Manfaat Olahraga dari Gerakan Sederhana

Tidak harus gerakan-gerakan sulit, beberapa gerakan sederhana ini juga mempunyai manfaat olahraga yang luar biasa. Kita cari tahu, yuk!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Di masa pandemi seperti saat ini, aktivitas kita memang jadi terbatas. Kita yang tadinya bisa bebas beraktivitas di luar rumah, kini jadi di rumah aja. Bukan hanya itu, menjaga kesehatan tubuh pun kian menjadi penting dari virus-virus yang ada di sekitar kita. Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan berolahraga. Manfaat olahraga amat baik bagi tubuh, seperti mengontrol berat tubuh, membuat mood menjadi lebih baik, menyehatkan tulang, hingga menjaga imun tubuh yang memang sangat dibutuhkan di masa-masa seperti ini.

 

Lalu, bagaimana ya, caranya kamu bisa berolahraga di saat ruang gerak sedang dibatasi seperti saat ini? Tenang, kamu bisa memulainya dengan melakukan beberapa gerakan olahraga sederhana. Tidak perlu gerakan-gerakan yang sulit, beberapa gerakan sederhana juga punya manfaat yang besar bagi tubuh, lho. Penasaran? Kita cari tahu macam-macam gerakan sederhana olahraga di bawah ini, yuk!

 

  1. Sit Up

Gerakan olahraga sederhana dengan manfaat luar biasa pertama yang bisa kamu coba adalah Sit Up. Tidak membutuhkan ruang yang luas, Sit Up bisa kamu lakukan dimana saja. Nah, kamu pasti sudah tahu kalau sit up akan membantu mengencangkan otot perut, tapi selain itu Sit Up juga bisa membantu menjaga keseimbangan hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh. Cedera pada punggung juga akan berkurang dengan rutin melakukan Sit Up.

 

    1. Push Up

    Selain Sit Up, ada juga olahraga Push Up yang tak memerlukan ruang yang luas. Gerakan Push Up pun bermacam-macam dengan manfaat yang juga beragam. Misalnya, gerakan T Push Up yang berfokus pada bagian lengan, dada, perut, dan paha atau gerakan Dive-Bomber yang akan berfokus pada paha bagian belakang, lengan, punggung, bahu, dan perut. Selain mampu mengencang otot tubuh dan membentuk lengan, rutin melakukan Push Up juga akan membantu untuk mengurangi sakit punggung, lho.

     

      1. Lompat Tali

      Siapa nih, yang suka main lompat tali? Selain menyenangkan, olahraga sederhana yang satu ini juga punya banyak manfaat buat kamu. Beberapa manfaat baik olahraga lompat tali antara lain untuk membakar kalori, membentuk otot perut, melatih otot betis, mengecilkan paha, hingga melatih detak jantung kita asal tetap dilakukan dengan benar. Tak perlu kemana-mana, kamu juga bisa melakukan olahraga ini dari rumah aja kapanpun yang kamu mau.

       

        1. Yoga

        Olahraga selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Yoga. Yoga menjadi olahraga yang kian digemari oleh banyak orang karena bisa dilakukan dari rumah aja. Selain itu, banyak juga kelas-kelas Yoga gratis yang bisa kamu ikuti dengan menontonnya via YouTube, lho. 

         

        Nah, biar lebih lancar Yoga-nya, kamu bisa mengikuti berbagai tutorial di YouTube sampai puas dengan Telkomsel InternetMAX. Mulai dari 14ribu-an aja kamu udah bisa internetan dengan jaringan terluas dan memilih berbagai macam aplikasi media sosial sesuai kebutuhan. Kalau udah rutin melakukan olahraga Yoga, keseimbangan tubuh kamu akan lebih terjaga dan dirimu juga akan menjadi lebih tenang sehingga stres dapat dihindari. 

         

        Baca juga: Tips Sehat Paling Penting dan Utama untuk Terlindung dari Virus Corona

         

          1. Squat

          Olahraga dengan gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah Squat. Gerakan ini tergolong sederhana karena kamu hanya perlu berdiri dan jongkok. Eits, walaupun terlihat sederhana, tapi gerakan yang berfokus untuk memperkuat otot tubuh bagian bawah dan menjaga fleksibilitas tubuh ini amat sulit untuk dilakukan. Berani coba?

           

            1. Naik Turun Tangga

            Walaupun terlihat sederhana tapi nyatanya naik turun tangga juga bisa membantumu untuk membakar kalori. Yup, olahraga yang satu ini memang hanya menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali, itulah mengapa disebut sederhana. Coba deh, mulai sekarang kamu latihan untuk naik turun tangga selama 15-20 menit sehari, tubuhmu pasti akan merasa lebih segar dan sehat.

             

              1. Plank

              Gerakan olahraga sederhana yang juga bisa kamu coba adalah Plank. Hampir mirip dengan Push Up, saat melakukan Plank, kekuatan akan berpusat pada kedua lengan tangan kamu. Nah, lama kelamaan, massa otot dapat terbentuk dan lemak di sekitar perut akan menghilang. Tak perlu lama-lama, kamu cukup melakukan Plank secara rutin selama 10-30 detik di setiap harinya dan manfaat luar biasa akan kamu dapatkan.

               

              Itu dia beberapa gerakan sederhana dalam berolahraga dengan manfaat yang luar biasa. Ternyata bukan hanya menyehatkan dari segi fisik, tapi olahraga juga dapat membuatmu lebih segar, bahagia, dan mengurangi stres, lho. Jadi, mau mulai olahraga apa nih, hari ini?