Telkomsel | 10 September 2020
2 shares

Masih Belum Pakai VoLTE Telkomsel? Begini Caranya!

Masih Belum Pakai VoLTE Telkomsel? Begini Caranya!

Tidak terasa sudah sekitar lima tahun kita merasakan manfaat jaringan 4G Telkomsel di Indonesia. Bukan cuma menghadirkan kualitas internet yang lebih cepat, adopsi 4G turut melahirkan banyak inovasi, termasuk munculnya layanan voice over Long Term Evolution (VoLTE) yang membuat panggilan telepon kita jadi lebih lancar dan jernih.

Buat kamu yang belum paham, VoLTE merupakan sebuah layanan yang memungkinkan kamu untuk melakukan atau menerima panggilan telepon melalui jaringan 4G. Seperti kita ketahui, sebelum hadir layanan VoLTE, panggilan telepon hanya bisa dilakukan dengan menggunakan jaringan 2G atau 3G.

Nah, lantas apa sih keunggulannya? Ada beberapa keunggulan yang kita dapat jika melakukan panggilan telepon melalui VoLTE, salah satunya adalah kualitas telepon yang lebih jernih dari panggilan telepon biasa dan voice over Internet Protocol (VoIP) dengan kualitas HD (High Definition) karena menggunakan jaringan 4G. Panggilan telepon juga terhubung lebih cepat dari biasanya.

Keunggulan selanjutnya adalah kita bisa bebas berselancar mengakses layanan internet, streaming video, hingga bermain game, pada saat melakukan panggilan telepon. Dengan demikian, ketika ada panggilan telepon masuk, akses internet yang sedang kita pakai tidak akan terputus. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri, karena biasanya pada saat kita melakukan panggilan telepon, jaringan otomatis akan turun ke 2G atau 3G.

Sejak diluncurkan pada bulan Mei 2020 lalu, Telkomsel terus berupaya untuk memperluas jangkauan layanan VoLTE. Layanan VoLTE Telkomsel sudah bisa dinikmati di wilayah Jabodetabek, Kota Surabaya, dan Kabupaten Sidoarjo. Ke depannya, layanan VoLTE ini pun akan diperluas oleh Telkomsel hingga mencakup ke seluruh wilayah Nusantara.

Baca Juga: The NextDev Hub X Huawei Webinar Series: Mencapai Pelayanan Pelanggan yang Optimal untuk Kemajuan Bisnis

Cara Mengaktifkan Layanan VoLTE Telkomsel

Setelah mengetahui apa itu VoLTE berikut dengan keunggulannya, tentu kamu ingin tahu bukan bagaimana cara menggunakannya? Cara mengaktifkan layanan VoLTE sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Namun perlu kamu ketahui bahwa untuk sementara layanan VoLTE hanya bisa dinikmati oleh pelanggan terpilih yang ada di sistem kami. Ada pun beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pelanggan terpilih tersebut, di antaranya:

  1. Pastikan smartphone kesayanganmu sudah menggunakan kartu SIM 4G Telkomsel
  2. Berikutnya pastikan juga kamu berada di cakupan wilayah yang sudah dijangkau oleh layanan VoLTE Telkomsel seperti yang disebutkan di atas
  3. Tak lupa, pastikan bahwa perangkat gawai yang kamu pakai juga sudah mendukung layanan VoLTE. Di tahap ini, Telkomsel sudah mengadakan kerjasama dengan sejumlah smartphone, yakni Xiaomi, Huawei, Samsung, Vivo, dan Oppo.

Berikut daftar smartphone yang sudah bisa menikmati layanan VoLTE Telkomsel:

Masih Belum Pakai VoLTE Telkomsel? Begini Caranya!
  1. Jangan lupa untuk memperbarui (update) sistem operasi gawai ke versi terbaru
  2. Langkah berikutnya adalah mengaktifkan jaringan VoLTE di menu pengaturan jaringan gawai. Nantinya, akan ada logo/ikon VoLTE yang memberitahu jika layanan sudah aktif.

Baca Juga: Cara Mendapatkan dan Menggunakan Layanan CloudX Meeting on Demand

Paket VoLTE yang Bisa Kamu Pilih

Pelanggan yang sudah memenuhi lima kriteria di atas sudah bisa menikmati layanan VoLTE Telkomsel. Namun supaya kamu bisa lebih nyaman menggunakan VoLTE, kamu bisa mengaktifkan paket Talkmania VoLTE, yang memberikan bonus panggilan VoLTE selama 6.000 menit. Kamu juga bisa memilih paket panggilan ke sesama nomor Telkomsel seharga Rp56.000 dan paket panggilan ke semua nomor operator seharga Rp92.000.

Untuk mengaktifkan paket VoLTE, kamu bisa membuka aplikasi MyTelkomsel dan ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik “Shop/Belanja” pada tampilan aplikasi kamu
  2. Pilih menu “Voice & SMS”
  3. Pilih sub-menu “VoLTE” atau “Paket Bulanan”
  4. Pilih paket Talkmania VoLTE atau Talkmania VoLTE Semua Operator
  5. Lanjutkan proses pembelian hingga berhasil

Nah, itu tadi cara mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel. Jika kamu ada kendala dalam mengaktifkan layanan VoLTE Telkomsel, kamu bisa menghubungi berbagai kanal pelayanan pelanggan yang menyediakan layanan asisten virtual berikut. Informasi lengkap mengenai layanan VoLTE Telkomsel bisa kamu akses melalui www.telkomsel.com/volte.


Related Blogs