Telkomsel | 18 September 2020
1 shares

Rekomendasi Produk untuk Beriklan Lebih Efektif dan Tepat Sasaran

Rekomendasi Produk untuk Beriklan Lebih Efektif dan Tepat Sasaran

Buat kamu yang sering menggunakan internet, pastinya sudah tidak asing lagi dong dengan iklan digital. Ya, iklan jenis ini banyak berseliweran di dunia maya, mulai dari yang bentuknya banner, video, dan masih banyak lagi. Hadirnya iklan digital perlahan mulai menggantikan penggunaan iklan dengan metode konvensional.

Walaupun di Indonesia iklan digital belum begitu masif, namun penggunaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut laporan dari eMarketer, total pengeluaran iklan (Adex) di Indonesia pada tahun 2019 mencapai Rp43,9 triliun, di mana sekitar Rp9 triliunnya adalah total pengeluaran iklan digital.

Meski hanya sebagian kecil, tapi angka tersebut terus meningkat lho dalam tiga tahun belakang. Sebagai perbandingan, di tahun 2017 Total Pengeluaran Iklan Digital hanya berkisar Rp6,3 triliun, lalu naik menjadi Rp7,6 triliun di tahun 2018.

Menyadari pentingnya iklan digital bagi pelaku bisnis, Telkomsel menghadirkan solusi periklanan digital terpadu bernama Telkomsel DigiAds. Solusi ini menyediakan berbagai layanan yang membantu pelaku bisnis untuk menjalankan berbagai kampanye mobile atau digital marketing yang efektif dan efisien, terutama dalam menyasar target market yang relevan. Telkomsel DigiAds memudahkan pelaku bisnis untuk menjangkau dan menambah pelanggan baru serta menjaga loyalitas pelanggan lama.

Baca Juga: Begini Cara Menikmati Penawaran Spesial Disney+ Hotstar dari Telkomsel

Sejak dirilis pada 2013, Telkomsel DigiAds konsisten menghadirkan solusi periklanan digital yang lengkap melalui tiga pilar produk utama, yaitu Messaging, Display, dan Reward. Nah, kalau kamu ingin tahu apa saja keunggulan produk-produk Telkomsel DigiAds tadi, yuk simak informasinya berikut ini!

Messaging

Meski saat ini SMS tak lagi menjadi alat komunikasi utama pengguna smartphone, Telkomsel melihat peluang yang besar untuk menggunakan SMS sebagai medium periklanan. Selain SMS, pemasang iklan juga dapat memasang iklannya melalui media MMS, USSD, dan IVR (Interactive Voice Response).

Kemudian pesan tersebut akan dikirimkan kepada target konsumen yang sesuai dengan kebutuhan pemasang iklan. Pengiklan juga bisa mengirimkan pesan berdasarkan lokasi atau LBA (Location Based Advertising), seperti mengirimkan iklan secara spesifik kepada konsumen yang berada di wilayah Bogor dan sekitarnya atau ditujukan untuk segmen pelanggan sesuai target supaya lebih efektif.

Bukan hanya itu, Telkomsel juga menyediakan layanan iklan interaktif agar pengiklan bisa berinteraksi langsung dengan konsumennya. Melalui layanan ini, pemasang iklan dapat memberikan opsi balasan untuk iklan yang dikirimkan ke pelanggan. Biasanya iklan interaktif digunakan untuk program khusus seperti kuis atau survei.

Baca Juga: Masih Belum Pakai VoLTE Telkomsel? Begini Caranya!

Display

Sesuai namanya, produk Telkomsel DigiAds yang satu ini akan menampilkan iklan dalam bentuk banner display, baik tampilan foto maupun video. Banner iklan tersebut akan ditampilkan di website browser kamu serta beberapa aplikasi populer lainnya, seperti ROLi, MAXstream, Langit Musik, dan Dunia Games. Berikut beberapa layanan Display yang disediakan Telkomsel DigiAds:

  • ROLi

Diluncurkan pada tahun 2017, ROLi merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai fitur menarik untuk memperoleh info promo dan konten menarik. Dengan ROLi, pelanggan juga berkesempatan untuk memperoleh tambahan paket data tiap bulannya.

Pelanggan Telkomsel juga bisa menerima info produk dan layanan yang sesuai dengan kategori minat dan ketertarikannya, yakni kuliner, bisnis, gadget, seni, fashion, olahraga, sepakbola, kesehatan, hiburan, musik, film, otomotif, dan travelling.

  • Banner

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi bukan dengan iklan banner? Ya, Banner Ads merupakan layanan beriklan dari Telkomsel DigiAds yang memfasilitasi brands atau pengiklan untuk menampilkan pesan iklan di sebuah banner statis yang ditempatkan di website ataupun wap-site, baik itu milik Telkomsel atau lainnya.

Banner ini akan muncul di website browser atau beberapa aplikasi favorit saat pengguna berselancar menggunakan jaringan Telkomsel. Layanan ini mendukung format beriklan dalam bentuk teks, gambar, dan video dengan ukuran yang bervariasi sesuai kebutuhan.

  • Digital Out-Of-Home (DOOH)

Beriklan secara digital bukan berarti hanya disebarkan di dunia maya. Dengan Digital Out-Of-Home (DOOH), beriklan digital juga bisa dilakukan secara realtime di tempat umum, seperti hotel, bandara, atau mall. Telkomsel memiliki sejumlah inventori media digital yang dapat memfasilitasi brands atau pengiklan untuk melakukan promosi dalam bentuk video.

Baca Juga: Cara Mendapatkan dan Menggunakan Layanan CloudX Meeting on Demand

Reward

Memberikan reward atau hadiah kepada konsumen juga merupakan salah satu strategi dalam periklanan. Dengan Telkomsel DigiAds, kamu dapat beriklan sambil memberikan reward digital kepada konsumen. Reward yang diberikan juga beragam jenisnya, baik itu paket internet, paket SMS, paket bicara, atau reward produk dengan vending machine.

Ada beberapa layanan reward yang ditawarkan, yakni Reward Digital, Reward Pulsa, dan Telkomsel Vending Machine. Reward Digital adalah solusi layanan hadiah dari Telkomsel DigiAds yang memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk menerima bonus seperti Data, SMS, maupun Voice sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan Reward Pulsa merupakan layanan reward yang memungkinkan pelanggan untuk menerima bonus pulsa sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Rentang denominasi yang diberikan cukup variatif, mulai dari Rp1.000 sampai Rp 100.000.

Terakhir adalah Telkomsel Vending Machine yang dapat menjadi pilihan baru untuk beriklan sembari memberikan reward kepada pelanggan. Sebagai contoh, pengiklan dapat mengirimkan SMS/MMS interaktif berupa kode yang dapat digunakan konsumen di vending machine tertentu. Telkomsel Vending Machine juga menyediakan sarana penempatan iklan atau branding, baik itu di bodi atau TVC di layar vending machine.

Butuh informasi lebih lanjut tentang Telkomsel DigiAds? Kamu bisa menghubungi layanan pelanggan 24 jam melalui call center di 188, email melalui cs@telkomsel.co.id, asisten virtual yang dapat diakses melalui akun aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs resmi Telkomsel DigiAds di www.digiads.co.id.


Related Blogs