Apa itu Investasi Emas? Cara Menabung di Pegadaian Online

Apa itu Investasi Emas? Cara Menabung di Pegadaian Online

 

 

Untuk menjamin masa depan yang lebih sejahtera dan meningkatkan penghasilan, kamu perlu berinvestasi sedini mungkin. Tapi, apa itu investasi? Investasi adalah menanamkan modal pada suatu instrumen yang berpeluang meningkat nilainya di masa depan sehingga investor dapat meraup keuntungan.

 

Salah satunya dengan membeli emas, mengingat nilainya yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu dan keunggulannya yang kebal inflasi. Sejak dahulu orang sudah memercayai emas sebagai instrumen investasi. 

 

Lalu gimana di zaman sekarang? Saat ini, kamu dapat melakukan investasi emas secara mudah dan praktis, lho. 

 

Apa itu Investasi Emas?

Seperti yang udah disinggung di atas mengenai apa itu investasi emas, kamu bisa menginvestasikan modal kamu terhadap emas. Misalnya dengan membeli dan menabung emas.

 

Sebagian orang lebih memilih emas untuk menyimpan aset dan berinvestasi daripada saham yang secara signifikan nilainya bisa naik turun.

 

Kebanyakan emas yang beredar di pasar Indonesia diproduksi oleh PT Aneka Tambang (Antam) serta PT Untung Bersama (UBS). Untuk emas Antam udah mempunyai sertifikat internasional yang mendapat pengakuan oleh London Bullion Market Association. Sementara emas UBS baru mengantongi sertifikat nasional.

 

Keuntungan Investasi Emas

Ada beberapa alasan mengapa kamu wajib berinvestasi dalam emas. 

 

1. Nilainya Cenderung Stabil

Kelebihan pertama investasi emas adalah nilainya yang cenderung stabil dari masa ke masa. Salah satu alasannya, yaitu jumlah permintaan dan penawaran pada pasar emas jelas.

Tak hanya dipandang sebagai komoditas, instrumen investasi emas juga berkaitan dengan gaya hidup orang. Jadi risiko penurunan harga aset emas bisa dikatakan kecil saat transaksi emas masih terjadi di mana-mana. 

 

2. Mudah Dicairkan Menjadi Uang Tunai

Memiliki aset dalam bentuk tabungan emas lebih mudah dicairkan ketika sewaktu-waktu kamu membutuhkan dana segar. Coba bandingkan dengan aset properti yang perlu waktu lama untuk terjual.

 

Ini termasuk emas digital yang diakui legalitasnya di hampir seluruh dunia. Inilah sebabnya proses pencairan aset emas lebih mudah dilakukan di mana pun.

 

3. Bebas Bunga

Saat kamu ingin melakukan likuidasi di luar aset emas, umumnya jumlah yang kamu terima akan mempunyai selisih yang terbilang signifikan dari nilai aset semula. Ini karena keberadaan bunga. Sebaliknya, pada investasi emas, hal ini nggak berlaku karena emas bebas bunga.

 

Jadi saat kamu menjual emas simpanan, nilai emas yang kamu cairkan akan sama dengan nilai yang kamu miliki di tabungan.

 

4. Bisa Menjadi Dana Darurat

Nggak jauh berbeda dengan tabungan konvensional, simpanan emas kamu juga bisa jadi dana darurat. Ini artinya setiap kali kamu butuh dana segar sewaktu-waktu, emas tersebut dapat dijual. Jadi, menabung emas secara teratur dapat menjadi salah satu upaya investasi sekaligus menjaga kestabilan finansial-mu.

 

Selain nilainya yang cenderung stabil dan likuiditasnya yang tinggi, tabungan emas bisa jadi simpanan darurat atau persiapan dana pensiun.  

 

5. Melindungi Nilai Kekayaan

Nilai emas jarang sekali menurun, bahkan cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, emas adalah instrumen yang tahan inflasi sehingga cocok sebagai alat pelindung kekayaan yang baik.

 

Ini tercermin dari sifatnya, yaitu nilainya senantiasa stabil, bahkan cenderung naik, sehingga kamu berkesempatan mendapatkan return yang lebih tinggi ketika menjual emas.

 

Cara Menabung Emas di Pegadaian Online

Sebagai alternatif investasi emas yang kekinian, kamu bisa menabung emas secara aman di Pegadaian dengan aplikasi LinkAja. Begini cara menabung emas di Pegadaian melalui aplikasi tersebut.

 

Baca juga: 5 Promo ‘Menarique’ Pakai LinkAja

 

  1. Download dan akses aplikasi LinkAja, lalu klik menu “Lainnya” dan gulir ke icon Pegadaian
  2. Klik/pilih pada bagian “Tabungan Emas”
  3. Input data pribadi sesuai permintaan
  4. Konfirmasi ulang informasi dan jangan lupa cek saldo kamu masih mencukupi sebagai setoran awal
  5. Masukkan PIN aplikasi LinkAja dengan benar
  6. Proses selesai dan untuk cek “Tabungan Emas” milikmu, masuk kembali ke bagian menu “Tabungan Emas” seperti petunjuk di atas

 

Jenis Produk Investasi Emas

Untuk investasi emas, kamu dapat menanamkan modal pada instrumen-instrumen ini:

 

  • Emas Batangan

Logam mulia dalam bentuk emas batangan adalah tipe investasi yang aman karena nilainya stabil, mudah pencairannya, dan nggak terdampak inflasi maupun faktor-faktor eksternal. Membeli emas batangan juga bisa jadi opsi untuk investasi jangka panjang. Namun pertimbangkan faktor keamanan jika menyimpan barang berharga ini di rumah.

 

  • Perhiasan Emas

Emas perhiasan paling banyak diminati karena dapat sekaligus kamu kenakan, misalnya pada acara-acara istimewa. Sayangnya nilai imbal hasilnya nggak setinggi produk emas yang lain karena terpotong jasa pembuatan, model perhiasan, beratnya berkurang, dan jangka waktu pemakaian.

 

  • EFT (Exchange Traded Fund) Emas dan Reksa Dana

Jika ingin berinvestasi emas secara aman, EFT dan reksa dana bisa jadi pilihan. Pasalnya kamu tetap berhak atas kepemilikan sejumlah aset emas tanpa perlu mengurus biaya keamanan maupun asuransi emas.

 

Sementara jika ingin bertransaksi emas melalui kedua instrumen tersebut, memang ada biaya yang dibebankan, namun biasanya jauh lebih rendah daripada aset lainnya.

 

  • Emas Berjangka

Ini merupakan kontrak berjangka untuk jual beli emas pada jangka waktu tertentu. Setiap kontrak nilainya setara dengan sejumlah emas tertentu dan pembayaran bisa dengan emas fisik maupun dolar. Ini sesuai dengan spesifikasi tiap-tiap kontrak.

 

Sedikit banyak tentunya kamu udah dapat gambaran tentang apa itu investasi emas, bukan? Yang jelas, investasi logam mulia ini cocok untuk pemula karena lebih minim risiko dan semakin praktis prosesnya.