UMKM Bisa Manfaatkan Bantuan Langsung Tunai untuk Hal Ini!

Big Match yang selalu dinanti dalam pertandingan Liga Inggris 2022/2023

 

Kabar baik buat semua penggiat UMKM yang ada di Indonesia! Yup, pemerintah telah mengeluarkan pengumuman resmi bahwa kalian akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT dari pemerintah sebesar Rp1,2 juta. Rencananya sih, BLT ini akan cari di bulan Oktober 2022 ini, lho. Jika dimanfaatkan dengan baik, BLT dari pemerintah ini bisa membantu banget, buat UMKM kamu. Hmmm, jadi penasaran! Kira-kira BLT ini bisa dimanfaatkan untuk apa aja, ya? Yuk, simak rekomendasi pemanfaatan BLT UMKM berikut.

 

  1. Modal Tambahan
    Pemanfaatan BLT UMKM yang pertama tentu saja sebagai modal tambahan. Nah, dengan uang sebesar Rp1,2 juta ini kamu bisa gunakan sebagai modal untuk memperluas bisnis kamu ataupun menutupi biaya operasi yang mungkin selama ini masih kurang. Kalau kamu pandai dalam memutar uang yang ada, maka besar kemungkinan bisnis kamu akan berjalan dengan sukses kedepannya.

 

  1. Sisihkan untuk Tambah Ilmu
    Kalau kamu punya modal lebih, nggak ada salahnya lho, menyisihkannya sedikit buat menambah ilmu soal dunia bisnis UMKM. Sekarang, banyak banget kelas-kelas asyik yang bisa kamu ikuti untuk belajar berbagai macam cara dan strategi mengenai UMKM. Nantinya, ilmu ini bisa kamu terapkan deh, di UMKM milik kamu.

    Tapi, kalau dana kamu udah sangat pas-pasan, ada cara lain nih, buat menambah ilmu soal dunia bisnis UMKM. Yup, ada beberapa platform yang memberikan ilmu gratis soal dunia bisnis ini, misalnya kamu bisa belajar melalui halaman YouTube Kuncie atau melalui 99% Usahaku by Telkomsel. Jangan patah semangat untuk terus belajar dan mencoba, ya!

 

  1. Dana Darurat
    Kamu pasti nggak bisa memprediksi hal yang akan terjadi di masa depan kan? Maka dari itu, penting banget nih, punya dana darurat sebagai salah satu cara untuk melakukan antisipasi. Kalau modal kamu masih cukup untuk melakukan perputaran dalam berbisnis, maka BLT dari pemerintah ini bisa kamu simpan sebagai dana darurat saat dibutuhkan suatu saat nanti. 

 

Baca juga: Akselerasikan Digitalisasi UMKM, Telkomsel Ajak Para Startup dan Penyedia Solusi Jadi Mitra di 99% Usahaku


 

  1. Tingkatkan Promosi
    BLT bisa juga kamu gunakan untuk meningkatkan promosi, lho. Banyak cara yang bisa diambil untuk meningkatkan promosi, misalnya melalui foto produk yang bagus, membuat konten yang unik di media sosial, hingga mengatur perencanaan konsep promosi. Tentunya di masa sekarang, keefektifitasan promosi akan lebih terasa jika kamu lakukan di dunia maya, maka dari itu alokasi internet dengan jaringan terbaik namun tetap hemat wajib kamu perhitungkan. Untungnya, ada InternetMAX dari Telkomsel nih, yang siap menemani perjalanan bisnis UMKM kamu mulai dari 14ribu-an aja buat internetan sebulan. Cari tahu di sini buat info selengkapnya, ya!

 

Itu dia beberapa rekomendasi pemanfaatan BLT UMKM yang bisa kamu lakukan. Tapi, semuanya tentu kembali lagi ke kebutuhan UMKM kamu masing-masing, ya. Eits, tapi masih ada yang bingung gak sih sama syarat penerima BLT ini? kita cari tahu dulu sama-sama, deh!

 

Sebenarnya syarat menjadi penerima BLT ini terbilang cukup mudah, yang pertama adalah penerima hanya bisa Warga Negara Indonesia  atau WNI; kemudian pastikan kamu memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP; karena bantu BLT ini ditujukan untuk para pemilih UMKM, maka pastikan juga usaha mikro milikmu telah dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul beserta satu kesatuan dengan lampirannya; selanjutnya, perlu dipastikan juga nih, kalau kamu bukanlah Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD karena pihak-pihak ini tidak mendapatkan BLT UMKM ini; yang terakhir, pastikan kamu sedang tidak menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Nah, setelah kamu memenuhi persyaratannya bisa langsung deh, daftar sebagai penerima BLT. Cara daftar BLT juga terbilang mudah, lho. Kamu tinggal mengunduh ‘Aplikasi Cek Bansos’ resmi yang dibuat oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, buat akun baru, dan tinggal ikutin deh, langkah-langkah yang ada. Semangat terus ya, buat semua penggiat UMKM di Indonesia, ingat, usaha pasti tak akan pernah mengkhianati hasil!

Paket InternetMAX