6 Modus Penipuan Investasi Bodong Viral, Kenali Ciri-cirinya

Paket Data Orbit Telkomsel Buat YouTuber Biar Ngonten Makin Lancar

 

Investasi bodong merupakan salah satu bentuk kejahatan yang perlu kamu antisipasi saat ini. Banyak orang yang terjebak dengan penipuan ini umumnya adalah mereka yang memang kemampuan literasinya kurang. Jarang membaca dan sedikit sekali pemahamannya tentang finansial dan teknologi, bisa membuatmu terjebak dalam situasi ini. 

 

Kenali lebih detail bagaimana ciri-ciri investasi penipuan ini. Jangan hanya tertarik pada keuntungan sehingga logika berpikir kamu menjadi mati. Pelajari lebih detail sebelum memilih investasi dan temukan informasi yang terpercaya.

 

Modus Investasi Bodong yang Harus Diwaspadai

Para pelaku kejahatan umumnya menjalankan dengan menggunakan modus tertentu. Umumnya modus tersebut akan sangat menggiurkan bagi konsumen, yaitu investasi dengan potensi keuntungan yang besar dan cepat. 

 

Bagaimana ciri-ciri investasi bodong tersebut? Kenali lebih dulu beberapa modus penipuan investasi yang saat ini paling marak terjadi:

 

1. Skema Ponzi (Piramida)

Skema ponzi atau piramida merupakan bentuk modus penipuan bodong yang perlu kamu waspadai. Dalam modus ini, keuntungan yang kamu peroleh bukan dari bisnis usaha yang dikembangkan, tetapi dari dana investasi investor sesudahnya.

 

Jadi, investor lama akan mendapatkan keuntungan dari investor baru yang akhirnya membentuk piramida. 

 

Risikonya adalah tidak semua investor akan mendapatkan keuntungan yang sama. Dana investasi yang tidak cukup akan membuat sebagian investor kehilangan dana mereka. 

 

Modus ini pertama kali dilakukan oleh Charles Ponzi pada tahun 1920 di Italia. Ia akhirnya masuk penjara akibat 86 dakwaan penipuan atas dana investasi. Saat itu, dia menawarkan keuntungan 45 hingga 50% dalam waktu kurang sebulan. 

 

2. Robot Trading AI

Robot trading AI ini merupakan bentuk perangkat lunak yang dapat membantu seseorang dalam melakukan investasi untuk memilih jual atau beli. 

 

Sekilas teknologi ini tidak ada yang salah. Namun, beberapa orang akhirnya menggunakan perangkat ini untuk skema ponzi yang penuh risiko. 

 

Masih ingat kasus-kasus penipuan investasi bodong yang belakangan marak terjadi di Indonesia oleh para crazy rich alias sultan di medsos? Modus yang paling umum terjadi adalah menggunakan robot trading AI ini yang kemudian masuk dalam skema ponzi. 

 

Lebih berhati-hati dan waspadalah terhadap berbagai modus investasi penipuan saat ini walaupun menggunakan perangkat teknologi.

 

3. Binary Option

Binary option merupakan bentuk perjudian yang perlu kamu waspadai. Berkedok investasi, sebenarnya cara ini sama sekali bukan investasi. Prinsip dari binary option ini adalah bertaruh dengan naik turunnya harga seperti emas atau saham. 

 

Banyak orang terjebak dengan cara ini dan menganggap bahwa ini adalah bagian dari investasi. Faktanya, sangat jauh perbedaan antara investasi yang sebenarnya dengan binary option ini. 

 

4. Skema Pump & Dump

Bentuk penipuan yang satu ini terjadi pada pasar saham, yakni proses manipulasi pasar saham sehingga terjadi lonjakan kenaikan harga saham. Saat kenaikan terjadi, maka pengelola akan menjual saham tersebut. 

 

Kamu yang sering terjebak dengan FOMO saat melakukan investasi, bisa dengan mudah masuk dalam modus ini. Oleh karena itu, lakukan analisis yang matang dan benar-benar berdasarkan pertimbangan dan pengetahuan matang saat membeli saham dan jangan hanya ikut-ikutan tren.

 

5. Pengumpulan Dana

Modus selanjutnya yang juga sering terjadi adalah pengumpulan dana masyarakat oleh lembaga fiktif, yang berujung pada kasus penipuan.

 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tentang ketentuan perizinan sebuah lembaga yang melakukan penghimpunan dana di masyarakat. Aturan tersebut tertuang dalam Undang-Undang No 10 tahun 1998.

 

Kamu perlu membaca aturan-aturan tersebut untuk mencegah terjebak dalam penghimpunan dana yang berujung pada penipuan bodong. 

 

6. Bursa Commodity Fiktif

Para pelaku investasi bodong juga banyak memanfaatkan komoditas tertentu sebagai modus investasi bodong. Sebagai contoh misalnya komoditas hewan ternak, pertanian, dan sebagainya yang bisa dijadikan modus investasi fiktif.

 

Beberapa kasus penipuan pernah terjadi yakni investasi bodong hewan ternak yang mengaku terdaftar di OJK. Hal ini perlu kamu waspadai dan antisipasi karena sekilas investasi ini terlihat unik dan inovatif. 

 

7. Money Game Berjenjang

Modus penipuan yang juga sangat marak saat ini adalah money game berjenjang. Para pelaku biasanya akan memberikan komisi melalui aktivitas like dan view video yang kamu sebarkan di media sosial.

 

Para member pun wajib membeli paket untuk menyelesaikan misi, seperti menonton, menyukai, dan mengikuti sebuah akun di media sosial. Bisa juga dalam bentuk skema referral di mana member mendapatkan komisi dari anggota di bawahnya. Waspadai cara-cara klasik penipuan semacam ini yang hanya menghabiskan uang kamu untuk membeli paket.

 

Penutup

Beberapa modus di atas umumnya menjadi kasus investasi bodong viral di Indonesia, Perkembangan teknologi yang masif tanpa adanya pemahaman literasi digital yang baik di masyarakat, menyebabkan penipuan sering memakan korban.

 

Jangan ambil risiko dengan memilih investasi yang tidak jelas. Lebih baik kamu menggunakan layanan investasi yang memang sudah terjamin keamanan dan kualitasnya.

 

Melalui aplikasi LinkAja dari Telkomsel, kamu bisa terhindar dari berbagai bentuk investasi bodong. 

 

Aplikasi ini akan membantu kamu melakukan transaksi pembayaran rutin secara aman dan memilih platform investasi yang juga terpercaya. Mau investasi saham, emas, dan lainnya bisa langsung menggunakan LinkAja.

 

Cek informasi lengkap tentang LinkAja di sini.

 

Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi di Indonesia menjadi yang terdepan dalam mendorong geliat ekonomi masyarakat.

 

Baca juga: Langkah Telkomsel Berdayakan UMKM

 

Yuk, lebih smart mengelola ekonomi saat ini dan mulailah cerdas soal literasi finansial. Hindari investasi bodong dengan menggunakan LinkAja dari Telkomsel.