KETENTUAN BERLANGGANAN JASA TELEKOMUNIKASI SELULAR TELKOMSEL

Dengan ini Pelanggan menyatakan setuju terhadap segala ketentuan Formulir Berlangganan Jasa Telekomunikasi Selular Telkomsel ("Formulir") yang terdapat di bawah ini:

Pasal 1: Penyediaan Data oleh Pelanggan

  1. Pelanggan menjamin bahwa segala data yang diberikan dalam seluruh dokumen tertulis maupun keterangan yang diberikan Pelanggan atau kuasa dari Pelanggan kepada Telkomsel adalah benar, sehingga segala hal yang timbul sehubungan dengan pemberian data-data tersebut menjadi tanggung jawab penuh dari Pelanggan.
  2. Jika seluruh persyaratan yang dimaksud dalam Formulir belum sepenuhnya dilengkapi oleh Pelanggan, Telkomsel berhak untuk menunda atau menangguhkan Aktivasi atau melakukan Deaktivasi apabila nomor GSM sudah diaktifkan, sampai seluruh persyaratan dimaksud telah dipenuhi oleh Pelanggan.
  3. Apabila data yang diberikan oleh Pelanggan tidak benar atau palsu atau menyesatkan, Telkomsel berhak memutuskan atau membatalkan secara sepihak penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular setiap saat dan Pelanggan dengan ini sepakat untuk melepaskan segala hak untuk menuntut terhadap segala akibat putusnya atau batalnya penyediaan jasa yang dimaksud.
  4. Apabila terdapat pemutusan atau pembatalan penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular sebagaimana dimaksud ayat (3) di atas dilakukan setelah Aktivasi, maka Pelanggan wajib membayar segala biaya yang timbul sehubungan dengan penggunaan jasa telekomunikasi selular yang telah dilakukannya.

Pasal 2: Periode Aktivasi Paket Berlangganan

Pelanggan sepenuhnya memahami bahwa sehubungan dengan penggunaan Jasa Telekomunikasi Selular Telkomsel, Pelanggan bersedia untuk melaksanakan Periode Aktivasi Paket Berlangganan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Telkomsel. Ketentuan lebih lanjut mengenai Periode Aktivasi Paket Berlangganan diatur lebih lanjut dalam http://www.telkomsel.com/klausulberlangganan.

Pasal 3: Tagihan

  1. Tagihan adalah sebuah perincian harga dan hal-hal lain terkait dengan penggunaan layanan Jasa Telekomunikasi Selular.
  2. Tagihan akan tetap diberikan selama pelanggan belum menyelesaikan kewajibannya (baik dalam status collected)

Pasal 4: Pemblokiran Jasa Layanan Telekomunikasi Selular

Setiap keterlambatan dan/atau kegagalan pembayaran Jasa Telekomunikasi Selular yang disebabkan oleh kelalaian Pelanggan atau tidak terlaksananya pembayaran dari bank penerbit kartu kredit, terhitung sejak jangka waktu pembayaran berakhir akan mengakibatkan pelaksanaan blokir oleh Telkomsel kepada Pelanggan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Telkomsel, dengan tahapan sebagai berikut: (i) blokir untuk memanggil (outgoing block); (ii) blokir total (outgoing and incoming block); (iii) Pemberhentian status Pelanggan. Telkomsel akan melakukan pembukaan blokir Jasa Layanan Telekomunikasi Selular setelah Pelanggan melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan. Pengenaan tahap pemberhentian status Pelanggan oleh Telkomsel, tidak menghapuskan utang Pelanggan kepada Telkomsel dan untuk selanjutnya Telkomsel dapat menempuh upaya penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Telkomsel.

Pasal 5: Persetujuan Pelanggan

  1. Pelanggan dengan ini memberikan persetujuan dan tidak keberatan untuk menerima informasi baik berupa penawaran dan/atau hal-hal lainnya terkait layanan produk Telkomsel dan/atau pihak lain yang bekerjasama dengan Telkomsel, di mana informasi tersebut dapat diberikan dalam bentuk cetakan maupun elektronik (termasuk SMS dan sejenisnya) dari waktu ke waktu dengan batasan tertentu yang ditetapkan oleh Telkomsel.
  2. Apabila Pelanggan merasa keberatan dan tidak dapat memberikan persetujuan, maka Pelanggan wajib untuk menyampaikan hal tersebut kepada Telkomsel sebelum penandatanganan Formulir ini atau selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja setelah ditanda-tanganinya Formulir ini. Apabila setelah jangka waktu yang telah ditentukan, Pelanggan tidak memberikan persetujuan kepada Telkomsel, maka dalam hal ini Pelanggan dianggap telah memberikan persetujuan dan tidak keberatan untuk menerima informasi baik berupa penawaran dan/atau hal-hal lainnya terkait layanan produk Telkomsel dan/atau pihak lain yang bekerjasama dengan Telkomsel, namun demikian atas persetujuan dimaksud, Pelanggan dapat meminta perubahan kepada Telkomsel.

Pasal 6: Pelanggan kartuHalo Keluarga

Selain tunduk pada syarat dan ketentuan lainnya sebagaimana tercantum dalam http://www.telkomsel.com/klausulberlangganan dan Formulir ini, Pelanggan kartuHalo Keluarga juga tunduk pada syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pemegang kartuHalo utama menyatakan dengan sebenarnya bahwa pemegang kartuHalo tambahan, menurut Formulir ini memiliki hubungan darah segaris dan/atau suami/istri/orangtua/anak/saudara yang merupakan anggota keluarga inti pemegang kartuHalo utama dan tergabung dalam satu Kartu Keluarga.
  2. Pemegang kartuHalo utama dengan ini menyatakan bertanggung jawab karena alasan apapun sehubungan dengan pemakaian kartuHalo tambahan menurut Formulir ini oleh pemegangnya.
  3. Dalam hal pemegang kartuHalo utama adalah kelompok Pelanggan Corporate dengan Service Level Agreement ("SLA") atau kelompok Pelanggan VIP/VVIP, maka tanggung jawab atas tagihan seluruh anggota kartuHalo keluarga ada pada kartuHalo tambahan 1 (pertama).
  4. Jika pemegang kartuHalo utama mengundurkan diri sebagai Pelanggan Telkomsel, maka status berlangganan pemegang kartuHalo tambahan akan gugur dengan sendirinya. Dalam hal pemegang kartuHalo tambahan bermaksud melanjutkan berlangganan, maka kepadanya diperlakukan sebagai Pelanggan Reguler, kecuali jika salah satu pemegang kartuHalo tambahan bersedia menggantikan kedudukan pemegang kartuHalo utama yang mengundurkan diri.
  5. Jika salah satu pemegang kartuHalo tambahan berhenti, maka pemegang kartuHalo tambahan pada urutan selanjutnya akan menggantikan kedudukan pemegang kartuHalo tambahan yang mengundurkan diri.
  6. Dalam hal terjadi ketidaklengkapan pembayaran atas kartuHalo utama dan/atau kartuHalo tambahan, sepenuhnya dimengerti bahwa Telkomsel berhak untuk melaksanakan pemblokiran sesuai dengan Pasal 3 untuk semua kartu yang ada, baik kartuHalo utama maupun kartuHalo tambahan. Kecuali apabila kartuHalo utama adalah kelompok Pelanggan Corporate dengan SLA dan/atau kelompok Pelanggan VIP/VVIP, maka proses pemblokiran dilakukan sesuai dengan SLA atau aturan segmentasi Pelanggan.
  7. Permintaan kode rahasia meliputi namun tidak terbatas pada PIN/PUK hanya dapat dilakukan oleh pemegang kartuHalo utama dan pemegang kartuHalo yang bersangkutan. Khusus untuk permintaan print-out rincian percakapan, hanya pemegang kartuHalo utama dapat meminta untuk atas nama kartuHalo tambahan dengan atau tanpa surat kuasa, sedangkan pemegang kartuHalo tambahan hanya bisa meminta untuk atas nama yang bersangkutan.

Pasal 7: Layanan International Roaming

  1. Pelanggan sepenuhnya memahami bahwa Layanan Credit Limit dan Layanan Jelajah Roaming Internasional (International Roaming) merupakan layanan dasar dalam aktivasi
  2. Yang dimaksud dengan Layanan Credit Limit Roaming Internasional adalah layanan yang disediakan bagi Pelanggan untuk memudahkan Pelanggan melakukan kontrol terhadap pemakaian SMS dan data kartuHalo.
  3. Credit Limit dapat diubah sewaktu-waktu oleh pelanggan dengan menghubungi Call Center atau mengunjungi GraPARI sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Telkomsel.
  4. Pelanggan sepenuhnya memahami dan menerima penagihan atas layanan Roaming Internasional yang disediakan oleh Telkomsel melalui mitra Roaming Internasional Telkomsel dengan segala kondisi dan ketentuan yang berlaku sebagai berikut:
    1. Penagihan atas penggunaan Layanan Roaming Internasional kepada Pelanggan didasarkan atas informasi dan data pemakaian yang diberikan oleh mitra intemational roaming kepada Telkomsel.
    2. Pembayaran pemakaian layanan Roaming Internasional oleh Pelanggan kepada Telkomsel didasarkan pada lembar penagihan yang dIkirimkan kepada Pelanggan setiap bulannya.

Pasal 8: Pengakhiran Penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular dan Akibat Hukumnya

  1. Telkomsel berhak untuk melakukan penghentian sementara penggunaan Jasa Telekomunikasi Selular untuk jangka waktu yang ditetapkan oleh Telkomsel dan/atau melakukan pengakhiran penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular serta melaksanakan deaktivasi apabila terjadi satu atau lebih hal-hal sebagai berikut: a. Informasi yang tercantum dalam formulir tidak benar dan akurat; b. Pelanggan tidak memenuhi kewajibannya berdasarkan formulir serta Syarat dan Ketentuan ini; c. Terjadi peristiwa force majeure sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 Syarat dan Ketentuan ini yang berlangsung terus-menerus untuk jangka waktu lebih dari 60 (enam puluh) hari kalender; d. Melanggar syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Telkomsel sebagaimana tercantum dalam website.
  2. Pelanggan sepenuhnya memahami dan menyetujui bahwa pengakhiran penggunaan Jasa Telekomunikasi Selular sebelum berakhirnya Periode Aktivasi Paket Berlangganan akan mengakibatkan dikenakannya penalti kepada Pelanggan sesuai dengan syarat dan ketentuan pada tiap-tiap jenis layanan sebagaimana terdapat pada formulir serta Syarat dan Ketentuan
  3. Sesuai kebijakannya, Telkomsel dapat melakukan pengakhiran atau penghentian sementara secara sepihak baik terhadap sebagian maupun seluruh layanan Jasa Telekomunikasi Selular yang diberikan oleh Telkomsel kepada Pelanggan.
  4. Pelanggan dapat melakukan pengakhiran penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular setiap saat dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Telkomsel.
  5. Pengakhiran penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular berdasarkan ketentuan ayat (2) dan ayat (3) di atas tidak menghapuskan kewajiban Pelanggan hingga pengakhiran tersebut berlaku efektif. Telkomsel memiliki hak untuk mengajukan tuntutan perdata dan/atau pidana kepada Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada tuntutan untuk mendapatkan seluruh biaya yang terhutang dan penggantian atas kerugian yang diderita oleh Telkomsel.
  6. Telkomsel dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan keberiakuan Pasal 1266 KUH Perdata, sehingga terhadap pengakhiran penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular sebagaimana tercantum dalam formulir serta Syarat dan Ketentuan ini tidak memerlukan putusan hakim.

Pasal 9: Force Majeure

  1. Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan Jasa Telekomunikasi Selular oleh Telkomsel tidak termasuk sebagai pelanggaran apabila hal tersebut disebabkan oleh adanya force majeure (keadaan memaksa).
  2. Yang termasuk sebagai force majeure adalah kejadian-kejadian yang dengan segala daya dan upaya tidak dapat diduga dan tidak dapat diatasi oleh Telkomsel, yakni peristiwa-peristiwa termasuk namun tidak terbatas pada: bencana alam termasuk namun tidak terbatas pada banjir, tanah longsor, gunung meletus, angin topan dan gempa bumi, pemberontakan, huru-hara, kerusuhan, perang, kebakaran, sabotase, embargo, pemogokan umum, serta Kebijakan Pemerintah atau instansi yang berwenang yang menghalangi secara langsung untuk terlaksananya formulir serta Syarat dan Ketentuan
  3. Telkomsel akan melakukan pemberitahuan kepada Pelanggan sehubungan dengan force majeure tersebut selambat-lambatnya dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak dimulainya kejadian tersebut.
  4. Semua kerugian dan biaya yang diderita oleh Pelanggan sebagai akibat force majeure tidak menjadi tanggungjawab Telkomsel.
  5. Jika peristiwa Force Majeure berkepanjangan hingga 60 (enam puluh) hari kalender atau lebih, maka Telkomsel dengan pemberitahuan tertulis kepada Pelanggan dapat mengakhiri penyediaan Jasa Telekomunikasi Selular sebagai diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tanpa kewajiban-kewajiban lebih lanjut terhadap Pelanggan. Adapun pengakhiran yang dimaksud mengacu pada ketentuan Pasal 7 Syarat dan Ketentuan ini.

Pasal 10: Pembatasan Tanggung Jawab

  1. Sepanjang telah melaksanakan kewajiban-kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan secara wajar, Telkomsel tidak bertanggungjawab terhadap Pelanggan atas tuntutan, biaya-biaya kerusakan, kerugian atau tanggung jawab atas kerusakan atau kerugian atau hilangnya harta benda karena atau sehubungan dengan Jasa Telekomunikasi Selular yang diberikan Telkomsel berdasarkan Syarat dan Ketentuan
  2. Telkomsel tidak bertanggungjawab terhadap kegagalan penggunaan Jasa Telekomunikasi Selular yang timbul dari atau sehubungan dengan kegagalan atau kerusakan yang terjadi pada jaringan telekomunikasi milik Telkomsel atau yang dioperasikan oleh pihak lain, termasuk ketika Pelanggan melakukan panggilan ke operator lain, sambungan langsung internasional dan/atau dalam posisi roaming internasional.
  3. Telkomsel tidak bertanggung jawab terhadap kerugian tidak langsung yang diderita oleh Pelanggan, termasuk tetapi tidak terbatas pada hilangnya keuntungan yang diharapkan, kehilangan data dan kerugian tidak langsung lainnya yang timbul sehubungan dengan kegagalan Pelanggan dalam menggunakan Jasa Telekomunikasi Selular yang disediakan oleh Telkomsel menurut Syarat dan Ketentuan
  4. Telkomsel tidak bertanggung jawab terhadap materi atau isi suatu pesan yang bertentangan dengan moral masyarakat yang dikirimkan oleh siapa pun untuk tujuan apa
  5. Tanggung jawab Telkomsel pada tiap-tiap bulan pemakaian Jasa Telekomunikasi Selular adalah terbatas pada sejumlah uang yang telah dibayarkan oleh Pelanggan kepada Telkomsel terhadap pemakaian Jasa Telekomunikasi Selular pada bulan tersebut.
  6. Pelanggan sepenuhnya memahami dan menyetujui bahwa pelaksanaan pendebetan kartu kredit Pelanggan dalam rangka pernbayaran penggunaan Jasa Telekomunikasi Selular dilaksanakan oleh bank penerbit, dalarn hal ini Telkomsel hanya bertindak selaku pihak yang menyampaikan formulir serta Syarat dan Ketentuan yang telah dibuat dan ditandatangani oleh Pelanggan kepada bank penerbit (sebagaimana terlampir). Segala kelalaian dan/atau kekeliruan dan/atau keterlambatan (selanjutnya disebut "Kesalahan") dalam membuat formulir dan/atau melaksanaan pendebetan rekening atau kartu kredit menjadi tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya. Pelanggan dengan ini melepaskan Telkomsel dari segala tuntutan, gugatan, klaim dan bentuk pertanggungjawaban lainnya sehubungan dengan Kesalahan tersebut.
  7. Telkomsel tidak bertanggung jawab atas aktivitas penggunaan kartuHalo oleh pelanggan terhadap pihak ketiga mana pun, sehingga Telkomsel dilepaskan dari tanggung jawab atas tuntutan/kerugian apa pun dari pihak ketiga.

Pasal 11: Forum Penyelesaian Sengketa

  1. Syarat dan Ketentuan ini harus diatur, diartikan dan tunduk kepada hukum negara Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perselisihan dan/atau perbedaan yang timbul sehubungan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini, maka Telkomsel dan Pelanggan sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dan/atau perbedaan tersebut terlebih dahulu secara musyawarah untuk mufakat.
  2. Jika perselisihan, kontroversi atau perbedaan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat, maka Telkomsel dan Pelanggan sepakat untuk menyelesaikan perselisihan, kontroversi atau perbedaan tersebut melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pasal 12: Ketentuan Khusus

Pelanggan sepenuhnya memahami, menerima dan tunduk pada syarat dan ketentuan Jasa Telekomunikasi Selular Telkomsel serta syarat dan ketentuan layanan lainnya termasuk tetapi tidak terbatas pada kartuHalo, Halo Fit, paket Telkomsel Flash, paket Telkomsel Blackberry Intemet Services, paket Telkomsel iPhone maupun layanan telekomunikasi lainnya yang dapat dikembangkan oleh Telkomsel dari waktu ke waktu dan dapat dipilih satu atau gabungan dari layanan-layanan tersebut dan tersedia di http://www.telkomsel.com/klausulberlangganan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.