kuota-belajar

Merdeka Belajar di Jaringan Terlancar!

Merdeka Belajar! Nikmati Kuota Belajar 45GB dari Kemendikbud dan Telkomsel, biar belajar online di rumah makin lancar.

Kuota Internet Pendidikan

BANTUAN INTERNET DARI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2020

Peserta Didik Jenjang PAUD

20GB /

30 hari

5GB Kuota Internet Kemdikbud

15GB Kuota Belajar Kemdikbud

4 Bulan Durasi Bantuan

Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar & Menengah

35GB /

30 hari

5GB Kuota Internet Kemdikbud

30GB Kuota Belajar Kemdikbud

4 Bulan Durasi Bantuan

Pendidik Jenjang PAUD & Pendidikan Dasar & Menengah

42GB /

30 hari

5GB Kuota Internet Kemdikbud

37GB Kuota Belajar Kemdikbud

4 Bulan Durasi Bantuan

Dosen dan Mahasiswa

50GB /

30 hari

5GB Kuota Internet Kemdikbud

45GB Kuota Belajar Kemdikbud

4 Bulan Durasi Bantuan

Keterangan:

  • Kuota Internet Pendidikan merupakan kuota gabungan Kuota Internet Kemdikbud (Semua Jaringan) dan Kuota Belajar Kemdikbud.
  • Kuota Belajar Kemdikbud: Kuota yang terdiri dari Kuota Pendidikan, Kuota Conference, dan Kuota Chat.
    • Kuota Pendidikan mencakup: Google Classroom, Zenius, Rumah Belajar, Quipper, Cakap, Bahaso, AyoBlajar, Kippin School 4.0, Sekolahmu, Udemy, Duolingo, video meeting edukasi Birru, Ruangguru, Kelas Pintar, dan aplikasi online belajar lainnya serta ratusan portal e-learning kampus dan sekolah. Info lengkap cek di sini.
    • Kuota Conference mencakup: Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams.
    • Kuota Chat mencakup aplikasi WhatsApp.
  • Pelanggan/penerima (siswa, guru, dosen, dan mahasiswa) akan mendapatkan 1 paket setiap bulannya sehingga pelanggan akan menerima 4 paket untuk 4 bulan hingga Desember 2020.

Aktifkan Kuota Belajar Sekarang!

  • Kamu bisa mengaktifkan Kuota Belajar melalui aplikasi MyTelkomsel. Pastikan kamu memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN serta pastikan nomor Telkomsel kamu sudah terdaftar melalui sekolah atau kampus di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor aktif. Ikuti langkah-langkah berikut:
    • Buka aplikasi MyTelkomsel.
    • Pilih menu “Belanja”.
    • Pilih menu “Internet”.
    • Pilih kategori “Pendidikan”.
    • Pilih “Kuota Belajar Rp10”.
    • Konfirmasi pembelian.
    • Pembelian berhasil.
  • Kamu juga bisa mengaktifkan Kuota Belajar melalui UMB. Pastikan kamu memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN serta pastikan nomor Telkomsel kamu sudah terdaftar melalui sekolah atau kampus di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor aktif. Ikuti langkah berikut:
    • Akses UMB *363*844#.
    • Pilih “Paket Kuota Belajar”.
    • Pilih “Rp10 10GB Kuota Belajar”.
    • Kamu akan mendapatkan notifikasi berisi link aktivasi paket melalui aplikasi MyTelkomsel.
    • Konfirmasi pembelian dan pembayaran.
    • Pembelian paket berhasil.

Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar Gratis!

Isi form berikut bagi sekolah yang ingin mendapatkan Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar gratis untuk guru dan murid.

merdeka-belajar

Beli Kartu Perdana Telkomsel dan Dapatkan Ekstra Kuota Belajar 10GB!

Nikmati belajar dari rumah di jaringan terbaik dari Telkomsel dan dapatkan tambahan Kuota Belajar 10GB dari Kartu Perdana Telkomsel, temukan sekarang di outlet-outlet terdekat.

outlet-perdana-belajar

Merdeka Belajar Jarak Jauh dengan Kuota Belajar Rp10!

Aktifkan Kuota Belajar 10GB cuma Rp10 untuk menikmati akses layanan ilmupedia dan Conference seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, AyoBlajar, Ruangguru, Kelas Pintar, Zoom, Google Meet, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, dan ratusan e-learning kampus/sekolah.

kuota-belajar-rp10

Isi Ulang Paket Kuota Belajar hanya Rp5.000!

Lanjut belajar dengan perpanjang Kuota Belajar kamu. Hanya dengan Rp5.000 kamu dapat menikmati Kuota Belajar 11GB termasuk akses ke aplikasi edukasi, video call, dan chat selama 30 hari.

isi-ulang-kuota-belajar

Paket Ketengan Kuota Belajar Kini Hadir Untukmu!

Belajar online makin hemat dengan Ketengan Kuota Belajar! Aktifkan paket Ketengan Kuota Belajar mulai dari Rp2.000 dengan kuota hingga 20GB.

ketengan-kuota-belajar
  • FAQ Kuota Belajar & SP Internet

  • FAQ Ketengan Kuota Belajar

  • FAQ Kuota Internet Pendidikan

Apa itu Kuota Belajar?

Kuota Belajar adalah paket data gabungan antara ilmupedia dan Conference, dengan detail:

  • Kuota ilmupedia mencakup aplikasi seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar, Quipper, Smartpi, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, video meeting edukasi Birru dan aplikasi online belajar lainnya serta ratusan portal e-learning kampus dan sekolah yang tergabung di ilmupedia. Info selengkapnya cek di sini.
  • Kuota Conference mencakup Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, Microsoft Teams, CloudX, dan aplikasi lainnya yang tergabung dalam Conference Telkomsel.
  • Kuota Chat mencakup WhatsApp dan LINE.

Apa itu Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar?

Kartu Internet Merdeka Belajar merupakan program Telkomsel dalam rangka mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dalam membentuk ekosistem belajar mengajar jarak jauh (digital) di Indonesia, melalui sosialisasi dan distribusi Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar secara gratis ke sekolah-sekolah di kota tertentu.

Di mana sekolah bisa mendaftarkan diri untuk ikut serta program Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar?

Sekolah dapat mengakses dan mengisi e-fom berikut http://tsel.me/perdanabelajar.

Kapan program Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar dilaksanakan?

Program ini berlaku dari tanggal 26 Agustus s.d. 30 September 2020.

Siapa yang berhak mendapatkan Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar?

Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar gratis hanya diperuntukan bagi civitas akademi di sekolah-sekolah yang sudah dipilih, sedangkan distribusinya akan dilakukan oleh tim Telkomsel di masing-masing regional. Namun pelanggan yang ingin mendapatkan Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar secara mandiri juga dapat membeli di outlet-outlet Telkomsel terdekat.

Apa saja yang ditawarkan pada Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar?

Pelanggan berhak mendapatkan paket-paket menarik yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi edukasi dan conference, antara lain:

 

No. Paket Harga Kuota Masa Aktif Channel Pembelian
1 Kuota Belajar 10GB (maksimal 1 kali pembelian selama periode program) - 10GB Kuota Belajar 30 hari Paket telah aktif di Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar
2 Kuota Kemendikbud 35GB - 35GB Kuota Kemendikbud 30 hari Kuota Kemendikbud akan diberikan ke pelanggan secara otomatis setiap bulannya.
3 Kuota Belajar Rp5K Rp5.000

11 GB, terdiri dari:

·     500MB Kuota Semua Jaringan

·     500MB Kuota Chat

·     10GB Kuota Belajar

30 hari MyTelkomsel dan UMB *363*844#

*Detail Kuota Kemendikbud dapat dilihat pada FAQ Kuota Internet Pendidikan.

Apa itu paket Kuota Belajar 10GB Rp10?

Paket Kuota Belajar 10GB Rp10 adalah paket data gabungan antara ilmupedia dan Conference yang berlaku untuk seluruh pelanggan Telkomsel (kartuHalo, simPATI, KARTU As, dan Loop) serta dapat digunakan untuk mengakses aplikasi edukasi dan conference dengan masa aktif 30 hari.

Kapan paket Kuota Belajar 10GB Rp10 berlaku dan apa syarat untuk mengaktifkannya?

  • Pelanggan yang dapat membeli paket Kuota Belajar 10GB Rp10 adalah pelanggan yang sudah terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud yang dapat dibeli sejak 21 Agustus s.d. 31 Desember 2020.
  • Pelanggan hanya dapat membeli paket ini 1 kali selama periode program.
  • Pelanggan dapat melakukan aktivasi paket Kuota Belajar 10GB Rp10 maksimal 3x24 jam sejak pelanggan melalui pihak sekolah/kampus melakukan registrasi nomor Telkomsel di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor di Dapodik aktif.

Bagaimana cara menggunakan paket Kuota Belajar 10GB Rp10?

  1. Kuota Belajar 10GB Rp10 hanya dapat digunakan untuk aplikasi belajar di atas. Pastikan aplikasi sudah terpasang/terinstal pada smartphone untuk menggunakan Kuota Belajar
  2. Untuk kenyamanan akses Kuota Belajar dan mengantisipasi agar pelanggan tidak terkena tarif dasar internet pelanggan diharuskan:
    • Mempunyai kuota utama.
    • Tidak menggunakan VPN.
  3. Kuota utama diperlukan karena aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan Kuota Belajar juga melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan Kuota Belajar, antara lain:
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai konten video yang mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai background data (seperti update aplikasi, dll) di perangkat pelanggan seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
    • Sejumlah pengelola aplikasi belajar daring dan konferensi video memungkinan melakukan aktivitas yang melibatkan fitur dari pihak ketiga, disarankan untuk membaca kembali Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh tiap pengelola aplikasi.
    • Layanan pihak ketiga lainnya.
  4. Jika kamu melakukan tethering dan mengakses aplikasi atau website di atas maka akan menggunakan Kuota Belajar.

Mengapa saya tetap mengkonsumsi kuota internet regular/tarif dasar ketika mengakses aplikasi yang termasuk dalam layanan Kuota Belajar?

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:

  1. Kuota Belajar 10GB telah habis.
  2. Pelanggan menggunakan VPN.
  3. Aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan Kuota Belajar melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan Kuota Belajar, antara lain:
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai konten video yang mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai background data (seperti update aplikasi, dll) di perangkat pelanggan seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
    • Sejumlah pengelola aplikasi belajar daring dan konferensi video memungkinan melakukan aktivitas yang melibatkan fitur dari pihak ketiga, disarankan untuk membaca kembali Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh tiap pengelola aplikasi.
    • Layanan pihak ketiga lainnya.
  4. Jika kamu menggunakan aplikasi yang tergabung dalam Kuota Belajar dan pengelola aplikasi tersebut melakukan aktivitas di atas, maka akan menggunakan kuota internet reguler yang dimiliki atau tarif dasar dengan biaya Rp120/20Kb untuk prabayar (simPATI, KARTU As, atau Loop) atau Rp6/Kb untuk pascabayar (kartuHalo). Pastikan pelanggan memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN jika tidak ingin terkena tarif dasar internet.
  5. Pelanggan mengakses menu lain selain aplikasi dan website yang tergabung dalam Kuota Belajar.

Di mana saya bisa menikmati layanan Kuota Belajar?

Pelanggan dapat menikmati layanan Kuota Belajar melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#. Pelanggan dapat melakukan aktivasi paket Kuota Belajar maksimal 3x24 jam sejak pelanggan melalui pihak sekolah/kampus melakukan registrasi nomor Telkomsel di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor di Dapodik aktif.

Bagaimana cara aktivasi paket Kuota Belajar?

Pastikan kamu memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN serta pastikan nomor Telkomsel kamu sudah terdaftar melalui sekolah atau kampus di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud dan status nomor aktif.

  1. Aktivasi Kuota Belajar via MyTelkomsel
    • Buka aplikasi MyTelkomsel.
    • Pilih menu “Belanja”.
    • Pilih menu “Internet”.
    • Pilih kategori “Pendidikan”.
    • Pilih “Kuota Belajar Rp10”.
    • Konfirmasi pembelian.
    • Pembelian berhasil.
  2. Aktivasi Kuota Belajar via UMB *363*844#
    • Akses UMB *363*844#.
    • Pilih “Paket Kuota Belajar”.
    • Pilih “Rp10 10GB Kuota Belajar”.
    • Kamu akan mendapatkan notifikasi berisi link aktivasi paket melalui aplikasi MyTelkomsel.
    • Konfirmasi pembelian dan pembayaran.
    • Pembelian paket berhasil.

Bagaimana prioritas konsumsi kuota internet pada Kuota Belajar?

Saat pelanggan melakukan akses ke aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam Kuota Belajar, maka prioritas penggunaan kuota internet sebagai berikut:

  1. Kuota Belajar.
  2. Kuota ilmupedia.
  3. Kuota 4G jika sedang mengakses jaringan 4G, menggunakan SIM card dan perangkat 4G.
  4. Kuota Semua Jaringan.
  5. Kuota regular lain (jika ada).
  6. Tarif dasar non-paket (PAYU).

Contoh:

Jika kamu mengakses aplikasi-aplikasi Kuota Belajar saat mempunyai Kuota Belajar 10GB dan Kuota Semua Jaringan 5GB, maka kuota aplikasi belajar akan dikonsumsi terlebih dahulu. Ketika kuota belajar sudah habis, maka akan mengkonsumsi Kuota Semua Jaringan. Jika Kuota Semua Jaringan habis, maka pelanggan akan terkena tarif dasar atau PAYU (Pay As Usage) dengan biaya Rp120/20Kb (prabayar) atau Rp6/Kb (pascabayar).

Apa saya bisa membeli paket 10GB Kuota Belajar Rp10 kembali jika masa aktif dan/atau kuota paket sudah habis?

Tidak, pelanggan tidak bisa membeli paket 10GB Kuota Belajar Rp10 kembali. Namun pelanggan dapat membeli paket-paket berikut:

  • Pelanggan dapat membeli paket ilmupedia.
  • Pelanggan dapat membeli paket Conference.
  • Pelanggan dapat membeli paket internet lainnya

Bagaimana cara memastikan aktivasi paket telah berhasil?

Pelanggan dapat menggunakan paket setelah menerima SMS notifikasi pembelian paket internet, sedangkan sisa kuota dapat dicek melalui: • Menu “Cek Status” di *363#. • Menu “Cek Kuota Internet” di *888#. • Menu “Status” di aplikasi MyTelkomsel.

Apa yang ditawarkan Telkomsel pada Paket Ketengan Kuota Belajar?

Telkomsel menawarkan paket data ketengan untuk meeting dengan detail sebagai berikut:
 

Aplikasi Kuota Harga Masa Aktif Channel
Semua aplikasi yang termasuk dalam Kuota Belajar 2GB Rp2.000 – Rp5.000 1 hari MyTelkomsel, UMB *363#, dan MKIOS  
5GB Rp4.000 – Rp9.000 3 hari
10GB Rp5.000 – Rp13.000
5GB Rp7.000 – Rp16.500 7 hari
10GB Rp8.000 – Rp20.000
20GB Rp10.000 – Rp24.000



Catatan: Tarif Paket Ketengan Kuota Belajar yang berlaku sesuai dengan wilayah/zona. Untuk mengetahui tarif menurut zona, silakan cek di channel pembelian di atas.

Apakah kuota Paket Ketengan Kuota Belajar terbagi-bagi?

Tidak, kuota Paket Ketengan Kuota Belajar tidak terbagi-bagi dan dapat dipakai di seluruh jaringan Telkomsel baik 2G, 3G, maupun 4G selama 24 jam.

Siapa saja yang berhak mendapatkan Paket Ketengan Kuota Belajar?

  • Pelanggan prabayar (simPATI, KARTU As, dan Loop) Telkomsel.
  • Pelanggan pascabayar (kartuHalo) kecuali pelanggan corporate-paid.

Kapan saya dapat melakukan pembelian Paket Ketengan Kuota Belajar?

Pelanggan dapat melakukan aktivasi Paket Ketengan Kuota Belajar mulai dari tanggal 8 September 2020.

Apakah kuota Paket Ketengan Kuota Belajar dapat terakumulasi dengan kuota paket internet lainnya?

Tidak, kuota Paket Ketengan Kuota Belajar tidak akan terakumulasi dengan paket internet lainnya.

Bagaimana cara memastikan aktivasi Paket Ketengan Kuota Belajar telah berhasil?

Pelanggan dapat menggunakan Paket Ketengan Kuota Belajar setelah menerima SMS notifikasi pembelian paket internet, sedangkan sisa kuota dapat dicek melalui:

  • Menu “Cek Status” di *363#.
  • Menu “Cek Kuota Internet” di *888#.
  • Menu “Status” di aplikasi MyTelkomsel.

Apakah kuota Paket Ketengan Kuota Belajar bebas digunakan untuk mengakses internet?

  • Tidak, kuota Paket Ketengan Kuota Belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses aplikasi yang termasuk dalam paket ilmupedia dan Conference.
  • Pelanggan hanya dapat menggunakan Paket Ketengan Kuota Belajar berdasarkan kuota yang ada dan masa berlaku, jika kuota dan/atau masa berlaku sudah habis/berakhir maka paket kuota layanan tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Bagaimana urutan konsumsi kuota Paket Ketengan Kuota Belajar?

Urutan konsumsi kuota, yaitu kuota Paket Ketengan Kuota Belajar, Kuota 4G, Kuota Lokal Semua Jaringan, kuota regular lain (jika ada), dan tarif dasar internet (PAYU).

Berapa kali saya dapat mengaktifkan Paket Ketengan Kuota Belajar?

Pelanggan dapat mengaktifkan paket sebanyak 5 kali per paket, contoh:

  • Jika pelanggan membeli paket dengan masa aktif 1 hari, maka maksimal pembelian paket adalah 5 kali dalam 1 hari.
  • Jika pelanggan membeli paket dengan masa aktif 7 hari, maka maksimal pembelian paket adalah 5 kali dalam 7 hari.

Bagaimana saya mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Paket Ketengan Kuota Belajar?

Anda dapat menghubungi pusat informasi di bawah ini:

  • Call Center: 188
  • Twitter: @telkomsel
  • Email: cs@telkomsel.co.id
  • Facebook: Telkomsel
  • WhatsApp: 081111111111
  • LINE: Telkomsel

Apa itu Kuota Internet Pendidikan?

Kuota Internet Pendidikan adalah kuota bantuan dari Kemendikbud yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau website tertentu untuk pelanggan prabayar (simPATI, KARTU As, Loop) dan pascabayar (kartuHalo). Daftar aplikasi dan website yang termasuk dalam Kuota Internet Pendidikan dapat dilihat di sini.

Kapan saya bisa mendapatkan Kuota Internet Pendidikan dan apa saja syaratnya?

Kuota Internet Pendidikan berlaku dari tanggal 22 September s.d. 31 Desember 2020 dan diberikan langsung kepada pelanggan yang sudah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud. Periode pemberian Kuota Internet Pendidikan sebagai berikut:

  1. Kuota Internet Pendidikan bulan pertama:
    • Tahap I: 22 s.d. 24 September 2020.
    • Tahap II: 28 s.d. 30 September 2020.
  2. Kuota Internet Pendidikan bulan kedua:
    • Tahap I: 22 s.d. 24 Oktober 2020.
    • Tahap II: 28 s.d. 30 Oktober 2020.
  3. Kuota Internet Pendidikan bulan ketiga dan keempat (dikirim bersamaan):
    • Tahap I: 22 s.d. 24 November 2020.
    • Tahap II: 28 s.d. 30 November 2020.

Pelanggan/penerima (siswa, guru, dosen, dan mahasiswa) akan mendapatkan 1 paket setiap bulannya untuk 4 bulan.

Bagaimana cara menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud?

  1. Kuota Belajar Kemdikbud hanya dapat digunakan untuk aplikasi belajar di atas. Pastikan aplikasi sudah terpasang/terinstal pada smartphone untuk menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud.
  2. Untuk kenyamanan akses Kuota Belajar Kemdikbud dan mengantisipasi agar pelanggan tidak terkena tarif dasar internet pelanggan diharuskan:
    • Mempunyai kuota utama.
    • Tidak menggunakan VPN.
  3. Kuota utama diperlukan karena aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan Kuota Belajar Kemdikbud juga melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan Kuota Belajar Kemdikbud, antara lain:
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar Kemdikbud menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar Kemdikbud mempunyai konten video yang mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar Kemdikbud mempunyai background data (seperti update aplikasi, dll) di perangkat pelanggan seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
    • Sejumlah pengelola aplikasi belajar daring dan konferensi video memungkinan melakukan aktivitas yang melibatkan fitur dari pihak ketiga, disarankan untuk membaca kembali Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh tiap pengelola aplikasi.
    • Layanan pihak ketiga lainnya.
    • Jika kamu melakukan tethering dan mengakses aplikasi atau website di atas maka akan menggunakan Kuota Internet Pendidikan.

Mengapa saya tetap mengkonsumsi kuota internet regular/tarif dasar ketika mengakses aplikasi yang termasuk dalam layanan Kuota Belajar Kemdikbud?

Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:

  1. Kuota Belajar Kemdikbud telah habis.
  2. Pelanggan menggunakan VPN.
  3. Aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan Kuota Belajar Kemdikbud melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan Kuota Belajar Kemdikbud, antara lain:
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar Kemdikbud menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar Kemdikbud mempunyai konten video yang mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.
    • Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar Kemdikbud mempunyai background data (seperti update aplikasi, dll) di perangkat pelanggan seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
    • Sejumlah pengelola aplikasi belajar daring dan konferensi video memungkinan melakukan aktivitas yang melibatkan fitur dari pihak ketiga, disarankan untuk membaca kembali Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh tiap pengelola aplikasi.
    • Layanan pihak ketiga lainnya.
  4. Jika kamu menggunakan aplikasi yang tergabung dalam Kuota Belajar Kemdikbud dan pengelola aplikasi tersebut melakukan aktivitas di atas, maka akan menggunakan kuota internet reguler yang dimiliki atau tarif dasar dengan biaya Rp120/20KB untuk prabayar (simPATI, KARTU As, atau Loop). Pastikan pelanggan memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN jika tidak ingin terkena tarif dasar internet.
  5. Pelanggan mengakses menu lain selain aplikasi dan website yang tergabung dalam Kuota Belajar Kemdikbud.

Bagaimana cara mendapatkan Kuota Internet Pendidikan?

Pelanggan dapat mendaftarkan nomor seluler ke Dapodik dengan menghubungi PIC/penanggung jawab sekolah atau kampus untuk mengikuti program Bantuan Internet Pendidikan Kemdikbud. Paket ini akan diberikan langsung bagi pelanggan/penerima yang telah terdaftar, terverifikasi, dan tervalidasi oleh Kemendikbud berdasarkan STPJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak).

Bagaimana saya bisa mengetahui bahwa saya telah terdaftar dalam program bantuan Kuota Internet Pendidikan dari Kemendikbud?

Pelanggan dapat melakukan pengecekkan melalui UMB *363*844# menu “Pengecekan Status Bantuan Kuota Kemendikbud”. Apabila status pelanggan belum terdaftar maka pelanggan dapat menghubungi PIC/penanggung jawab sekolah atau kampus masing-masing terkait status nomor yang didaftarkan di Dapodik.

Bagaimana prioritas konsumsi kuota internet pada Kuota Internet Pendidikan?

Saat pelanggan melakukan akses ke aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam Kuota Belajar Kemdikbud, maka prioritas penggunaan kuota internet sebagai berikut:

  1. Kuota Belajar Kemdikbud.
  2. Kuota Belajar.
  3. Kuota ilmupedia.
  4. Kuota 4G jika sedang mengakses jaringan 4G, menggunakan SIM card dan perangkat 4G.
  5. Kuota Internet Kemdikbud.
  6. Kuota regular lain (jika ada).
  7. Tarif dasar non-paket (PAYU).

Contoh:

Pelanggan pada segment PAUD melakukan akses ke aplikasi Kuota Belajar Kemdikbud di mana pelanggan mempunyai Kuota Belajar Kemdikbud 15GB dan Kuota Internet Kemdikbud 5GB, maka kuota aplikasi belajar akan dikonsumsi terlebih dahulu. Ketika Kuota Belajar Kemdikbud sudah habis, maka akan mengkonsumsi paket internet Kemdikbud. Jika Kuota Internet Pendidikan sudah habis, maka akan mengkonsumsi kuota regular. Jika kuota regular habis, maka pelanggan akan terkena tarif dasar atau PAYU (Pay As Usage).

Jika Kuota Internet Pendidikan sudah habis masa aktif atau kuotanya, apakah saya dapat membeli paket tersebut kembali?

Tidak, namun pelanggan dapat membeli paket-paket berikut:

  • Paket ilmupedia.
  • Paket Ketengan Kuota Belajar.
  • Pelanggan dapat membeli paket internet lainnya

Apa saja aplikasi atau website yang termasuk dalam Kuota Internet Pendidikan?

Aplikasi atau website yang termasuk dalam Kuota Internet Pendidikan dapat dicek melalui link berikut.

Apakah pelanggan (siswa, guru, dosen, dan mahasiswa) akan dikenakan biaya untuk Kuota Internet Pendidikan?

Tidak, Kuota Internet Pendidikan merupakan kuota GRATIS yang disubsidi oleh Kemendikbud.

Bagaimana cara melihat jumlah kuota yang sudah masuk dan yang sudah digunakan?

Anda bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi MyTelkomsel atau lewat UMB *888#.

Apa yang terjadi ketika Kuota Internet Pendidikan habis?

Jika Anda tidak memiliki paket lain, Anda akan dikenakan tarif dasar internet sesuai dengan ketentuan. Jika memiliki paket yang lain, maka penggunaan akses layanan data akan mengkonsumsi kuota paket yang tersedia.

Apakah Kuota Internet Pendidikan bisa dikombinasikan dengan paket internet lainnya?

Ya, Kuota Internet Pendidikan bisa dikombinasikan dengan paket internet lainnya.