melalui Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

Teknologi Digital untuk Memperkuat Pengembangan Solusi Berbasis Digital

Untuk membantu mewujudkan revolusi industri 4.0 di Indonesia, Telkomsel memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan solusi strategis bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), korporasi, hingga pemerintahan. Solusi bagi UMKM akan mempermudah operasional usaha. Solusi bagi korporasi akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan. Sementara itu, solusi bagi pemerintahan akan membantu pemerintah dalam mengelola layanan publik. Berbagai inisiatif untuk ketiga sektor tersebut pun dikembangkan dengan menjadikan teknologi digital sebagai landasannya, yakni Internet of Things (IoT), Big Data, dan Digital Advertising.

Dengan teknologi IoT, setiap perangkat terhubung dengan internet untuk mengumpulkan dan menganalisa data yang akan bermanfaat untuk menghasilkan solusi atas berbagai masalah dalam suatu institusi bisnis maupun pemerintahan. Salah satu platform yang digunakan adalah IoT Control Center yang menawarkan berbagai kelebihan, yakni pemantauan bisnis dari berbagai aspek, sistem otomatisasi untuk produk yang digunakan, barisan data untuk memperkuat strategi bisnis, hingga sistem keamanan yang terjaga optimal.

Pemaksimalan teknologi Big Data hadir melalui platform Telkomsel MSIGHT. Terdapat empat layanan yang diusung teknologi ini. Pertama, Risk Insight, yang merupakan layanan yang fokus dalam pemberian insight terkait risiko berbasis analisa profil telekomunikasi. Kedua, Mobility Insight, yakni layanan yang fokus dalam pemberian insight terkait pola pergerakan berbasis aktivitas pergerakan seluler. Ketiga, Lifestyle Insight, yang merupakan layanan yang fokus dalam pemberian insight terkait gaya hidup berbasis aktivitas seluler, seperti SMS, telepon, streaming, gaming. Terakhir adalah API Service, sebuah layanan yang fokus dalam menyediakan Application Program Interface (API) layanan telekomunikasi dalam marketplace.

Sementara itu, platform Digital Advertising dari Telkomsel dengan nama MyAds memudahkan pengiklan untuk menjangkau ke target market paling potensial. Dengan semakin banyaknya pelanggan Telkomsel, bisnis yang ingin memperkuat brand awareness bisa beriklan secara lebih presisi di Telkomsel MyAds. Mampu mencapai target audiens, lebih efisien, dan bisa diukur dengan data-data penunjang membentuk Telkomsel MyAds sebagai solusi bisnis yang tepat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan dan Menggunakan Telkomsel Orbit

Pengembangan Ekosistem Startup untuk Mendorong Lahirnya Inovasi Digital

Di samping pengembangan inovasi layanan dan pemanfaatan teknologi tepat guna, Telkomsel juga memandang tren positif perkembangan startup di Indonesia sebagai suatu peluang untuk mengakselerasikan ekosistem digital di Tanah Air. Komitmen Telkomsel dalam pengembangan ekosistem startup ditunjukkan dengan melahirkan tiga inisiatif, yakni The NextDev, Telkomsel Innovation Center (Tinc), dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Masing-masing program memiliki maksud dan tujuan yang berbeda-beda. The NextDev fokus dalam pencarian dan perkembangan startup yang berorientasi kepada dampak sosial. Tinc memusatkan kepada proses inkubasi dan akselerasi startup untuk berbagai solusi digital berbasis teknologi terkini. Sementara TMI berfokus pada kemitraan dan investasi pendanaan pada startup yang memiliki potensi besar. Dampak positif dari barisan program Telkomsel ini adalah terakselerasinya pengembangan ekosistem digital dengan semakin banyaknya perusahaan startup yang hadir untuk memberikan solusi di berbagai industri.

Pada akhirnya, kehadiran Telkomsel di tengah-tengah masyarakat Indonesia menjadi penanda pertumbuhan ekosistem digital yang sehat dan bermanfaat. Masyarakat bisa terbantu dengan berbagai inovasi layanan digital serta mampu memanfaatkan teknologi untuk lebih berdaya. Segala bentuk upaya yang dilakukan Telkomsel selalu didasari komitmen untuk terus bergerak maju. Tidak hanya dalam skala makro, semangat tersebut juga dirasakan setiap individu yang beraspirasi memajukan Indonesia.


Related Blogs