QRIS Adalah: Pengertian, Cara Penggunaan, dan Manfaatnya

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Teknologi dalam transaksi digital semakin canggih saja beberapa waktu belakangan ini. Salah satunya QRIS yang semakin lazim digunakan untuk transaksi di berbagai merchant. QRIS adalah platform yang bisa menghindarkan kita dari keharusan bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Jadi lebih aman, bukan?

 

Apa itu QRIS?

Kepanjangan QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard, yaitu tindakan standardisasi yang dilakukan Bank Indonesia bagi seluruh platform fintech di Tanah Air. Ini misalnya DANA, OVO, GoPay, LinkAja, dan banyak lagi.

 

Adanya QRIS jadi menyeragamkan berbagai jenis kode QR milik PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran). Harapannya, aktivitas keuangan digital dengan kode QR jadi semakin mudah, aman, dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

 

Mengingat seluruh kode QR sudah terintegrasi dalam QRIS, sekarang kamu dapat bertransaksi cukup dengan scan di tempat yang sama pada seluruh pedagang yang tergabung dalam program tersebut.

 

Terkait dengan pembayaran menggunakan QRIS, biaya MDR QRIS adalah 0,7% yang menjadi tanggungan merchant atau pedagang. MDR sendiri adalah merchant discount rate yang nilainya sebenarnya cukup kecil.

 

Tujuan Dibuatnya QRIS

Dari penjabaran di atas, kita bisa menyimpulkan kalau tujuan pembuatan QRIS adalah untuk memudahkan pembayaran digital. Ini nggak cuma menguntungkan bagi konsumen aja lho, tapi juga pedagang. Pasalnya, kini semua pembayaran digital pengawasannya jadi lebih baik karena kebijakan satu pintu ini.

 

Selain itu QRIS juga membantu meminimalisir risiko menjadi korban penipuan karena seluruh transaksinya berlangsung tanpa melibatkan uang tunai melainkan dengan kode QR. Untuk menjadi mitra, merchant juga nggak perlu membuka akun dompet digital maupun bank yang berbeda-beda.

 

Tinggal mendaftar QRIS saja dan toko kamu sudah dapat menerima pembayaran digital dari berbagai platform.

 

Lembaga yang Mengembangkan QRIS

lembaga yang mengembangkan QRIS adalah platform-platform sistem pembayaran digital dan dan Bank Indonesia demi meningkatkan keamanan transaksi nontunai. Jadi seluruh perusahaan PJSP wajib menerapkan QRIS jika berniat menggunakan kode QR sebagai salah satu sistem pembayarannya.

 

QRIS sendiri bisa kamu gunakan pada mitra pedagang, baik toko, warung, tiket, parkir, sampai donasi yang mempunyai logo QRIS.

 

Untuk pedagang, bisa membuka akun pada penyelenggara QRIS yang telah mengantongi izin BI. Dengan begitu pedagang sudah bisa menerima pembayaran dari konsumen dengan kode QR dari aplikasi mana saja.

 

Cara Penggunaan QRIS

Mengenai pembayaran menggunakan QRIS untuk pedagang, ada dua cara, yaitu Merchant Presented Mode (MPM) Statis dan Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis.

 

Untuk MPM Statis pedagang tinggal memasang stiker atau print out kode QR QRIS. Selanjutnya konsumen yang membayar cukup memindai kode tersebut, melakukan input nominal pembayaran, memasukkan pin, dan klik pembayaran.

 

Notifikasinya juga bakalan diterima secara instan baik oleh konsumen maupun pedagang.

 

Selanjutnya MPM Dinamis, kode QR-nya terbit melalui perangkat mesin EDC atau bisa juga dari smartphone. Kalau ada konsumen yang akan membayar, pedagang tinggal memasukkan nominal pembayaran, konsumen memindai QRIS, dan notifikasi akan muncul.

 

Prosedur tersebut umumnya untuk transaksi-transaksi digital dengan nilai menengah sampai tinggi.

 

Untuk konsumen tentunya tinggal memindai kode QR KRIS dan pembayaran melalui dompet digital kamu bakal diproses dalam waktu singkat.

 

Manfaat QRIS untuk Perorangan dan Bisnis

Begini detailnya manfaat platform QRIS ini untuk pedagang maupun konsumen.

 

Bagi Merchant

  • Berpeluang meningkatkan sales karena pedagang menyediakan pilihan sistem pembayaran kekinian yang praktis.
  • Membantu upaya branding.
  • Lebih praktis cukup dengan satu kode QR Qris yang telah terintegrasi apa pun platform pembayaran digital konsumen.
  • Menghemat dana untuk mengelola kas.
  • Terhindar dari risiko mendapat uang palsu.
  • Nggak perlu menyediakan uang nominal kecil/uang logam untuk kembalian.
  • Setiap transaksi akan terdokumentasi otomatis dan dapat diakses setiap saat.
  • Jadi lebih mudah memisahkan dana perusahaan dan pribadi.
  • Membangun rekam jejak credit profile demi kemudahan mendapatkan kredit di masa depan.

 

Bagi Konsumen

  • Sistem pembayaran digital yang modern, praktis, dan cepat.
  • Lebih aman karena nggak perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak saat bepergian/liburan.
  • Scan QR code bisa dilakukan pada semua simbol QRIS karena telah terintegrasi.
  • Transaksi digital semakin terlindungi karena PJSP yang tergabung dalam QRIS mendapat pengawasan Bank Indonesia. 

 

Penutup

QRIS adalah solusi dalam pembayaran digital modern yang memberi aneka kemudahan dan manfaat bagi pedagang dan konsumen. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk bayar QRIS adalah LinkAja.

 

LinkAja merupakan aplikasi besutan Telkomsel yang menawarkan kenyamanan optimal ketika memenuhi keperluan transaksi digital kamu. Mau beli pulsa, top up game, melakukan pembayaran online, belanja, membayar tagihan, transfer, berdonasi, sampai bayar QRIS, semua bisa kamu lakukan cukup pakai smartphone. LinkAja juga menyediakan fitur untuk berinvestasi emas maupun reksadana lho. Yuk cari tahu detailnya hanya di Telkomsel.

 

Jangan mau ketinggalan, yuk download aplikasinya sekarang.

 

Baca juga: 10 Tagihan yang Bisa Dibayar Pakai LinkAja