Telkomsel | 28 Juli 2020
0 shares

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Layanan CloudX Meeting on Demand

Cara Mendapatkan dan Menggunakan Layanan CloudX Meeting on Demand

Aku share screen di sini ya. Semuanya bisa lihat kan ya?” Kalimat tersebut menjadi salah satu ucapan yang paling sering muncul dalam pertemuan daring di tengah budaya work from home yang sedang marak dilakukan saat ini. Mungkin kamu juga jadi salah satu yang sering mendengarnya saat ikut rapat kantor maupun webinar, atau bisa jadi kamu yang sering mengucapkannya.

Tak dapat dimungkiri, di tengah kenormalan baru yang membuat banyak aktivitas perlu dilakukan di rumah, aplikasi konferensi video memang menjadi salah satu platform yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Pada Mei 2020, Telkomsel mencatat ada pertumbuhan pengguna aplikasi layanan konferensi audio dan video dari pelanggan Telkomsel sebesar lebih dari 300%.

Memahami hal tersebut, Telkomsel kini resmi menghadirkan CloudX Meeting on Demand, layanan yang menyediakan platform konferensi video untuk pelanggan prabayar maupun pascabayar Telkomsel. Layanan tersebut merupakan turunan dari CloudX, solusi komunikasi berbasis cloud bagi segmen korporasi. Di samping itu, CloudX Meeting on Demand juga bisa digunakan untuk kamu yang senang melakukan virtual hangout untuk berkomunikasi dengan teman-teman dekat melalui konferensi video, loh.

CloudX Meeting on Demand memiliki satu keunggulan utama yang membuatnya berbeda dengan platform konferensi video lain. Layanan tersebut tidak mengharuskan kamu untuk berlangganan. Seperti namanya, CloudX Meeting on Demand memungkinkan pengguna untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, kapan pun dan di mana pun.

Untuk mewujudkan kemudahan tersebut, CloudX Meeting on Demand menerapkan skema sewa ruang virtual. Dalam hal ini, layanan tersebut menyediakan ruang pertemuan virtual dengan tiga pilihan durasi pemakaian ruangan yang bisa dipilih, yaitu 1 jam, 2 jam, dan 5 jam. Berikut detail harganya:

  • 1 jam pertemuan = Rp10.000
  • 2 jam pertemuan = Rp15.000
  • 5 jam pertemuan = Rp25.000

Patut diketahui, kamu akan mendapatkan tambahan 10 menit untuk mempersiapkan ruang pertemuan dan mengundang peserta dari waktu pertemuan yang telah ditentukan. Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa langsung melunasinya dengan menggunakan pulsa atau memasukkannya ke tagihan yang akan dikenakan pada nomor prabayar maupun pascabayar terdaftar. Layanan yang menyesuaikan kebutuhan dari pelanggan dan mengedepankan kemudahan tersebut diperkuat dengan fitur-fitur yang mampu menunjang produktivitas penggunanya, yaitu:

  1. Satu ruang virtual dapat mengakomodasi hingga 100 peserta sekaligus.
  2. Kamu bisa menggunakan jaringan seluler, wi-fi, maupun internet kabel untuk mengakses CloudX Meeting on Demand.
  3. CloudX Meeting on Demand tersedia di berbagai sistem operasi, mulai dari Android, iOS, Windows, maupun MacOs. Kamu bisa mengakses layanan tersebut dengan mengunduh aplikasi CloudX secara gratis atau membukanya lewat peramban (browser).
  4. Fitur-fitur penunjang kolaborasi antar pengguna seperti share screen (presentasi, video, audio, dan lain-lain), whiteboard, dan on-room chat.

Kemudahan yang ditawarkan oleh CloudX Meeting on Demand juga didukung dengan cara yang mudah untuk memesan ruang pertemuan virtual. Sebelum mengisi form registrasi, perlu kamu ketahui bahwa:

  1. Pemesanan jadwal meeting bisa dilakukan selambat-lambatnya 15 menit dari waktu meeting yang direncanakan. Misalnya: kamu memiliki rencana untuk mengadakan meeting pada pukul 13:00, maka pemesanan ruang pertemuan virtual harus dilakukan paling lambat pada pukul 12:45 pada hari yang sama.
  2. Pemesanan jadwal meeting bisa dilakukan paling cepat dalam waktu tiga hari dari tanggal meeting yang direncanakan. Misalnya: kamu memiliki rencana untuk mengadakan meeting pada 4 Agustus, maka pemesanan ruang pertemuan virtual bisa dilakukan paling cepat pada 2 Agustus.

Berikut empat langkah sederhana untuk kamu agar bisa terhubung dengan keluarga, kerabat, rekan bisnis, hingga komunitas di mana pun dan kapan pun secara lebih mudah melalui CloudX Meeting on Demand:

  1. Menghubungi virtual assistant Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, WhatsApp, LINE, Facebook Messenger, dan Telegram.
  2. Tulis “CloudX” ketika sudah terhubung melalui chat di dalam platform-platform tersebut. Setelahnya, virtual assistant akan mengirim form registrasi.
  3. Isi form registrasi tadi. Di sini, kamu juga akan menentukan paket CloudX Meeting on Demand yang diinginkan, apakah itu 1 jam, 2 jam, atau 5 jam. Pihak Telkomsel akan mengulasnya dan akan menghubungi kamu setelah proses verifikasi selesai.
  4. Kamu akan mendapatkan tautan (link) menuju ruang pertemuan virtual via SMS.

Nah, kini kamu sudah memiliki tautan untuk menggunakan CloudX Meeting on Demand. Berikut langkah-langkah mudah berikutnya bagi penyelenggara dan peserta pertemuan daring untuk berpartisipasi dalam pertemuan menggunakan CloudX Meeting on Demand:

  1. Penyelenggara pertemuan daring bisa masuk lebih dulu ke ruang virtual. Akses melalui smartphone bisa didapat dengan mengunduh aplikasi CloudX secara gratis di Play Store maupun App Store. Sedangkan akses via desktop atau laptop bisa didapat dengan mengunduh aplikasi atau memasang plug-in di peramban.
  2. Membagikan tautan pertemuan atau ID meeting ke para peserta. Sama seperti penyelenggara, peserta juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi atau plug-in (khusus desktop dan laptop).
  3. Peserta pertemuan akan bergabung dengan klik tautan tersebut atau memasukkan ID meeting via aplikasi CloudX.
  4. Pertemuan akan berlangsung sesuai dengan durasi yang telah ditentukan. Ketika durasi pertemuan sudah habis, pertemuan akan diakhiri sesuai dengan pembelian paket.

Butuh informasi lebih lanjut? Telkomsel menggelar layanan pelanggan 24 jam melalui call center di 188, email melalui cs@telkomsel.co.id, serta asisten virtual yang dapat diakses melalui akun aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs resmi Telkomsel. Kamu juga bisa melihat detail layanan CloudX Meeting on Demand di www.telkomsel.com/cloudx-on-demand.


Related Blogs