Manfaat Jogging untuk Perempuan

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Jogging menjadi salah satu olahraga yang diminati di masa pandemi ini. Selain tak memerlukan banyak alat dan bisa dilakukan kapan aja kamu mau, manfaat jogging juga ternyata banyak banget, lho, seperti membuat tubuh menjadi lebih bugar, mengurangi berbagai resiko penyakit, hingga membakar kalori. Itulah mengapa, olahraga jogging juga cocok nih, buat dilakukan oleh para perempuan yang sedang ingin mencoba gaya hidup sehat.

 

Selain sehat, kamu juga bisa dapat bonus bentuk tubuh yang lebih ideal dengan berolahraga jogging, lho. Biar kamu nggak makin penasaran, kali ini kita bahas berbagai manfaat jogging untuk perempuan, yuk!

 

  1. Menurunkan Berat Badan
    Udah jadi rahasia umum nih, kalau olahraga jogging bisa membantumu untuk menurunkan berat badan. Saat melakukan jogging, tubuhmu akan bergerak dan pembakaran kalori akan terjadi. Eits, hal ini juga udah dibuktikan dalam sebuah jurnal berjudul ‘Influence of 12-week jogging on body fat and serum lipids’ yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, lho. 

    Berdasarkan jurnal tersebut, seseorang yang berlari sejauh 4,8 KM akan kehilangan 9,4% lemak tubuh dibandingkan yang tidak berlari. Belum lagi, fakta bahawa berlari selama 10 menit bisa membakar 180-266 kalori. Wah, jadi mau lari ya!

 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
    Pada saat melakukan olahraga jogging, detak jantungmu akan terlatih untuk bekerja sesuai dengan ritme gerakan tubuh. Lama-kelamaan, jantung yang terlatih ini akan menjadi lebih kuat. Orang yang hobi berjogging juga akan memiliki kolesterol kardiovaskular yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga jogging, lho.   

 

  1. Baik untuk Otot dan Tulang
    Buat para perempuan yang mau mengencangkan otot betis, hamstring, dan gluteal, bisa banget nih, rutin melakukan olahraga jogging. Selain itu, olahraga yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan massa otot rangka. 

    Nggak sampai disitu, merawat kesehatan tulang juga penting banget nih, buat perempuan apalagi pasca-menopause. Untungnya, kamu bisa mencegah osteoporosis pada tulang dengan cara rajin melakukan olahraga jogging. Tulang belakang kamu juga akan lebih terhidrasi dengan melakukan olahraga jogging sehingga fleksibilitas tulang belakang lebih meningkat. 

 

Baca juga: Manfaat Olahraga dari Gerakan Sederhana

 

  1. Bikin Mood Jadi Positif
    Tahukah kamu? Semua jenis olahraga aerobik termasuk jogging bisa bikin mood kamu jadi kembali positif, lho. Setelah melakukan olahraga jogging, suasana hatimu akan menjadi lebih baik dan mood-pun jadi lebih positif. Nah, kalau suasana hati positif, semoga tingkat stress dalam diri kamu juga bisa terbantu untuk teratasi, ya. 

 

  1. Kulit Lebih Sehat dan Cerah
    Ini nih, salah satu manfaat jogging yang pasti diinginkan oleh semua perempuan. Yup, kulit sehat, cerah dan auto-glowing! Pada saat melakukan olahraga jogging, tubuh akan memproduksi banyak banyak keringat keluar dari pori-pori sehingga semua kotoran yang tadinya ada di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat. Hasilnya, kulitmu pun akan terlihat lebih bersih. Eits, tapi jangan lupa untuk membersihkan wajah setelah berolahraga juga, ya. 

 

  1. Memperlancar Sirkulasi Darah
    Nggak kalah penting, olahraga jogging juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Nah, dengan sirkulasi darah yang lancar, banyak banget nih, keuntungan bagi tubuh yang akan kamu peroleh, antara lain kecerahan kulit meningkat karena suplai nutrisi dan oksigen ke kulit yang lancar hingga rambut lebih sehat. 

 

Wah, ternyata banyak banget ya, manfaat jogging untuk kesehatan perempuan. Sebenarnya, bukan cuma buat perempuan, tapi jogging memang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh orang-orang yang rutin melakukannya. Ingat guys, kunci utama dari berolahraga adalah kekonsistenan dalam melakukannya. Terkadang, banyak olahraga yang jadi tidak optimal karena seseorang hanya rajin melakukannya di awal dan menjadi malas di akhir, Biar kamu lebih konsisten dalam menerapkan pola hidup sehat, kini ada aplikasi FITA by Telkomsel yang udah bisa di-download di Google Play Store dan App Store, lho. 

 

Melalui aplikasi FITA, kamu bisa mengakses berbagai macam program gaya hidup sehat, konten-konten yang berkaitan dengan gaya hidup sehat, serta fitur yang bisa kamu personalisasi demi mencapai goals hidup sehatmu. Serunya lagi, aplikasi FITA ini bisa kamu akses dengan menggunakan paket ComboFit FITA dari Telkomsel. Mulai dari 50ribu-an aja, kamu udah bisa dapat Asuransi Kecelakaan Diri Allianz, akses premium aplikasi FITA, hingga bonus kuota 20GB di aplikasi FIta.Tunggu apalagi? Yuk, cari tahu sekarang dan mulai hidup sehatmu bareng FITA!

 

Beli paketnya