Jaga Masa Aktif Kartu

Jaga kartu dan amankan akun penting Anda

Pastikan kartu/nomor Telkomsel PraBayar tetap aktif , khususnya jika nomor Anda terkoneksi dengan akun-akun penting seperti banking dan WhatsApp sehingga Anda tidak kehilangan aksesnya.

Lebih detail tentang masa aktif prabayar

Hindari kehilangan akses WhatsApp, banking, e-commerce, dan social media
Hindari kehilangan akses WhatsApp, banking, e-commerce, dan social media

SIM card atau yang biasa kita sebut nomor handphone atau nomor ponsel menjadi sangat penting di era sekarang. Selain bisa digunakan untuk menelepon, mengirim SMS, dan mengakses data/internet, nomor ponsel juga digunakan untuk keperluan perbankan, aplikasi fintech, aplikasi e-commerce, aplikasi ojol, dan verifikasi berbagai akun media sosial lainnya seperti WhatsApp dan lain-lain.

Untuk itu, menjaga agar nomor Telkomsel tetap dalam masa aktif adalah sebuah keharusan. Jangan sampai kita kehilangan akses ke berbagai layanan penting tersebut hanya karena lalai dan lupa mengisi pulsa sehingga nomor Telkomsel kita habis masa tenggang atau hangus.

Banyak pelanggan tidak sadar ketika masa aktif kartu berakhir dan nomor sudah masuk masa tenggang dikarenakan pelanggan menggunakan Wi-Fi atau SIM card kedua. Misalnya saat pelanggan menggunakan WhatsApp dengan koneksi Wi-Fi atau SIM card kedua, pelanggan masih terus dapat menggunakan WhatsApp meskipun kartu sudah masuk masa tenggang atau terblokir.

Masalah akan muncul ketika nomor Anda sudah di-recycle (daur ulang) dan dibeli oleh orang lain. Ketika orang lain menggunakan nomor tersebut untuk mendaftar WhatsApp, maka Anda akan kehilangan akses dan riwayat WhatsApp Anda. Hal ini juga dapat terjadi pada aplikasi lainnya seperti perbankan, fintech, e-commerce, ojol, dan verifikasi berbagai akun media sosial.

Daur ulang nomor ponsel
Daur ulang nomor ponsel

Telkomsel melakukan daur ulang atau recycle atas nomor sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2018 bahwa jeda recycle kartu dari pelanggan pertama ke pelanggan berikutnya adalah tidak kurang dari 60 hari.

Siklus SIM Card

diagram-nomor

 

 

  • Kartu perdana baru belum memiliki masa aktif, namun memiliki masa berlaku kartu sampai kapan bisa diaktifkan.
  • Setelah perdana aktif, kartu akan memiliki masa aktif. Masa aktif akan selalu bertambah mengikuti jumlah pengisian pulsanya. Informasi mengenai berapa lama masa aktif yang diperoleh saat pengisian pulsa bisa dicek di sini.
  • Jika Anda lupa mengisi pulsa, kartu Anda akan memasuki masa tenggang. Masa tenggang cukup lama diberikan Telkomsel yaitu selama 30 hari.
  • Jika sampai 30 hari masa tenggang Anda masih “lupa” untuk megisi pulsa, maka kartu/nomor Anda akan hangus. Pada titik ini pelanggan sering bertanya kenapa kartu terblokir.
  • Ketika kartu hangus sebenarnya sudah tidak bisa digunakan lagi. Namun sebagai apresiasi Telkomsel kepada pelanggan, kami memberikan kesempatan untuk mengaktifkan kembali kartu tersebut meskipun sudah hangus.
  • Namun penawaran tersebut tidak selamanya. Ada waktu terbatas mulai dari akhir masa tenggang sampai berakhirnya masa hangus, di mana nomor masih dapat direaktivasi di sini.
  • Setelah melewati masa tersebut, kartu akan memasuki masa “Ready for Recycle” atau “Masa Daur Ulang” di mana kartu sudah siap untuk diproduksi dan dijual kembali, sehingga pelanggan tidak bisa lagi menggunakan nomor tersebut.
  • Untuk itu, mohon jangan sampai ita lupa memperpanjang masa aktif dengan mengisi pulsa rutin atau pembelian paket data setiap bulan dan selalu cek masa aktifnya di aplikasi MyTelkomsel.