IMF Sebut Indonesia Jadi Titik Terang Ekonomi Dunia

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Sering dengar tentang IMF? Kamu tahu nggak sih kalau beberapa waktu lalu, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memuji Indonesia sebagai titik terang saat adanya kesuraman ekonomi dunia? Buat tahu lebih banyak tentang informasi ini, simak pembahasannya lebih lanjut di bawah, yuk!

 

Tentang Lembaga IMF

Pertama-tama, tahukah kamu apa itu IMF? IMF merupakan singkatan dari International Monetary Fund atau Dana Moneter Internasional dalam Bahasa Indonesia. IMF adalah lembaga yang memiliki tanggung jawab untuk membuat serta menjaga sistem moneter internasional. 

 

Selain itu, International Monetary Fund yang dibentuk bersamaan dengan dibentuknya Bank Dunia ini juga menawarkan bantuan atau pinjaman dana untuk memperbaiki neraca pembayaran di negara-negara yang membutuhkan.

 

Sumber dana International Monetary Fund sendiri berasal dari sumbangan negara-negara yang termasuk dalam keanggotaan IMF. Saat ini, ada 190 negara anggota IMF dengan kantor pusat lembaga International Monetary Fund berada di Washington DC, Amerika Serikat.

 

IMF Puji Indonesia

Pada tanggal 17 Juli 2022, Presiden Joko Widodo kedatangan tamu delegasi Dana Moneter Internasional (IMF) yaitu Direktur Pelaksana Lembaga IMF Kristalina Georgieva di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Kristalina Georgieva sebut Indonesia sebagai titik terang di tengah kesuraman ekonomi dunia. 

 

Pujian ini membuat Jokowi senang karena menurutnya, kepercayaan dunia terhadap Indonesia bisa bertambah. Ditambah lagi, pujian kepada Indonesia ini diberikan ketika banyak negara di dunia sedang antre untuk dapat bantuan pendanaan dari International Monetary Fund atau IMF.

 

IMF juga mengumumkan bahwa proyeksi tingkat pertumbuhan global menjadi 2,7% di tahun 2023. Kristalina Georgieva sebagai direktur pelaksana IMF juga mengatakan dalam pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Washington bahwa kini situasi sedang sulit, tapi pasti bisa dihadapi.

 

Banyak ekonom, seperti Presiden Bank Dunia David Malpass dan Kristalina Georgieva dari IMF, menyatakan beberapa faktor yang mengakibatkan perlambatan ekonomi global. Faktor-faktor tersebut yaitu adanya pandemi, inflasi, perang di Ukraina, perlambatan ekonomi China, penguatan nilai tukar dolar AS, hingga perubahan iklim.

 

Baca Juga: Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM untuk Perkuat Perekonomian Bangsa

 

Prediksi Ekonomi Indonesia 2022

Presiden Joko Widodo juga berkata bahwa sejumlah lembaga internasional memperkirakan perekonomian dunia akan semakin gelap dari tahun ke tahun. Maka dari itu, dikhawatirkan juga akan ada dampak dari prediksi ekonomi dunia ini kepada Indonesia.

 

Dengan begitu, Presiden Jokowi meminta kewaspadaan masyarakat terhadap prediksi ekonomi yang ada ini. Walaupun begitu, Jokowi juga meminta masyarakat supaya tetap optimis terhadap prospek perekonomian Indonesia ke depan karena indikator perekonomian seperti pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional masih lebih baik.

 

Presiden Jokowi juga memberikan prediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III/2022 berkisar 5,4—6 persen. Di kuartal kedua di tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga berhasil mencapai 5,44 persen.

 

Prediksi Bank Indonesia

Menurut Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi nasional akan mencapai 5,2 persen di tahun 2022 dengan dukungan ekspor serta konsumsi dalam negeri yang perlu dijaga.

 

Jadi, tambah Perry pada 19 Oktober 2022, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi dari dunia dan negara berkembang lainnya. Pertumbuhan ini terjadi karena Indonesia berhasil mempertahankan daya beli masyarakat yang kemudian menyumbang lebih dari 50% PDB atau Produk Domestik Bruto.

 

Sementara itu, Perry memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi ini bisa mencapai 4,6% sampai 5,3% atau lebih tinggi daripada ekonomi global yang diprediksi akan tumbuh sebesar 2,6%. 

 

Bank Indonesia juga mendorong penyaluran kredit ke sektor-sektor prioritas, seperti usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

 

Nah, itu dia pembahasan singkat tentang keadaan ekonomi Indonesia dan dunia. Buat cari tahu lebih banyak tentang IMF dan ekonomi dunia, gunakan paket Combo Sakti dari Telkomsel yang sudah termasuk kuota SMS, telepon, dan internet!

 

Kalau kamu butuh internetan sekeluarga, ada juga paket Kuota Keluarga yang bisa digunakan bersama anggota keluarga lainnya! Lalu, kalau masih butuh kuota tambahan, kamu bisa beli paket Ekstra Kuota, ya! Yuk, belajar ekonomi bareng Telkomsel!

 

Baca Juga: Patriot Desa Digital Memberdayakan Ekonomi Masyarakat dengan Teknologi

 

Temukan paket terbaik khusus untuk Anda