7 Mainan Kreatif Anak Buatan Sendiri dari Barang Bekas

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Membahagiakan anak nggak selalu harus dengan mainan mahal. Mainan kreatif buatan sendiri pun sudah cukup membuat anak tertawa dan dekat dengan orang tua. Manfaat terbaik membuat mainan bersama adalah mengajarkan kreativitas pada anak, hingga membuat bonding antara anak dan orang tua makin erat.

 

Kamu pun bisa belajar membuat mainan sendiri di rumah. Libatkan anak-anak untuk ikut membuatnya. Kamu bisa memberikan pengalaman seru untuk mengisi hari libur yang menyenangkan bersama keluarga.

 

Do It Yourself Mainan Anak Kreatif

Mau coba bikin mainan kreatif anak buatan sendiri? Berikut ini kamu bisa belajar tutorial cara-cara sederhana membuatnya:

 

1.   Rumah-rumahan dari Kardus Bekas

Mau main rumah-rumahan bareng anak dengan cara yang seru dan kreatif? Kamu bisa coba membuat mainan rumah dari bahan kardus bekas bersama anak. Kalau ada banyak kardus di rumah jangan buru-buru kamu buang ya, karena bisa untuk bahan kreatif mainan.

 

Caranya buatlah potongan kardus untuk menyusun elemen rumah masing-masing yakni atap rumah, rangka dinding rumah lengkap dengan pintu dan jendela. Bisa kamu mulai dengan menggambar polanya lebih dulu di kardus, lalu memotongnya.

 

Setelah itu rekatkan semua elemen menggunakan lem. Buatlah bagian depan rumah yang benar-benar mirip, memiliki pintu dan jendela yang terbuka.

 

Mainan ini cantik, kreatif, dan nggak perlu modal uang. Cukup menggunakan alat gunting, penggaris, dan lem. Tutorial lengkapnya bisa kamu cek di sini ya.

 

2.   Helikopter dari Botol Bekas

Helikopter dari botol bekas ini memang menarik, sebab bisa berputar layaknya mainan yang dibeli dari toko! Permainan sederhana tetapi benar-benar seperti aslinya ini, bisa kamu coba dengan mengikuti tutorial di bawah.

 

Untuk membuatnya, gunakan sedikit sumber arus baterai dan potongan-potongan botol minuman kemasan. Kamu perlu sedikit paham koneksi listrik untuk jenis mainan ini, tetapi hasilnya bakal bikin anak-anak senang. 

 

Gimana cara bikinnya? Kamu bisa cek lengkapnya di sini untuk bisa menghasilkan mainan pesawat helikopter yang unik dan lebih murah.

 

3.   Kereta dari Bekas Roll Tisu

Mau bikin kereta api mainan dari barang bekas? Coba pakai roll tisu yang sudah kosong. Mainan kreatif anak dari barang bekas ini juga bisa menjadi sarana mengenalkan anak untuk mendaur ulang sampah kertas bekas tisu gulung yang nggak terpakai lagi.

 

Beberapa bahan tambahan yang perlu kamu siapkan adalah tutup botol sebagai roda, kertas, lidi, serta alat-alat pemotong dan perekat. Mainan ini akan terlihat unik dan seru karena bisa berjalan beriringan layaknya mainan kereta api yang kamu beli

.

Gimana cara bikinnya? Kamu bisa cek tutorialnya lengkapnya di sini.

 

4.   Roket Mainan dari Botol Plastik

Mau main perang-perangan seru pakai roket buatan sendiri? Kamu bisa coba mainan yang satu ini. Bahannya utamanya dari botol minuman yang sudah kosong, kertas, kardus, dan perekat.

 

Hasilnya, kamu bisa melihat mainan menyerupai roket yang siap jadi amunisi kamu untuk bermain seru bersama anak-anak. Ingin tahu tutorial lengkapnya? Kamu bisa cek selengkapnya di sini.

 

5.   Gangsing Pelangi

Mainan gangsing ternyata bisa kamu buat dari kertas kardus saja, lho. Nggak perlu repot bikin dari kayu, apalagi beli.

 

Cukup dari bahan kardus, ditambah bahan lain seperti kertas warna, tali dan lem perekat, kamu sudah bisa main permainan rakyat yang seru ini. Kamu bahkan bisa membuat banyak untuk anak-anak yang lain.

 

Pertama, potonglah kardus sesuai bentuk gangsing dan beri kertas pewarna. Kemudian rekatkan dan hubungkan dengan tali. Gangsing dengan warna-warna pelangi pun bisa kamu mainkan. Lengkapnya tutorial permainan ini bisa kamu cek di sini.

 

6.   Mini Lid Banjos

Mainan kreatif anak selanjutnya yang juga bisa kamu bikin sendiri adalah mini lid banjos. Mainan yang akan membantu mengasah anak bermain dan mengenal musik ini, bisa dibuat hanya dari bahan bekas.

 

Bahan, cara membuat, serta memainkannya sangat sederhana, tetapi cukup membantu anak-anak bisa menikmati layaknya banjo asli. Bagaimana tutorialnya? Kamu bisa cek di sini.

 

7.   Rainbow Bubble Snakes

Permainan busa warna-warni menyerupai pelangi dengan bentuk memanjang seperti ular ini bisa mengalihkan kecanduan anak main HP berlebihan.

 

Baca juga: Pentingnya Peran Orang Tua untuk Keamanan Internet Anak

 

Mainan ini cukup seru dan bisa jadi alat bermain bersama anak-anak lainnya. Kalau biasanya kamu menemukan bubble snake dijual di toko-toko mainan, kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Kamu bisa cek tutorial lengkapnya di sini.

 

Kamu bisa cek berbagai tutorial cara membuat berbagai permainan kreatif lainnya di YouTube. Jangan lupa, untuk akses internet yang lancar dan biaya terjangkau, kamu bisa pakai paket OMG dari Telkomsel. Pilihan paket murah dengan jaringan tangguh untuk berselancar di dunia maya. Nonton apa aja jadi lebih lancar dengan paket OMG.

 

Paket OMG menawarkan kombinasi paket data internet dan nonton dengan kuota yang lebih besar dan harga terjangkau. Bandingkan dengan pilihan paket biasa, OMG jelas lebih menguntungkan.

 

Kamu mau nonton video mainan seru lainnya di Youtube, yuk isi ulang dulu dengan paket OMG Telkomsel. Pilihan paketnya cek di sini ya.

Temukan paket terbaik untuk Anda