img_alt
Operasi Trisula
Saksikan perjuangan TNI menumpas PKI

Film Dokumenter yang memompa jiwa nasionalisme!

 

Bulan Oktober menjadi bulan yang memiliki banyak makna bagi rakyat Indonesia. Pada tanggal 2 Oktober lalu, kita merayakan Hari Batik Nasional untuk memperingati hasil karya anak bangsa yang dilestarikan dengan menggunakan pakaian Batik dalam hari tersebut. Pemerintah Indonesia juga telah menerbitkan Keppres No. 33 Tahun 2009 yang menetapkan Hari Batik Nasional, hal ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan Batik Indonesia.

 

Selain itu, pada tanggal 28 Oktober kita juga merayakan Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-citan berdirinya negara Indonesia. Gimana nih, udah makin kerasa kan jiwa-jiwa nasionalisme di bulan Oktober?

 

Salah satu perjuangan rakyat Indonesia tidak luput dari perjuangan TNI melawan G30S/PKI. Tepat 57 tahun yang lalu, terjadi Gerakan 30 September atau G30S/PKI. Peristiwa itu berujung penumpasan PKI di berbagai daerah, termasuk di Blitar Selatan.

 

Perjuangan penumpasan PKI tersebut kemudian difilmkan pada tahun 1987 dengan judul “Penumpasan Sisa-Sisa PKI di Blitar Selatan: Operasi Trisula”.

 

Film dokumenter dengan durasi 118 menit itu diproduksi Perum Produksi Film Negara (PPFN). Sutradara sekaligus penulisnya, yakni B. Z. Kadaryono dan G. Dwipayana sebagai produsernya. Film ini menceritakan operasi militer yang dilakukan untuk memberantas bagian gerakan G30S/PKI yang melarikan diri dari Jakarta dan bermacam kawasan. Mereka bertahan dan menyusun gerakan dari wilayah tandus, berbukit, dan bergua-gua di Blitar Selatan. Mereka dilukiskan merampok, melakukan sabotase dan meresahkan masyarakat. Sebuah operasi militer dengan sebutan "Operasi Trisula" diproduksi untuk membasmi mereka.

 

Film ini dibintangi beberapa aktris yang berperan sebagai tokoh Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani). Seperti Eva Rusdiana Dewi, Lina Budiarti, dan Tien Kadaryono. Daripada makin penasaran, yuk langsung nonton Operasi Trisula secara GRATIS di aplikasi MAXstream. Buruan nonton dan unduh aplikasi MAXstream sekarang di Play Store dan App Store! Atau bisa nonton melalui link berikut

.

 

Buka akses ke berbagai tayangan favorit

Download aplikasi MAXstream sekarang di Play Store dan App Store, GRATIS!!!