Yuk, Kenalan dengan 10 Genre Musik Ini! | Telkomsel

Yuk, Kenalan dengan 10 Genre Musik Ini!

Article

Setiap genre musik disukai oleh orang-orang di berbagai negara. Ini karena selera musik yang dimiliki setiap orang sangat berbeda satu dengan lainnya. Salah satu genre musik yang cukup populer adalah genre pop. Genre pop ini juga dibagi menjadi beberapa sub-genre, misalnya Korean pop (K-pop) atau Indonesian pop (I-pop).

 

Apa Itu Genre Musik?

Memangnya, genre musik tuh apa ya? Secara harfiah, genre berasal dari bahasa Perancis yang artinya jenis atau tipe. Genre musik adalah perbedaan gaya dan bentuk musik dalam berbagai kategori. 

 

10 (Sepuluh) Genre Musik

Yuk, simak pembahasan 10 genre musik di bawah ini!
 

  1. Rock

    Jenis musik ini berasal dari musik Rock & Roll Amerika Serikat. Ciri khasnya yaitu ketukannya keras dan kuat, sehingga banyak anak muda yang suka jenis musik ini. Faktanya, musik rock bahkan telah ada sejak 1950-an. 

    Musisi yang populer dengan musik rock contohnya yaitu Metallica dan Nirvana, sedangkan di Indonesia, salah satu musisinya yaitu Superman Is Dead.
     

  2. Jazz

    Jazz berasal dari New Orleans, Amerika Serikat dengan pengaruh musik Afrika Barat. Genre ini adalah salah satu genre musik paling kompleks. Seorang musisi jazz butuh teknik yang tinggi, pengetahuan soal harmoni musik, dan keterampilan komposisi antara bermusik dan liriknya. 

    Dalam musik jazz, biasanya terdengar bass, drum, dan saxophone. Ciri lain musik jazz yaitu penyanyi lagu jazz sering melakukan improvisasi ketika membawakannya.

    Contoh musisinya yaitu Frank Sinatra dan Michael Bublé untuk musisi luar negeri serta Tompi dan Indra Lesmana untuk musisi Indonesia.

 

Baca Juga: 5 Aplikasi Musik Terbaik untuk Mendengarkan Musik Tahun 2020 
 

  1. Pop

    Genre yang satu ini terbilang paling banyak dijumpai sekarang ini. Musik pop menggunakan melodi dasar, chorus, dan progresi yang easy-listening. Musik pop punya gaya yang berbeda-beda, tapi strukturnya serupa. Lirik lagunya pun biasanya mirip-mirip, misalnya tentang kisah cinta atau hubungan antar manusia.

    Musisi Indonesia yang terkenal dengan genre ini ada banyak, salah satunya Tulus. Di luar negeri, ada Ariana Grande, Justin Bieber, dan lainnya.
     

  2. Reggae

    Genre musik reggae berasal dari lagu ciptaan Toots and Maytals di Jamaika. Judul lagunya yaitu "Do the Reggae". Di zaman sekarang, reggae sudah terpengaruh jazz, blues, dan genre lainnya. 

    Musisi terkenal yang membawakan musik reggae yaitu Bob Marley. Di Indonesia, kamu bisa dengar musik reggae dari Tony Q Rastafara dan Steven & Coconut Treez.
     

  3. Hip-hop

    Musik hip-hop merupakan jenis musik yang khas karena terdengar seperti sebuah pidato dengan irama atau disebut rap. Musik ini memiliki rima yang tajam dan pelafalan yang sangat jelas untuk menyampaikan liriknya.

    Rap dan trap merupakan subgenre hip-hop yang sudah bisa ditemukan dimana-mana. Nah, musisi luar negeri terkenal yang beraliran musik hip-hop adalah Eminem. Kalau di Indonesia, ada Saykoji dan Iwa K.
     

  4. Blues

    Blues adalah genre Afrika-Amerika yang tujuan dibuatnya adalah untuk menunjukkan emosi melalui lirik lagunya. Itulah alasan kenapa musik maupun lirik lagu blues ini sebagian besar tentang kesedihan.

    Musisi luar negeri beraliran musik blues yaitu BB King, Gary Moore, dan lainnya. Gugun Blues Shelter adalah contoh musisi genre blues Indonesia.
     

  5. Soul

    Masih dengan genre musik populer yang ada unsur musik Afrika-Amerika, genre soul ini juga menggabungkan ritme, blues, dan jazz. Musisi yang terkenal dengan aliran ini yaitu Stevie Wonder, Diana Ross, the Jackson 5, dan lain-lain, serta Teddy Adhitya sebagai contoh musisi Indonesia yang beraliran soul.
     

  6. Electronic Dance Music (EDM)

    Musik EDM ditandai dengan ketukan bass yang kuat dan energinya tinggi, sehingga cocok digunakan untuk menari. Biasanya, akan ada peningkatan intensitas dan tempo di satu bagian musiknya. Musisi terkenal dengan genre ini yaitu Steve Aoki, sedangkan contoh musisi di Indonesia bergenre EDM yaitu Weird Genius.
     

  7. Klasik

    Musik klasik adalah sebutan untuk sebagian besar musik instrumental yang formal di negara Barat. Genre ini sering disebut sebagai musik mahal. Musik klasik dimainkan oleh komposer-komposer berpengaruh dunia, seperti Ludwig van Beethoven, Wolfgang Amadeus Mozart, Franz Schubert, dan komposer lainnya. Di Indonesia, ada Addie MS dengan genre ini.
     

  8. Country

    Genre musik Amerika yang berakar dari musik folk dan barat Amerika ini cukup populer. Musiknya dibentuk dengan instrumen yang sederhana, seperti gitar listrik, drum, dan mandolin.

    Taylor Swift merupakan salah satu musisi dengan genre ini. Di Indonesia, ada Iwan Fals yang membawakan musik country.

 

Nah, sekarang jadi makin kenal sama ke-10 genre musik di atas, deh! Kamu bisa dengerin musik dengan berbagai genre di platform musik, seperti Spotify, JOOX, dan lain-lain! 

 

Untuk nikmati kemudahan pakai Spotify Premium, kamu bisa bayar Spotify Premium dengan pulsa Telkomsel, lho! Caranya mudah lagi. Kamu tinggal pilih pulsa sebagai pembayaran untuk Spotify Premium. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan untuk pembelian paket JOOX VIP. Kamu bisa pilih bayar dengan pulsa Telkomsel saat pembayarannya. 

 

Kalau suka paket ketengan, ada juga lho paket Ketengan JOOX yang bisa dapat voucher gratis tambahan! Dapatkan tambahan langganan 3 hari untuk pembelian paket 20 GB atau 7 hari untuk pembelian paket 35 GB selama periode programnya masih berjalan, ya! Cek caranya di halaman Ketengan JOOX Telkomsel!


Baca Juga: Bangkitkan Jiwa Nasionalisme dengan Playlist Kemerdekaan di LangitMusik

scroll